Comscore Tracker

Comeback, Ini 5 Fakta Saat Arsenal Menang 3-1 Atas Southampton!

Bukayo Saka cemerlang, Arsenal terus menang!

Menang atas Newcastle pada pekan lalu, Arsenal kembali meraih poin penuh di Premier League. Arsenal berhasil comeback setelah tertinggal di menit 3 dan mengakhiri laga dengan kemenangan 3-1 atas (27/1) di St. Mary's Stadium.

Hasil ini juga sebagai pembalasan Arsenal kepada Soton karena tersingkir di ajang FA Cup yang dimainkan empat hari lalu. Bukayo Saka dan Alexandre Lacazette menjadi bintang dalam pertandingan kali ini. Keduanya menyumbang satu gol dan satu assist.

Kemenangan ini membuat skuat asuhan Mikel Arteta naik ke posisi 8 sementara dengan 30 poin, sementara Southampton turun ke posisi 11 dengan koleksi 29 poin. Berikut 5 fakta tercipta dalam pertandingan tersebut.

1. Alexandre Lacazette jadi pemain pertama Arsenal yang cetak 10 gol musim ini

Comeback, Ini 5 Fakta Saat Arsenal Menang 3-1 Atas Southampton!Twitter.com/SquawkaFootball

Alexandre Lacazette menjadi pemain Arsenal pertama yang mencapai 10 gol di semua kompetisi musim ini. Lewat satu golnya, pemain 29 tahun telah mencetak dua digit gol dalam empat musim sejak bergabung dengan The Gunners. Masing-masing 17 gol (musim 2017/18), 19 gol (2018/19), dan 12 gol (2019/20).

Kini, Lacazette telah mencetak empat gol dalam tiga laga tandang terakhirnya di Liga Inggris. Dua di antaranya assist oleh Bukayo Saka.

2. Bukayo Saka jadi pemain muda dengan koleksi gol terbanyak di lima liga top Eropa

Comeback, Ini 5 Fakta Saat Arsenal Menang 3-1 Atas Southampton!Twitter.com/SquawkaFootball

Bukayo Saka adalah remaja Inggris kedua yang mencetak gol untuk Arsenal dalam penampilan Premier League berturut-turut setelah Ashley Cole pada Oktober 2000. Kini, pemain berusia 19 tahun telah mencetak lima gol di liga sejauh musim ini, lebih banyak dari jumlah gol Fabio Silva (2 gol - Wolves), Mason Greenwood (1 gol - Manchester United), dan Rayan Ait-Nouri (1 gol - Wolves) di kompetisi ini.

Sementara di lima liga top Eropa, koleksi gol Saka bersanding dengan Matthew Hoppe (Schalke 04). Keduanya unggul satu gol dari wonderkid Barcelona, Ansu Fati dan striker muda RC Lens, pinjaman dari Paris Saint-Germain, Arnaud Kalimuendo.

Baca Juga: 5 Kiper Arsenal Terbaik di Era Arsene Wenger, Tak Bisa Tergantikan!

3. Bukayo Saka cemerlang, Arsenal menang

Comeback, Ini 5 Fakta Saat Arsenal Menang 3-1 Atas Southampton!Twitter.com/PremierLeague

Bukayo Saka semakin menunjukkan kualitasnya. Pemain dengan nomor punggung 7 telah terlibat langsung dalam enam gol dalam enam pertandingan terakhirnya di Premier League. Setelah memberi assist dan mencetak gol lawan Soton pada laga ini, Saka memberikan sumbangan gol ketika Arsenal berhadapan dengan Newcastle, West Brom, serta Chelsea.

Sementara assist dipersembahkannya saat melawan Brighton. Hanya laga kontra Crystal Palace Saka tidak memberikan kontribusi gol/assist karena skor akhir imbang 0-0. 

Kontribusi nyata Saka berbanding lurus dengan hasil positif yang diraih Arsenal. The Gunners berhasil meraih 16 poin lewat lima kemenangan dan satu imbang. Hanya Manchester City yang memenangkan poin lebih banyak (18) dan kebobolan lebih sedikit (1) daripada Arsenal di Premier League sejak Boxing Day (16 poin dan kebobolan dua gol untuk The Gunners selama periode ini).

Berikut enam laga terakhir Arsenal di Premier League.

3 vs 1 Chelsea (27/12/2020)

1 vs 0 Brighton (30/12/2020)

4 vs 0 West Brom (03/01/2021)

0 vs 0 Crystal Palace (15/01/2021)

3 vs 0 Newcastle (19/01/2021)

3 vs 1 Southampton (27/01/2021)

4. Nicolas Pepe dan Granit Xhaka back to perform

Comeback, Ini 5 Fakta Saat Arsenal Menang 3-1 Atas Southampton!Twitter.com/Brfootball

Lima perubahan dilakukan Mikel Arteta saat menghadapi Soton di ajang berbeda. David Luiz, Thomas Partey, Emile Smith-Rowe, Bukayo Saka, dan Alexandre Lacazette masuk starting XI menggantikan Gabriel, Mohamed Elneny, Willian, Gabriel Martinelli, dan Eddie Nketiah. Nicolas Pepe dan Granit Xhaka tetap dalam starting XI.

Keputusan untuk mempertahankan dua pemain itu memberikan hasil positif bagi Arsenal. Keduanya terlibat dalam gol pertama Arsenal. Lewat golnya, Pepe telah terlibat 9 gol (6 gol, 3 assist) untuk Arsenal di semua kompetisi musim ini. Pemain timnas Pantai Gading hanya kalah dengan Lacazette (10 gol).

Di sisi lain, Xhaka telah menciptakan dua peluang besar dalam 25 menit pembukaan melawan Southampton, lebih banyak dari gabungan semua orang di lapangan. Salah satunya berujung assist untuk Nicolas Pepe. Kini gelandang 28 tahun telah memberikan 14 assist Premier League untuk Arsenal, sama dengan raihan Jack Wilshere, Alex Oxlade-Chamberlain dan Alex Song.

5. James Ward-Prowse cetak penampilan ke-250 di Premier League

Comeback, Ini 5 Fakta Saat Arsenal Menang 3-1 Atas Southampton!Twitter.com/SouthamptonFC

Dalam laga melawan Arsenal, James Ward-Prowse mencetak penampilan ke-250 di Premier League.  Di usia 26 tahun 86 hari. Ward-Prowse menjadi pemain termuda kesembilan yang mencapai tonggak sejarah kompetisi ini. Kapten Soton bergabung dengan jajaran bintang Premier League di antaranya Wayne Rooney, James Milner, Gareth Barry, Frank Lampard, hingga Rio Ferdinand.

Walau kalah, Ward-Prowse memberikan satu assist kepada Armstrong. Raihan itu membuatnya memiliki assist melawan Liverpool, Manchester United, dan Arsenal di musim ini.

Dengan tren positif, Arsenal perlahan namun pasti terus naik tangga klasemen sementara Premier League. Apakah mungkin Arsenal dapat kembali ke Big Four dalam waktu dekat?

Baca Juga: Untung! 5 Pemain Non-Inggris Termahal yang Pernah Dijual Southampton

Lukito Wijaya Photo Verified Writer Lukito Wijaya

Sedikit-sedikit buat karya, lama-lama jadi mahakarya. Amin. Twitter: @lukitowijayaa19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya