Comscore Tracker

5 Top Scorer Eredivisie Belanda Terakhir Sebelum Sebastien Haller

Siapa yang terbaik menurutmu?

Eredivisie Belanda menjadi salah satu liga di Eropa yang menyelesaikan kompetisi terlebih dahulu. Tim asal ibu kota, Ajax Amsterdam keluar sebagai juara untuk ke-33 kalinya. Bersamaan dengan hal tersebut striker mereka, Sebastien Haller sukses menasbihkan diri sebagai top scorer Eredivisie musim 2021/2022.

Hal ini tentu sangat membanggakan bagi Haller. Namun, ia juga perlu waspada karena ada sebuah tradisi buruk yang menghampiri para top scorer sebelumnya. Para pendahulu Haller ini justru mengalami penurunan karier setelah jadi top scorer Eredivisie.

Sebagai bentuk perbandingan dengan top scorer sebelumnya, kami sajikan ulasan mengenai daftar lima top scorer Eredivisie sebelum Sebastien Haller dan nasibnya saat ini. 

1. Nicolai Jorgensen (2017)

5 Top Scorer Eredivisie Belanda Terakhir Sebelum Sebastien HallerNicolai Jorgensen (skysports.com)

Menjalani musim pertamanya sebagai pemain Feyenoord Rotterdam, Nicolai Jorgensen sukses merengkuh gelar top scorer Eredivisie musim 2016/2017. Striker asal Denmark ini bermain sangat apik sepanjang musim tersebut.

Jorgensen berhasil mencatatkan 21 gol dan 13 assists untuk Feyenoord. Torehan tersebut membuatnya unggul tipis dari Ricky van Wolfswinkel yang sukses mencetak 20 gol. Pada musim-musim berikutnya, Jorgensen tak setajam musim 201/2017.

Torehan golnya semakin menurun dari tahun ke tahun. Di usianya yang telah menginjak 31 tahun, Jorgensen kini bermain bersama FC Copenhagen di Liga Denmark.

2. Alireza Jahanbakhsh (2018) 

5 Top Scorer Eredivisie Belanda Terakhir Sebelum Sebastien HallerAlireza Jahanbakhsh (skysports.com)

Gelar top scorer Eredivisie 2017/2018 menjadi milik pemain dari benua Asia. Dia adalah Alireza Jahanbakhsh, winger asal Iran yang sukses mencatatkan 21 gol dan 12 assists dari 33 pertandingan untuk AZ Alkmaar.

Permainan hebatnya membuat Alireza akhirnya dibeli oleh Brighton Hove Albion pada akhir musim. Sayangnya, performa Alireza di English Premier League sangat jauh menurun. Oleh karena itu, ia sering dicadangkan sebelum akhirnya dijual ke Feyenoord Rotterdam pada awal musim 2021/2022.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci yang Bawa Ajax Amsterdam Juara Eredivisie 2021/2022

3. Luuk De Jong (2019)

5 Top Scorer Eredivisie Belanda Terakhir Sebelum Sebastien HallerLuuk de Jong (skysports.com)

Sebelum bermain untuk Sevilla dan Barcelona, Luuk de Jong pernah menjadi top scorer Eredivisie pada musim 2018/2019. Kala itu ia yang berseragam PSV Eindhoven berhasil menorehkan 28 gol dan 8 assists dari 34 penampilan sebagai seorang ujung tombak.

Sebetulnya Luuk de Jong bukanlah satu-satunya pemain yang mencetak 28 gol pada musim tersebut. Terdapat nama lain yakni, Dusan Tadic dari Ajax Amsterdam.

Akan tetapi, 11 dari 28 gol yang dicetak Tadic berasal dari tendangan penalti. Oleh karena itu, Luuk de Jong diputuskan sebagai top scorer Eredivisie 2018/2019.

4. Steven Berghuis (2020)

5 Top Scorer Eredivisie Belanda Terakhir Sebelum Sebastien HallerStevan Berghuis (skysports.com)

Eredivisie musim 2019/2020 dihentikan tanpa juara dikarenakan pandemi COVID-19. Kendati demikian, penghargaan top scorer tetap diberikan kepada Steven Berghuis yang sukses mencetak 15 gol dan 7 assists dari 24 pertandingan bagi Feyenoord Rotterdam.

Selain Berghuis, terdapat Cyriel Dessers yang juga mencetak 15 gol. Namun dengan perhitungan menit per gol yang lebih rendah, Berghuis akhirnya keluar sebagai pemenang. Saat ini, Berghuis bermain untuk Ajax Amsterdam dan masih jadi pemain andalan De Godenzonen tersebut.

5.  Giorgos Giakoumakis (2021)

5 Top Scorer Eredivisie Belanda Terakhir Sebelum Sebastien HallerGiorgos Giakoumakis (skysports.com)

Tepat semusim sebelum Sebastien Haller menjadi top scorer Eredivisie, Giorgos Giakoumakis merupakan pemilik gelar tersebut. Striker asal Yunani tersebut tampil impresif dan sukses mencatatkan 26 gol dari 30 penampilan yang ia mainkan untuk VVV Venlo.

Dengan permainan hebatnya tersebut, Giakoumakis akhirnya dibeli oleh Glasgow Celtic pada akhir musim 2020/2021. Saat ini Giakoumakis masih tampil gemilang. Ia bahkan menjadi top score Liga Skotlandia pada musim ini.

 

Dilihat dari performa dan rekam jejak top scorer Eredivisie Belanda sebelum Haller, pria asal Pantai Gading ini perlu waspada untuk tetap menjaga performanya. Semoga saja Haller bisa terus tampil konsisten dan menyumbang banyak gol bagi Ajax Amsterdam untuk ke depannya.

Baca Juga: 10 Fakta Sebastien Haller, Pencetak Quattrick di Laga Debut UCL

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya