6 Pelatih Paling Sering Memainkan Mats Hummels di Borussia Dortmund

Hummels pergi usai kontraknya habis

Intinya Sih...

  • Mats Hummels tidak memperpanjang kontraknya bersama Borussia Dortmund yang habis pada musim panas 2024
  • Hummels paling diandalkan oleh Juergen Klopp, membawa tim berprestasi dengan dua kali Bundesliga Jerman dan trofi DFB-Pokal
  • Hubungan kerja sama Mats Hummels dengan enam pelatih Borussia Dortmund selama 13 tahun membuatnya keluar sebagai legenda Die Borussen

Kabar mengejutkan datang dari salah satu bek kenamaan Jerman, Mats Hummels. Ia memutuskan tidak memperpanjang kontraknya bersama Borussia Dortmund yang habis pada musim panas 2024. Ia akan meninggalkan Signal Iduna Park dengan status bebas transfer. 

Hummels telah membela Borussia Dortmund selama 13 tahun dalam 2 periode berbeda. Selama masa abdinya tersebut, bek berusia 35 tahun ini pernah dilatih sejumlah nama. Tercatat, ada enam pelatih yang pernah bekerja sama dengannya. Lalu, siapa saja yang paling mengandalkannya ketika bermain? Simak di bawah ini!

1. Juergen Klopp paling mengandalkan Mats Hummels dengan catatan 243 laga

6 Pelatih Paling Sering Memainkan Mats Hummels di Borussia DortmundJuergen Klopp (uefa.com)

Juergen Klopp merupakan pelatih yang paling mengandalkan Mats Hummels. Keduanya bekerja sama pada medio 2008–2015. Selama 6 tahun bersama, ia bermain dalam 243 laga di berbagai ajang. Ia tampil cukup produktif dengan gelontoran 22 gol dan 12 assist.

Hummels berperan besar membantu Borussia Dortmund kompetitif. Di bawah asuhan Klopp, ia mampu membawa tim berprestasinya dengan menjuarai dua kali Bundesliga Jerman. Titel juara itu juga dilengkapi dengan raihan 1 trofi DFB-Pokal dan 2 gelar juara DFL-Supercup. 

2. Edin Terzic menurunkan Mats Hummels sebanyak 108 laga

6 Pelatih Paling Sering Memainkan Mats Hummels di Borussia DortmundEdin Terzic (x.com/BVB)

Mats Hummels bekerja sama dengan Edin Terzic dalam dua periode berbeda. Periode pertama terjadi pada 2020–2021, sedangkan yang kedua pada 2022–2024. Selama masa 3 tahun tersebut, ia total dimainkan sebanyak 108 laga dengan catatan 8 gol dan 1 assist. 

Terzic merupakan pelatih terakhir yang menangani Hummels. Keduanya berhasil mempersembahkan satu trofi DFB-Pokal pada 2020/2021. Selain itu, pencapaian terbaik keduanya adalah mentas di final Liga Champions Eropa 2023/2024. Meski gagal juara, hal tersebut menjadi hal yang prestise bagi Borussia Dortmund. 

3. Lucien Favre mempercayai Mats Hummels bermain dalam 59 laga

6 Pelatih Paling Sering Memainkan Mats Hummels di Borussia DortmundLucien Favre (bundesliga.com)

Lucien Favre menangani Borussia Dortmund pada medio 2018–2020. Selama menjadi pelatih dalam waktu 2,5 tahun, Mats Hummels diandalkan dalam 59 pertandingan di seluruh kompetisi. Sang pemain berhasil membuat 4 gol dan menghasilkan 4 assist. 

Pelatih asal Swiss ini punya andil membawa kembali Hummels ke Borussia Dortmund. ia dibeli dari Bayern Munich pada musim panas 2019 lalu. Kerja sama keduanya hanya menghasilkan satu gelar juara, yakni DFL-Supercup pada 2019/2020.

Baca Juga: 3 Eks Borussia Dortmund yang Juara LaLiga Bersama Real Madrid

4. Thomas Tuchel memainkan Mats Hummels sebanyak 50 laga

6 Pelatih Paling Sering Memainkan Mats Hummels di Borussia DortmundThomas Tuchel (x.com/BVB)

Thomas Tuchel pernah menangani Borussia Dortmund pada 2015–2017. Namun, Mats Hummles hanya bekerja sama dengannya selama semusim pada 2015/2016. Dalam waktu setahun tersebut, ia memainkan 50 pertandingan dengan kontribusi 3 gol dan 4 assist. 

Sayangnya, Tuchel dan Hummels tidak bisa memberikan trofi juara bersama Borussia Dortmund. Pada musim panas 2016, Hummels memutuskan untuk hengkang. Ia bergabung dengan klub masa kecilnya, Bayern Munich. 

5. Marco Rose hanya semusim bersama Mats Hummels dengan total 32 laga

6 Pelatih Paling Sering Memainkan Mats Hummels di Borussia DortmundMarco Rose (bvb.de)

Marco Rose dan Mats Hummels hanya bekerja sama secara singkat. Keduanya saling percaya pada musim 2020–2021. Hummels memainkan 32 pertandingan dengan berhasil mengemas 1 gol dan menghasilkan 2 assist. 

Kerja sama Rose dan Hummels juga tidak menghasilkan gelar juara pada musim tersebut. Keduanya hanya mampu membawa Borussia Dortmund finis di urutan kedua Bundesliga. Musim yang nihil trofi ini juga berujung pada pemutusan kontrak dari Rose oleh manajemen.

6. Thomas Doll membantu masa awal karier Mats Hummels dengan memainkannya dalam 16 laga

6 Pelatih Paling Sering Memainkan Mats Hummels di Borussia DortmundThomas Doll (dfb.de)

Thomas Doll merupakan sosok yang mendatangkan Mats Hummels ke Borussia Dortmund. Eks pelatih Persija Jakarta itu merekrut sang pemain dari Bayern Munich saat awal kariernya. Hummels datang ke Signal Iduna Park dengan status pinjaman ketika berusia 20 tahun. 

Hummels berlabuh ke Borussia Dortmund pada Januari 2008. Sebagai bek muda saat itu, Doll memberi kepercayaan penuh kepadanya. Ia total memainkan 16 laga dalam masa singkat selama 6 bulan kerja sama bersama sang pelatih.

Para pelatih di atas merupakan sosok berpengaruh dalam karier Mats Hummels di Borussia Dortmund. Bek berusia 35 tahun ini memainkan 508 pertandingan dengan balutan seragam hitam-kuning. Dari jumlah penampilannya itu, ia berhasil membukukan 38 gol dan 23 assist. Pengabdiannya ini sekaligus membuatnya keluar sebagai legenda Die Borussen.

Baca Juga: 8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya