Comscore Tracker

5 Striker Serie A di Atas 30 Tahun, Tetap Tajam di Usia Tua

Usia bukan halangan untuk terus mencetak gol

Salah satu faktor penting dalam menjadi pesepak bola adalah faktor fisik dan usia. Banyak pemain sepak bola yang berada pada usia keemasan yang dialami pada pertengahan 20-an hingga menjelang 30 tahun. Di usia ini, pesepak bola umumnya sedang berada di puncak performa mereka. 

Usia di atas 30 tahun biasanya adalah usia di mana pesepak bola sudah mulai menurun kualitas bermainnya karena faktor kebugaran. Namun, hal ini tidak berlaku bagi lima penyerang ini. Di Serie A, mereka masih diandalkan klubnya masing-masing untuk menjadi ujung tombak klub.

Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Zlatan Ibrahimovic

5 Striker Serie A di Atas 30 Tahun, Tetap Tajam di Usia Tuapotret Zlatan Ibrahimovic (instagram.com/iamzlatanibrahimovic)

Pemain asal Swedia berusia 40 tahun ini telah mencicipi berbagai pengalaman di sederet klub papan atas dunia. Mulai dari Ajax, Juventus, Barcelona, Manchester United, hingga Paris Saint-Germain pernah menggunakan jasanya. 

Catatan golnya sudah tidak diragukan lagi. Ia adalah salah satu penyerang andal dengan torehan lebih dari 500 gol sepanjang kariernya. Di usianya yang sekarang, ia masih mampu menjadi tumpuan AC Milan. Sejak didatangkan pada 2019 lalu, Ibrahimovic telah mencetak 30 gol dan 9 assist dari 51 penampilan di seluruh kompetisi.

2. Ciro Immobile

5 Striker Serie A di Atas 30 Tahun, Tetap Tajam di Usia Tuapotret Ciro Immobile (instagram.com/ciroimmobile17)

Ciro Immobile telah menjadi tumpuan Lazio sejak tahun 2016 untuk urusan mencetak gol. Tercatat, ia telah memenangkan penghargaan top skor Serie A musim 2019/2020 dengan torehan 36 gol dari 37 pertandingan.

Penyerang berusia 31 tahun tersebut juga menjadi tumpuan timnas Italia saat menjuarai Euro 2020. Secara keseluruhan, ia telah mencetak 157 gol dan 42 assist bersama Lazio di seluruh kompetisi. Musim ini saja, ia telah mencetak 7 gol di Serie A. 

3. Fabio Quagliarella

5 Striker Serie A di Atas 30 Tahun, Tetap Tajam di Usia Tuapotret Fabio Quagliarella (instagram.com/fabioquagliarella27_official)

Fabio Quagliarella menjadi salah satu penyerang aktif terbaik di Serie A musim ini. Penyerang asli Italia ini bergabung dengan Sampdoria tahun 2016 sekaligus telah menorehkan 87 gol dan 25 assist. Ini merupakan catatan yang baik bagi penyerang yang sudah berusia di atas 30 tahun.

Sepanjang berkarier di Serie A, pemain berusia 38 tahun ini telah mencetak 199 gol. Catatan terbaiknya dalam semusim adalah pada musim 2018/2019 ketika ia mencetak 26 gol dan 8 assist dari total 36 pertandingan yang dilakoninya bersama Sampdoria.

Baca Juga: 8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari Asia

4. Dries Mertens

5 Striker Serie A di Atas 30 Tahun, Tetap Tajam di Usia Tuapotret Dries Mertens (sscnapoli.it)

Dries Mertens bergabung bersama Napoli dari PSV Eindhoven tahun 2013. Pemain asal Belgia tersebut telah mencetak 135 gol dan 76 assist selama berseragam I Partenopei.

Jumlah gol terbaiknya dicatatkan pada musim 2016/2017 dengan total 28 gol dari 38 pertandingan di Serie A. Meskipun perannya di lini depan Napoli musim ini mulai digeser oleh Victor Oshimen, pengalaman Mertens tentunya masih dibutuhkan untuk membongkar pertahanan lawan.

5. Edin Dzeko

5 Striker Serie A di Atas 30 Tahun, Tetap Tajam di Usia Tuapotret Edin Dzeko (inter.it)

Edin Dzeko baru saja bergabung ke Internazionale Milan dari AS Roma pada bursa transfer musim panas lalu. 

Selama berkarier bersama AS Roma, Dzeko telah mencetak 130 gol dan 48 assist selama 5 musim berseragam I Giallorossi. Sejauh ini, ia telah mencetak 7 gol dan 1 assist dari 8 penampilannya bersama I Nerrazzuri.

Meskipun kualits fisik sederet striker di atas mulai menurun, pengalaman, ketajaman, dan insting bomber mereka tentu sangat sangat diandalkan untuk menjebol gawang lawan. Mampukah mereka merengkuh gelar top skor Serie A di akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Pekan Ke-9 Serie A Italia, AC Milan Tempel Napoli

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya