Postur Tubuhnya Pernah Diremehkan, Bagus Justru Gemilang di AFF U-16

Suwun yo Bagus, udah mengharumkan nama Indonesia~

Nama Bagus Kahfi bersinar di perhelatan AFF U-16. Berkontribusi besar untuk kemenangan Indonesia, Bagus Kahfi mencatatkan diri sebagai top skorer AFF U-16 dengan torehan 12 gol. Bagaimana perjalanan kariernya Bagus Kahfi? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Bakatnya terlihat sejak anak-anak

Postur Tubuhnya Pernah Diremehkan, Bagus Justru Gemilang di AFF U-16Instagram/baguskahfi16

Memiliki nama lengkap Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri, Bagus bersama saudara kembarnya sudah mencintai sepak bola sejak kecil. Putra daerah Magelang itu sudah bergabung dalam Sekolah Sepak Bola (SSB) Gelora Putra Deltra Sidoarjo sejak usia 6 tahun. Bagus dan Bagas sempat beberapa kali pindah sekolah sepak bola seperti di Jakarta, Kalimatan Tengah , Malaysia hingga Singapura.

Saat duduk di bangku sekolah dasar, kemampuan Bagus dan Bagas paling menonjol dibandingkan yang lain. Sejak kelas 3 dan 4 SD, kemampuan mereka berdua meningkat pesat. 

2. Saat kecil sempat diremehkan

Postur Tubuhnya Pernah Diremehkan, Bagus Justru Gemilang di AFF U-16instagram/baguskahfi16

Karena kondisi fisiknya yang kecil, Bagus sempat diremehkan oleh rekan-rekannya. Banyak yang menyangsikan kemampuan Bagus beserta kembarannya. Karena postur tubuhnya yang mungil. Namun pandangan-pandangan negatif soal postur tubuhnya itu bisa ditepis karena kemauan dan usaha yang keras.

Bagus dan Bagas termasuk pemain yang menonjol dan mampu berkembang pesat baik secara fisik ataupun mental.

3. Beda posisi dengan sang Kakak

Postur Tubuhnya Pernah Diremehkan, Bagus Justru Gemilang di AFF U-16instagram/baguskahfi16

Bagus Kahfi didaulat menjadi penyerang dalam ajang AFF U-16. Sementara Bagas, sang kakak menjadi bek sayap kanan. Usut punya usut, staf pelatih kerap kebingungan untuk membedakan Bagus dan Bagas. Keduanya pernah sempat bertukar posisi karena staf pelatih salah menyebut nama.

Sebenarnya, Bagus ataupun Bagas sebenarnya adalah penyerang. Namun saat menjalani seleksi, ditetapkan jika Bagus menjadi penyerang dan sang kakak sebagai bek.

4. Sempat bertanding di AFF U-15

Postur Tubuhnya Pernah Diremehkan, Bagus Justru Gemilang di AFF U-16instagram/baguskahfi16

Sebelum bertanding di AFF-U16 dan membawa Indonesia menjadi kampiun, Bagus dan Bagas telah memperkuat timnas di ajang Piala AFF U-15 tahun 2017. Keduanya juga masuk ke dalam timnas Indonesia untuk bertanding pada kualifikasi Piala Asia U-16.

Jika penampilan mereka gemilang, tidak menutup kemungkinan, Bagus dan Bagas bisa membawa Indonesia ke piala dunia.

5. Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah AFF U-16

Postur Tubuhnya Pernah Diremehkan, Bagus Justru Gemilang di AFF U-16instagram/baguskahfi16

Mencetak 12 gol membuat Bagus Kahfi menjadi top skorer. Namun bukan hanya sekadar pencetak gol terbanyak, Bagus juga melampaui rekor pencetak gol terbanyak AFF U-16 sepanjang masa.

Sebelumnya, pada tahun 2015 dan 2016, pemain asal Australia yakni Marc Moric dan John Robert mencatatkan diri sebagai top skorer hanya dengan catatan 8 gol. 

Bukan saja di Piala AFF U-16 saja Bagus Kahfi produktif mencetak gol. Sebelumnya pada Piala Soeratin U-15 tahun 2017 lalu, Bagus Kahfi juga dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak dengan raihan 11 gol. Saat itu, Bagus membela PSSA dan berhak membawa pulang sepatu emas.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya