5 Klub Bundesliga Penyumbang Pemain Terbanyak di Euro 2024

RB Leipzig terbanyak! #EURO2024

Intinya Sih...

  • RB Leipzig menjadi klub Bundesliga terbanyak yang mengirim pemainnya ke Euro 2024
  • Bayern Munich juga melepas banyak pemainnya, ada sepuluh pemain yang bakal mentas di Euro 2024
  • Borussia Dortmund mengirim delapan pemainnya ke Euro 2024, meski musim 2023/2024 tidak cukup baik di Bundesliga

Sebanyak 24 negara peserta akan bertarung di Euro 2024. Turnamen prestise Benua Biru ini digelar pada 15 Juni–15 Juli 2024. Sebagai hajatan terbesar sepak bola Eropa, ada banyak pemain bintang yang berlaga di turnamen yang dihelat di Jerman ini. 

Jerman sebagai tuan rumah juga tak mau ketinggalan mengirim pemainnya. Bundesliga Jerman yang merupakan salah satu liga top di Eropa melepas banyak pemain untuk membela negaranya masing-masing. Terdapat lima klub Bundesliga yang menjadi penyumbang pemain terbanyak di Euro 2024.

1. RB Leipzig paling banyak dengan sebelas pemain

5 Klub Bundesliga Penyumbang Pemain Terbanyak di Euro 2024Xavi Simons (uefa.com)

RB Leipzig menjadi klub Bundesliga terbanyak yang mengirim pemainnya berlaga di Euro 2024. Tercatat, ada sebelas pemain yang bakal berpartisipasi bersama negaranya masing-masing. Benjamin Henrichs dan David Raum akan mentas bersama Jerman. Peter Gulacsi dan Willy Orban akan menjadi andalan Hungaria.

Christoph Baumgartner dan Nicolas Seiwald memperkuat Austria. Selain itu, ada juga Dani Olmo yang dipanggil Spanyol, Benjamin Sesko yang dipanggil Slovenia, Youssuf Poulsen yang dipanggil Denmark, dan Xavi Simons yang dipanggil Belanda. Sementara, Lois Openda akan membantu Belgia.

2. Bayern Munich mengirimkan sepuluh pemain

5 Klub Bundesliga Penyumbang Pemain Terbanyak di Euro 2024Harry Kane (instagram.com/harrykane)

Sebagai salah satu klub besar Eropa, Bayern Munich juga melepas banyak pemainnya. Ada sepuluh pemain yang bakal mentas di Euro 2024. Lima pemain ada di skuad Jerman, di antaranya Manuel Neuer, Leroy Sane, Jamal Musiala, Joshua Kimmich, dan Thomas Mueller. 

Harry Kane bakal mengemban tugas sebagai kapten Inggris. Matthijs de Ligt diandalkan di lini pertahanan Belanda. Dayot Upamecano dan Kingsley Coman masuk skuad Prancis. Sementara itu, Konrad Laimer akan memperkuat Austria.

Baca Juga: 5 Pemain Jerman Paling Sering Terjebak Offside di Euro

3. Bayer Leverkusen juga mengirim sepuluh pemain

5 Klub Bundesliga Penyumbang Pemain Terbanyak di Euro 2024Jonathan Tah, Florian Wirtz, dan Robert Andrich (bayer04.de)

Status sebagai juara Bundesliga 2023/2024 membuat banyak pemain Bayer Leverkusen dipanggil negaranya untuk Euro 2024. Tercatat, ada sepuluh pemain yang berpartisipasi. Di skuad Jerman, ada pemain sekelas Florian Wirtz, Jonathan Tah, dan Robert Andrich. 

Granit Xhaka bakal membela Swiss dan Alejandro Grimaldo bermain bersama Spanyol. Selain itu, ada Josip Stanisic yang dipanggil Kroasia dan Jeremie Frimpong yang dipanggil Belanda. Adapun, tiga pemain memperkuat Republik Ceko, yaitu Patrick Schick, Matej Kovar, dan Adam Hlozek.

4. Borussia Dortmund melepas delapan pemain

5 Klub Bundesliga Penyumbang Pemain Terbanyak di Euro 2024Marcel Sabitzer (instagram.com/marcel7sabitzer)

Borussia Dortmund mengirim delapan pemainnya ke Euro 2024. Meski menjalani musim 2023/2024 tidak cukup baik di Bundesliga, mereka mampu melaju ke final Liga Champions. Ini membuat banyak pemainnya dipanggil. Ada tiga pemain yang berada di skuad Jerman, yaitu Emre Can, Niclas Fuelkrugg, dan Nico Schlotterbeck.

Ian Maatsen dan Donyell Malen sama-sama dipanggil ke Belanda. Selain itu, ada Marcel Sabitzer yang menjadi tumpuan permainan Austria. Sementara, Gregor Kobel akan memperkuat Swiss. Adapun Salih Oezcan bakal mengawal lini tengah Turki.

5. VfL Wolfsburg juga mengirimkan delapan pemain

5 Klub Bundesliga Penyumbang Pemain Terbanyak di Euro 2024Koen Casteels (insstagram.com/koencasteels1)

Wolfsburg secara mengejutkan banyak mengirim pemainnya ke Euro 2024. Maklum saja, di Bundesliga 2023/2024, mereka terseok-seok dan hanya finis di urutan ke-12. Namun, para pemain mereka tetap dipanggil sebab kualitas individu yang dimiliki akan berguna bagi negara.

Joakim Maehle dan Jonas Wind dipanggil Denmark. Sementara, Koen Casteels dan Asten Vranckx akan memperkuat Belgia. Selain itu, ada Lovro Majer yang bermain bersama Kroasia, Cedric Zesiger yang membela Swiss, Patrick Wimmer yang tampil bersama Austria, dan Vaclav Cerny yang membantu Republik Ceko.

Para pemain Bundesliga ini akan membantu negaranya bersaing di Euro 2024. Kualitas dan kemampuan yang dimiliki membuat mereka dipanggil. Akankah salah satu dari mereka mampu keluar sebagai juara? Menarik untuk dinantikan!

Baca Juga: 4 Pelatih Jerman yang Pernah Menjadi Juara Euro

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya