Comscore Tracker

4 Negara Ini Langganan Diundang di Copa Amerika, Ada yang Capai Final

Pada tahun 2019 ini Jepang dan Qatar ikut diundang

Copa Amerika merupakan ajang pertandingan sepak bola yang diikuti khusus negara Amerika Selatan seperti Uruguay, Paraguay, Brasil, Argentina, Chili, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela Kolombia, dan Ekuador. Semua negara tersebut seringkali disebut sebagai anggota CONMEBOL atau Federasi Sepak Bola Amerika Selatan.

Kompetisi ini sebenarnya sudah berlangsung lama yaitu sejak tahun 1916 dengan interval yang selalu berubah-ubah mulai dari satu tahun sekali hingga empat tahun sekali sebagaimana sekarang ini. Sejak tahun 1993 pihak penyelenggara Copa Amerika membuat kebijakan baru yaitu mengundang negara dari federasi lain. Lalu negara mana saja yang paling sering menjadi tim undangan? Berikut deretan negara yang kerap diundang ke Copa Amerika.

1. Meksiko

4 Negara Ini Langganan Diundang di Copa Amerika, Ada yang Capai Finalhttps://bleacherreport.com

Meksiko seolah menjadi tim undangan andalan dalam pertandingan Copa Amerika. Tercatat sejak tahun 1993 hingga kini, negara ini sudah 10 kali mengikuti pertandingan sepak bola antar negara Amerika Selatan.

Alsannya sederhana yaitu kondisi geografis, dimana Meksiko terletak cukup dekat dengan Amerika Selatan. Tentu saja hal itu membuat Meksiko lebih mudah menjangkau tempat diadakannya pertandingan tersebut.

Sebagai tim undangan, mereka terbilang sebagai tim yang patut disegani karena berdasarkan catatannya mereka pernah mencapai partai puncak dan final di urutan kedua sebanyak 2 kali yaitu pada tahun 1993 dan 2001, posisi ketiga sebanyak 3 kali yaitu tahun 1997, 1999, dan 2007, serta sisanya masuk quarter final dan babak grup.

Baca Juga: 8 Klub Sepak Bola dengan Gelar Juara Liga Champions Terbanyak  

2. Kostarika

4 Negara Ini Langganan Diundang di Copa Amerika, Ada yang Capai Finalhttps://pontianak.tribunnews.com/tribunfile

Kostarika juga menjadi salah satu tim yang sering diundang dalam ajang kejuaraan se-Amerika Selatan itu. Alasannya tidak jauh berbeda dengan tim Meksiko, dimana negara ini masih dalam satu benua dengan para anggota CONMEBOL.  

Tercatat sejak adanya model tim undangan tahun 1993, Kostarika pernah 5 kali memenuhi dan mengikuti undangan pertandingan Copa Amerika. Kostarika pertama kali mengikuti ajang piala Amerika Selatan ini pada tahun 1997 dan hanya sampai pada babak penyisihan grup dan hasil yang sama terjadi pada tahun 2011 dan 2016.

Pada tahun 2001 tim Kostarika menjadi tim undangan Copa Amerika dan berhasil finis pada babak perempat final, sebagaimana pada tahun 2004. Meskipun demikian, setidaknya keikutsertaan tersebut bisa menjadi pengalaman bagi timnas Kostarika, pembelajaran, serta menambah frekuensi jam terbang mereka.

3. Amerika Serikat

4 Negara Ini Langganan Diundang di Copa Amerika, Ada yang Capai Finalhttps://www.sportskeeda.com/football/copa-america-2016-us-national-team-world-cup-from-copa-crystal-ball

Amerika Serikat tidak kalah favoritnya menjadi tim undangan dalam ajang piala Amerika Selatan. Tentu saja hal itu karenanya adanya pertimbangan bahwa mereka merupakan negara tetangga. Tercatat sejak tahun 1993 Amerika Serikat pernah 4 kali menjadi tim tamu pada pertandingan piala Amerika Selatan tersebut.

Pada tahun 1993 merupakan pertama kalinya negeri Paman Sam ini diundang oleh pihak Copa Amerika dan hanya sampai pada babak penyisihan grup, dimana merupakan hasil yang sama pada tahun  2007. Selanjutnya pada tahun 1995, dimana finis sebagai juara ke-empat seperti halnya pada tahun 2016.

Menariknya, Amerika Serikat pernah menjadi tuan rumah pada tahun 2016 meskipun tidak termasuk anggota CONMEBOL. Tentu saja hal itu menjadi keuntungan tersendiri baginya, khususnya dari aspek peluang kemenangan lebih banyak karena didukung mendapat dukungan dari banyak fans serta efek laga kandang.

4. Jamaika

4 Negara Ini Langganan Diundang di Copa Amerika, Ada yang Capai Finalhttp://www.tribunnews.com

Jamaika merupakan tim yang tak kalah terkenal sebagai tim undangan dalam ajang Copa Amerika. Tercatat mereka pernah 2 kali memenuhi dan mengikuti pertandingan Piala Amerika Selatan tersebut sebagai tim tamu.

Hal itu terjadi pada akhir-akhir ini yaitu tahun 2015 dan 2016, dimana semuanya hanya sampai pada babak penyisihan. Tentu saja hal itu merupakan pengalaman dan kesempatan yang baik bagi Jamaika untuk meningkatkan skil dan sebagainya.

Pada tahun 2019 ini ada yang berbeda dengan tim undangan, dimana sebelum-sebelumnya selalu mengundang tim dari benua Amerika sendiri, kini sasarannya adalah Asia yaitu Jepang dan Qatar. Keduanya merupakan juara dan runner up ajang Piala Asia.

Baca Juga: 3 Klub Sepak Bola China yang Kaya Ini Bisa Jadi Pelabuhan Gareth Bale

Khusnul Khotimah Photo Community Writer Khusnul Khotimah

Pembelajar dan Pejalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You