Bekuk Brasil, Kroasia Amankan Tiket Pertama Semifinal

Kroasia perpanjang rekor adu penalti di Piala Dunia

Surabaya, IDNTimes - Lewat drama adu penalti, langkah Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar dihentikan oleh Kroasia, Jumat (9/12/2022) malam WIB, di Education City Stadium, Ar-Rayyan, Qatar. Susah payah, mereka memupus harapan Neymar Jr. dan kolega. 

Tampil menekan sejak awal, Brasil kesulitan menembus lini pertahanan Kroasia yang dipimpin oleh Josko Gvardiol dan Dejan Lovren. Metode low-block yang diterapkan Zlatko Dalic bikin Raphinha dan Vinicius Jr tak menemukan banyak ruang untuk dieksploitasi. 

Neymar Jr. yang menginisiasi serangan pun menemukan banyak kendala lantaran ia banyak dilanggar oleh pemain Kroasia. Di sisi lain, Kroasia memang tampak nyaman membiarkan Brasil menguasai bola.

Brasil pun kesulitan menciptakan peluang berarti. Babak pertama usai dengan skor O-O. 

Memasuki babak kedua Brasil sama sekali tak mengendurkan serangan. Beberapa kombinasi satu-dua di area sepertiga akhir sukses membuahkan clear cut chance. Namun, performa Livakovic bak monster yang berkali-kali menggagalkan tembakan ke arah gawang yang dilakukan deretan penyerang Brasil.

Mulai buntu, Tite pun melakukan penyegaran dengan memasukkan Antony dan Rodrygo untuk menggantikan Raphinha dan Vinicius Jr. Menariknya, pada momen ini Kroasia malah berani mulai mengambil inisiatif permainan.

Pola serangan yang coba diupayakan oleh Mario Pasalic dan Ivan Perisic pun sempat beberapa kali membuat Alisson lebih siaga. Namun, hingga peluit panjang 90 menit dibunyikan, skor kacamata tetap tak berubah.

Kroasia pun mesti melakoni babak perpanjangan waktu kedua mereka pada Piala Dunia 2022 Qatar ini. Degradasi stamina dari para penggawa mereka pun tak dapat dihindari.

Petaka itu pun datang di menit 105+1. Tusukan Neymar yang bekerja sama dengan Lucas Paqueta akhirnya sukses memaksa Dominik Livakovic memungut bola dari jalanya. Skor 1-0 untuk Brasil. 

Tak mau menyerah, Kroasia terus menyerang Brasil dengab sisa-sisa tenaga yang mereka miliki. Berbuah manis, ruang kosong yang ditinggalkan Danilo di sisi kanan pertahanan Brasil segera dieksploitasi oleh Mislav Orsic. 

Umpan cutback yang ia kirim pun menemukan kaki rekannya. Sang pemain pengganti, Bruno Petkovic, menyambar tajam umpan tersebut hingga merobek jala gawang Alisson. Kroasia samakan kedudukan.

Penentuan siapa yang melaju ke semifinal pun harus ditentukan lewat drama adu penalti. Kroasia yang di babak 16 besar sudah melakoninya tentu unggul dari segi kesiapan mental. 

Sial bagi Brasil, penendang pertama mereka, Rodrygo gagal menunaikan eksekusi penalti. Di sisi lain, berturut-turut penendang Kroasia tuntas menyelesaikan tugas mereka.

Drama berakhir saat eksekusi penalti Marquinhos membentur tiang gawang. Kegagalan pemain PSG itu pun disambut suka cita para pemain Kroasia yang mengamankan tiket pertama ke babak semifinal Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Kroasia Mau Ciptakan Keajaiban Lawan Brasil

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya