Comscore Tracker

Tahan Brasil, Kroasia Kembali Lakoni Babak Perpanjangan Waktu

Penampilan bak monster Livakovic bikin Brasil gigit jari

Surabaya, IDNTimes - Brasil mengambil inisiatif serangan sejak menit awal di laga kontra Kroasia pada perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB, di Education City Stadium, Ar-Rayyan, Qatar. Namun, usaha mereka belum membuahkan hasil hingga turun minum.

Meski terus menekan, hingga menit ke-30 Brasil belum mampu merobek jala Dominik Livaković. Skema serangan mereka tak mudah lantaran harus menghadapi permainan Kroasia yang cenderung keras. 

Tensi permainan yang cenderung tinggi pun berbuah dua kartu kuning bagi masing-masing tim. Danilo diganjar kartu pada menit ke-25, sementara Brozovic yang bergantian mendapatkannya 5 menit berselang.

Kroasia tampak nyaman menunggu di garis pertahanan sendiri. Lini pertahanan yang dipimpin oleh Dejan Lovren dan Josko Gvardiol memang tampak sengaja membiarkan Brasil menguasai bola asalkan mereka sanggup menutup jalur aliran bola ke kotak penalti mereka.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Brasil belum mampu menerjang rapatnya lini pertahanan Kroasia.

Memasuki babak kedua Brasil tak mengendurkan serangan. Terbukti pada menit 55 Neymar langsung mendapatkan peluang emas setelah menusuk di half-space kanan pertahanan Kroasia. Sayang, tembakannya masih tepat mengarah ke kaki Livakovic.

Tite segera menyegarkan lini serangnya dengan memasukkan Antony dan Rodrygo untuk menggantikan Raphinha dan Vinicius Jr. Makin ngeyel, mereka pun kembali mendapatkan peluang emas lewat Lucas Paqueta pada menit 66. Lagi-lagi, penampilan prima Livakovic bikin barisan penyerang Brasil gigit jari.

Tak tinggal diam, Kroasia pun mulai berani mengambil inisiatif permainan. Beberapa kali tusukan yang diinisiasi oleh Mario Pasalic dan Ivan Perisic berhasil bikin Alisson lebih waspada. 

Sayang keberanian Kroasia mengambil alih permainan meninggalkan beberapa celah di area pertahanan mereka. Beruntung, malam ini penampilan Livakovic benar-benar bak monster di bawah mistar gawang Kroasia.

Skor kacamata pun bertahan hingga peluit 90 menit dibunyikan. Untuk kedua kalinya Kroasia bakal melakoni babak perpanjangan waktu di Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga: Susunan Starter Kroasia Vs. Brasil, Stamina Keduanya Timpang

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya