Comscore Tracker

6 Pemain Timnas Indonesia yang Saat Ini Memperkuat Klub Luar Negeri

Ada Egy Maulana Vikri

Tim Nasional Indonesia memenangi dua laga uji coba melawan Curacao saat jeda internasional pada 24 dan 27 September 2022. Skuad Indonesia diwarnai beberapa pemain yang membela klub luar negeri.

Kehadiran pemain yang merasakan atmosfer kompetisi di luar Indonesia itu tentu menambah kekuatan tim asuhan Shin Tae Yong. Pemain yang mengisi Timnas Indonesia pada ajang uji coba ini sendiri berasal dari klub Eropa maupun Asia.

Inilah pemain Timnas Indonesia yang saat ini memperkuat klub luar negeri itu.

1. Egy Maulana Vikri

6 Pemain Timnas Indonesia yang Saat Ini Memperkuat Klub Luar NegeriEgy Maulana Vikri saat memperkuat Timnas Indonesia. (instagram.com/egymaulanavikri)

Egy Maulana Vikri merupakan jebolan Timnas Indonesia U-19. Karena kepiawaiannya dalam menggocek si kulit bundar, ia selalu menjadi pilihan utama di timnas.

Pemain yang berkaki kidal ini juga memiliki banyak posisi. Ia bisa menjadi gelandang serang, pemain sayap, hingga penyerang.

Saat ini, Egy memperkuat klub Liga Slovakia, FC Zlate Moravce. Ia didatangkan dari klub kasta teratas Liga Serbia, FK Senica. Namun, hingga saat ini, Egy belum menemukan performa terbaiknya, sehingga tidak menjadi pilihan utama klubnya.

2. Witan Sulaeman

6 Pemain Timnas Indonesia yang Saat Ini Memperkuat Klub Luar NegeriAksi Witan Sulaeman saat membela Timnas Indonesia di lapangan. (instagram.com/witansulaiman_)

Pemain selanjutnya yaitu Witan Sulaeman. Sama seperti Egy, ia saat ini memperkuat klub Liga Slovakia, AS Trencin.

Sebagai pemain sayap, Witan dikenal dengan kelincahan dan visi bermainnya yang bagus. Dalam 7 laga yang dimainkan bersama klubnya, ia sudah melesatkan 2 gol.

Witan saat ini menjadi salah satu pemain andalan Shin Tae Yong. Walaupun usianya masih 20 tahun, ia sudah punya banyak pengalaman. Pemain bertinggi 170 cm tersebut pernah membela empat klub di Eropa.

3. Pratama Arhan

6 Pemain Timnas Indonesia yang Saat Ini Memperkuat Klub Luar NegeriPratama Arhan saat memperkuat Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF 2020. (instagram.com/pratamaarhan8)

Pratama Arhan merupakan pemain yang berasal dari klub J2 League, Tokyo Verdy. Ia datang ke Jepang dari PSIS Semarang.

Pemain berusia 20 tahun ini berposisi sebagai bek kiri. Namun, ia juga bisa bermain sebagai wing back kiri maupun sayap kiri tergantung formasi yang diterapkan.

Tak hanya piawai dalam menyerang maupun bertahan, Arhan memiliki kemampuan lemparan ke dalam yang jauh. Tak ayal itu membuat ia menjadi pilihan tak tergantikan di Timnas Indonesia.

Sayangnya, hal itu berbanding terbalik di klub. Saat ini, Arhan masih berjuang untuk mendapatkan menit bermain.

Baca Juga: Timnas U-17 Persembahkan Kemenangan untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

4. Asnawi Mangkualam

6 Pemain Timnas Indonesia yang Saat Ini Memperkuat Klub Luar NegeriAksi Asnawi Mangkualam saat menggocek bola di lapangan. (instagram.com/asnawi_bhr)

Asnawi Mangkualam saat ini merupakan pemain yang dimiliki oleh klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Ansan Greeners. Pemain yang memiliki posisi utama sebagai bek kanan ini menjadi pemain utama, baik di klub maupun Timnas Indonesia. 

Asnawi merupakan jebolan dari akademi PSM. Ia didatangkan ke Korea dari PSM Makassar pada 2020 silam.

Saat ini, ia sudah melesatkan 2gol dan 2 assist bagi Ansan Greeners. Daya juang dan kecepatannya menjadi atribut utama seorang Asnawi.

5. Saddil Ramdani

6 Pemain Timnas Indonesia yang Saat Ini Memperkuat Klub Luar NegeriSaddil Ramdani saat beraksi membela Timnas Indonesia melawan Curacao. (instagram.com/saddilramdanii)

Saddil Ramdani saat ini memperkuat klub asal Malaysia, FC Sabah. Ia didatangkan dari Bhayangkara FC pada 2020 silam.

Walaupun pindah ke negeri jiran, ia tetap menjadi pilihan utama. Siapa pun pelatihnya.

Pemain asal Sulawesi ini berposisi sebagai seorang winger dan gelandang serang. Sebagai pemain yang memiliki atribut menyerang, Saddil dikenal lincah dan berkemampuan di atas rata-rata.

6. Elkan Baggot

6 Pemain Timnas Indonesia yang Saat Ini Memperkuat Klub Luar NegeriElkan Baggot saat menjalani latihan bersama Timnas Indonesia. (instagram.com/elkanbaggott)

Pemain terakhir Timnas Indonesia yang memperkuat klub luar negeri yaitu Elkan Baggott. Saat ini, ia memperkuat klub asal Inggris, Gillingham City.

Pemain yang memiliki postur 194 cm ini berposisi sebagai seorang bek tengah. Elkan sudah memperkuat Timnas Indonesia sejak kelompok U-19.

Saat ini, ia menjadi pilihan tak tergantikan di skuad Shin Tae Yong. Ia mampu memperkokoh lini pertahanan Timnas Indonesia. Posturnya yang tinggi membuat ia diandalkan dalam duel bola atas.

Pemain-pemain yang memperkuat klub luar negeri itu tentunya diharapkan dapat membagikan pengalamannya kepada pemain timnas lainnya. Kehadiran mereka juga akan mewarnai pilihan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Pesan Kapten Timnas U-17 kepada Fans Usai Tragedi Kanjuruhan

Khanif Irsyad Fahmi Photo Verified Writer Khanif Irsyad Fahmi

Mahasiswa yang Suka Ngomongin Pertanian, Sepakbola, dan Kepemimpinan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya