Sama Kuat, Belanda Vs. Argentina Juga Menapaki Perpanjangan Waktu

Belanda menolak menyerah setelah tertinggal 2-0

Surabaya, IDNTimes - Argentina dan Belanda menapaki babak perpanjangan waktu di perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (11/12/2022) dini hari WIB. Hal itu terjadi setelah laga berakhir dengan skor 2-2 di waktu normal. 

Sama-sama memulai laga dengan skema pertahanan tiga bek, kedua tim tampak saling bermain hati-hati. Baik Argentina maupun Belanda berusaha mengolah bola tanpa merusak kekompakan struktur tiap lini masing-masing.

Fakta ini bikin babak pertama berlangsung minim peluang. Belanda bermain lebih sabar dan nyaman ketika menguasai bola. Mereka tak terburu-buru melakukan tusukan ke kotak penalti Argentina.

Upaya kedua tim dalam menciptakan peluang pun terkesan sporadis. Satu-dua half chance yang didapat masing-masing cenderung buah dari kesalahan lawan.

Namun, kebuntuan ini berhasil dipecah oleh kegeniusan bintang mereka. Siapa lagi kalau bukan Lionel Messi. 

Di tengah menumpuknya barisan bek Belanda di kotak penalti mereka sendiri, Lionel Messi sanggup menemukan jalur umpan yang cukup sempit menuju Nahuel Molina yang melakukan run in behind. Umpan sang kapten diterima dengan manis, Nahuel Molina pun membuka keunggulan untuk Argentina pada menit 35. 

Skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga turun minum. Tentu Van Gaal harus memutar otak jika ingin segera membalikkan keadaan di babak kedua. 

Belanda bergerak cepat untuk segera mengganti Steven Bergwijn dengan Steven Berghuis saat memulai babak kedua. Pergantian ini bertujuan agar Cody Gakpo bisa bermain lebih ke depan menemani Memphis Depay. 

Nyatanya strategi pergantian ini belum maksimal bagi Belanda. Ketiga bek Argentina masih terlalu tangguh untuk ditaklukkan.

Tak jarang Cody Gakpo dan Memphis Depay terisolir ketika Belanda mencoba membangun serangan. Sebaliknya, Argentina makin ganas memanfaatkan celah-celah yang ditinggalkan lini belakang Belanda ketika mereka memulai transisi serangan balik. 

Tusukan-tusukan cepat yang gencar dilakukan oleh Messi, De Paul, dan Alvarez memaksa para pemain Belanda melakukan pelanggaran di daerah-daerah berbahaya. Hingga akhirnya Denzel Dumfries melanggar Marcos Acuna di kotak terlarang.

Wasit Antonio Mateu Lahoz menunjuk titik putih. Lionel Messi melengkapi malamnya setelah menunaikan eksekusi penalti dengan tenang pada menit 73.

Skor 2-0 tak bertahan lama. Memanfaatkan umpan silang ciamik dari Steven Berghuis, sundulan Wout Weghorst berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1 pada menit 83. 

Menjelang injury time, pertandingan sempat diwarnai insiden kericuhan kecil antar pemain ketika Leonardo Paredes melakukan provokasi berlebihan ke arah bench Timnas Belanda. Beruntung kepemimpinan tegas wasit segera membuat konflik meredam.

Menolak menyerah, Belanda terus menekan pertahanan Argentina. Momen magis itu pun tiba di menit 90+11. Memanfaatkan situasi bola mati, Wout Weghorst kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk membuat kedudukan menjadi imbang 2-2.

Gol ini pun memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Bagaimana 30 menit berikutnya akan berjalan? Akankah lagi ini juga perlu diselesaikan lewat drama adu penalti?

Baca Juga: 5 Negara Eropa Paling Sering Dikalahkan Argentina, Belanda Berikutnya?

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya