Comscore Tracker

Usai Pecat Rafael Benitez, Berikut 5 Kandidat Pelatih Anyar Everton

Wayne Rooney dan Frank Lampard jadi kandidat kuat

Rafael Benitez resmi dipecat Everton usai kekalahannya pada pekan ke-22 English Premier League (EPL). Saat itu, mereka bertandang ke Carrow Road, markas Norwich City, Sabtu (15/1/2022).

Pemecatan ini dilakukan menyusul buruknya performa The Toffeess sepanjang 2021/2022 ini. Everton sendiri berada di papan bawah klasemen, tepatnya di peringkat 16 dengan perolehan 19 poin. Mereka terpaut enam poin dari zona degradasi. Setelah pemecatannya, muncul beberapa kandidat penggantinya.

1. Wayne Rooney

Usai Pecat Rafael Benitez, Berikut 5 Kandidat Pelatih Anyar EvertonWayne Rooney (dcfc.co.uk)

Wayne Rooney dikaitkan dengan Everton sebagai salah satu pengganti. Saat ini, ia tengah menangani tim Championship, Derby County, hingga Juni 2023. Namun, kepindahannya mudah saja diwujudkan.

Hal ini dikarenakan Rooney punya ikatan yang baik dengan klub. Ia adalah salah satu pemain yang mengawali karier sepak bolanya di Everton. Sebelum pensiun, ia juga sempat bermain bersama Everton selama semusim. Ia bisa jadi pelatih yang tepat, terlebih performanya bersama Derby County cukup memuaskan.

2. Frank Lampard

Usai Pecat Rafael Benitez, Berikut 5 Kandidat Pelatih Anyar EvertonFrank Lampard (skysports.com)

Mantan manajer Chelsea, Frank Lampard, masuk sebagai calon pelatih anyar Everton. Saat ini, ia sedang tidak melatih tim mana pun setelah kerja sama dengan Chelsea berakhir pada awal 2021 lalu.

Ketersediaannya menjadi salah satu pertimbangan bagi pihak klub. Sebab, beberapa kandidat lain masih melatih dan memiliki kontrak dengan timnya. Hal ini cukup menyulitkan. Frank Lampard bisa jadi salah satu opsi yang bagus berdasarkan pengalamannya yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Everton Mendepak Rafael Benitez dari Kursi Pelatih

3. Roberto Martinez

Usai Pecat Rafael Benitez, Berikut 5 Kandidat Pelatih Anyar EvertonRoberto Martinez (lequipe.fr)

Roberto Martinez menjadi kandidat untuk menggantikan Rafael Benitez. Saat ini, pihak klub sedang mencoba menjalin kesepakatan dengan asosiasi sepak bola Belgia. Ia masih melatih timnas Belgia hingga kontraknya berakhir pada 2022 ini.

Martinez merupakan pelatih Everton pada 2013—2016. Potensinya untuk kembali ke Goodison Park terbuka lebar. Namun, pihak klub harus berusaha keras mengingat tahun ini akan diselenggarakan Piala Dunia. Timnas Belgia yang saat ini menjadi peringkat satu dunia menjadi kandidat kuat juara Piala Dunia.

4. Jose Mourinho

Usai Pecat Rafael Benitez, Berikut 5 Kandidat Pelatih Anyar EvertonJose Mourinho (skysports.com)

Jose Mourinho jadi salah satu pertimbangan andai kandidat utama tidak menemukan kesepakatan. Ia saat ini tengah melatih AS Roma di Serie A. Ia sendiri baru menangani Giallorossi pada awal 2021/2022.

Mourinho sendiri mengaku tengah bahagia di Roma. Meskipun ia mendapatkan tekanan dari berbagai pihak, ia tetap bertekad untuk membawa AS Roma masuk ke zona Liga Champions musim depan.

5. Nuno Espirito Santo

Usai Pecat Rafael Benitez, Berikut 5 Kandidat Pelatih Anyar EvertonNuno Espirito Santo (skysports.com)

Nuno Espirito Santo tengah menganggur saat ini. Usai dipecat Tottenham Hotspur pada November 2021, ia belum melatih klub lain. Keadaan ini bisa dimanfaatkan Everton untuk merekrut pelatih asal Portugal tersebut.

Performa apiknya di Wolverhampton Wanderers selama beberapa musim bisa jadi pertimbangan pihak klub. Meskipun gagal di Spurs, peluangnya untuk bergabung dengan Everton di Goodison Park terbuka lebar. Kemampuannya ketika menangani tim yang sedang terpuruk juga sudah dibuktikan saat masih menangani Wolves.

Saat ini, Everton diambil alih sementara oleh asisten pelatih Duncan Ferguson. Siapa pun yang akan direkrut Everton memiliki tanggung jawab dan tekanan yang besar. Siapa yang akan datang melatih ke Goodison Park?

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih Everton

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya