Comscore Tracker

5 Catatan Jelang Pekan Terakhir Fase Grup UCL, Laga Penentuan!

Sejumlah tim masih berebut jatah lolos ke babak 16 besar

Pekan penutup fase grup UEFA Champions League (UCL) akan berlangsung tengah pekan ini pada 8—9 Desember 2021. Sejumlah tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar. Namun, masih terdapat beberapa tempat yang harus dilengkapi.

Beberapa laga besar akan terjadi. Bayern Munchen mesti melawan Barcelona di Grup E. Pertandingan antara Liverpool dan AC Milan serta Porto melawan Atletico Madrid menghiasi Grup B. Laga sengit juga akan terjadi pada Grup G. Mereka belum meloloskan satu tim sama sekali ke babak 16 besar.

1. Tersisa lima tempat terakhir

5 Catatan Jelang Pekan Terakhir Fase Grup UCL, Laga Penentuan!tim yang sudah lolos babak 16 besar UCL (uefa.com)

Sebanyak 11 tim sudah memastikan lolos dari fase grup. Hasil apa pun yang mereka dapatkan pada laga pamungkas grup tidak akan memengaruhi kelolosan mereka. Namun, pekan ini akan menyajikan keseruan lainnya.

Beberapa tim masih memiliki peluang lolos dari fase grup dan melaju ke babak 16 besar. Hanya ada lima tempat tersisa yang akan diperebutkan pada pertandingan tengah pekan ini. Nama besar seperti Barcelona harus bersusah payah mengalahkan Bayern Munchen untuk dapat lolos.

2. Tiga tim berpotensi mencatatkan rekor

5 Catatan Jelang Pekan Terakhir Fase Grup UCL, Laga Penentuan!AC Milan dan Liverpool berduel di Grup B UCL 2021/2022. (thisisanfield.com)

Liverpool, Bayern Munchen, dan Ajax berpotensi mencatatkan rekor pada pekan penutup fase grup UCL. Jika mereka mampu menang, ketiganya akan masuk ke dalam jajaran tim yang sapu bersih semua laga fase grup dengan kemenangan.

Sebelumnya, sudah ada enam tim yang mencatatkan rekor ini. Terdapat AC Milan, Paris Saint-Germain, Spartak Moskva, Barcelona, Bayern Munchen, dan Real Madrid. Bagi Liverpool, jika mereka mampu menang, mereka akan menjadi tim Inggris pertama yang mencatatkan rekor tersebut.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions: Laga Krusial AC Milan dan Barcelona

3. Persaingan ketat terjadi di Grup G

5 Catatan Jelang Pekan Terakhir Fase Grup UCL, Laga Penentuan!Pemain Lille berduel dengan pemain RB Salzburg di UCL. (losc.fr)

Grup G adalah satu-satunya grup yang belum memastikan satu tim pun lolos ke babak 16 besar. Grup ini dihuni juara Ligue 1 musim lalu, Lille. Terdapat juga Sevilla, RB Salzburg, dan Wolfsburg.

Laga tengah pekan ini akan menyajikan duel Lille dan Wolfsburg serta RB Salzburg melawan Sevilla. Semua tim masih memiliki peluang lolos ke babak selanjutnya. Menarik untuk dilihat siapa yang akan lolos.

4. Jalan terjal Barcelona dan Atletico Madrid

5 Catatan Jelang Pekan Terakhir Fase Grup UCL, Laga Penentuan!selebrasi pemain Bayern Munchen (fcbayern.com)

Barcelona harus bisa menang melawan Bayern Munchen jika ingin melaju ke babak selanjutnya. Seandainya mereka kalah, satu-satunya kesempatan hanyalah berharap Benfica kalah atau seri atas Dynamo Kyiv. Hal ini tentu akan sulit karena Benfica juga harus menang agar dapat lolos ke 16 besar.

Sementara, klub Spanyol lain, Atletico Madrid, harus menjalani laga penentuan melawan Porto. Mereka harus menang dari Porto dengan berharap Liverpool akan mengalahkan AC Milan. Keduanya tentu akan sulit mengingat AC Milan dan Porto juga memiliki peluang sama untuk mendampingi Liverpool sebagai runner-up grup. Mereka akan memastikan diri untuk tampil maksimal.

5. Perebutan gelar top skor makin sengit

5 Catatan Jelang Pekan Terakhir Fase Grup UCL, Laga Penentuan!Sebastien Haller (ajax.nl)

Robert Lewandowski dan Sebastien Haller menjadi dua nama teratas dalam daftar pencetak gol sejauh ini. Keduanya telah mencetak sembilan gol selama fase grup. Laga terakhir fase grup menjadi kesempatan mereka untuk menambah pundi-pundi gol yang dimiliki.

Ajax akan menjamu Sporting di Johan Cruyff Arena. Kedua tim akan bermain tanpa beban karena sudah dipastikan lolos. Namun, laga ini tetap akan menyajikan keseruan untuk perebutan gelar pencetak gol terbanyak. Terlebih bagi Sebastien Haller dan Pedro Goncalves yang sedang dalam performa apik. Keduanya akan tampil maksimal untuk meraih kemenangan.

Sementara, Bayern Munchen harus menghadapi tamunya, Barcelona, di Allianz Arena. Barcelona yang membawa misi harus menang untuk mengamankan satu tempat ke babak selanjutnya akan diadang Die Roten. Skuad asuhan Xavi Hernandez itu harus tampil maksimal meskipun tanpa Ansu Fati untuk meraih kemenangan. Namun, laga ini tidak akan mudah karena Bayern juga mengincar kemenangan untuk mencatatkan rekor sempurna di fase grup dengan kemenangan.

Pekan penutup fase grup UCL akan menyajikan banyak keseruan. Semua tim akan tampil maksimal untuk memberikan hasil yang terbaik. Menarik untuk diikuti, siapakah yang akan melengkapi tempat dan melaju ke babak 16 besar?

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Belanda dengan Gol Terbanyak di Liga Champions

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya