Comscore Tracker

Liverpool Kalah Lagi, Ini 6 Hal Menarik Dalam Derby Merseyside!

Everton dan Liverpool sama-sama pecahkan rekor

Liverpool lagi-lagi menelan kekalahan di Premier League, kali ini dikalahkan oleh Everton. Anak asuhan Carlo Ancelotti memenangkan derby Merseyside dengan skor 2-0 (21/02/21) sekaligus memberikan Jordan Henderson dan kawan-kawan kekalahan keempat beruntun di kandang. Everton menjadi klub kelima Don Carlo raih kemenangan saat jumpa Liverpool.

Gol cepat Richarlison dan penalti Gylfi Sigurdsson membuat The Toffess meraih kemenangan perdana mereka atas Liverpool dalam 24 pertemuan (12 imbang, 11 kalah) di semua kompetisi. Kini, The Reds menjadi tim terbanyak kebobolan penalti (3) di liga Inggris pada 2021.

Liverpool juga belum memenangkan laga kandang (2 imbang, 4 kalah) Premier League mereka pada tahun 2021.Terakhir skuat Jurgen Klopp raih tiga poin ketika menjamu Tottenham Hotspur dengan skor 2-1 pada 17 Desember 2020.

1. Everton pecah telur dengan mencetak gol pembuka laga dan menang di Anfield sejak September 1999

Liverpool Kalah Lagi, Ini 6 Hal Menarik Dalam Derby Merseyside!Twitter.com/Everton

Everton memenangkan pertandingan tandang Premier League pertama mereka melawan Liverpool dengan skor 1-0 sejak September 1999, mengakhiri 20 pertandingan tanpa kemenangan. Ini menjadi kali kedua The Toffess membuka keunggulan di babak pertama dalam laga Premier League hadapan Liverpudlians sejak 21 tahun silam.

Pertama kalinya dalam 21 edisi derby Merseyside Premier League dimana Everton mencetak gol pembuka melawan Liverpool. Terakhir kali Everton melakukannya saat mengalahkan The Reds 2-0 di kandang pada 17 Oktober 2010. Kala itu, Tim Cahill menjadi pencetak gol pertama, kemudian disusul gol penutup oleh manajer Arsenal saat ini, Mikel Arteta.

2. Richarlison 'panas' ketika melawan Liverpool

Liverpool Kalah Lagi, Ini 6 Hal Menarik Dalam Derby Merseyside!Twitter.com/OfficialFPL

Gol Richarlison pada menit ketiga adalah gol tercepat kedua Premier League Everton melawan Liverpool di Anfield sejak April 1999 (Olivier Dacourt - 40 detik). Pemain asal Brasil menunjukkan kualitasnya dengan mencetak masing-masing satu gol dalam dua laga terakhir kontra Manchester City dan Liverpool.

Dalam kunjungan ke markas Liverpool pada dua musim terakhir, Richarlison mencetak dua gol. Itu buat striker 23 tahun menjadi pemain Everton ketiga setelah Tim Cahill (Maret 2006) dan Kevin Campbell (Oktober 2000) yang mencetak gol dalam penampilan liga Inggris di Anfield. 

3. Anfield Stadium tidak ramah bagi Liverpool dalam satu bulan terakhir

Liverpool Kalah Lagi, Ini 6 Hal Menarik Dalam Derby Merseyside!Twitter.com/brfootball

Selain kalah dalam empat pertandingan liga kandang berturut-turut untuk pertama kalinya sejak Desember 1923, Liverpool mengoleksi empat kekalahan kandang dalam 31 hari terakhir seperti 100 laga kandang pertama Jurgen Klopp sebagai suksesor Brendan Rodgers.

Sejalan dengan hasil akhir, kini Liverpool mencatatkan 528 menit tanpa gol lewat open play ketika bermain kandang di Premier League. Trio Mohamed Salah-Roberto Firmino-Sadio Mane sedang mengalami penurunan performa ketika berkompetisi liga di Anfield. 

Tanpa menghitung gol penalti Mohamed Salah saat menjamu Manchester City, trio andalan lini depan Liverpool pada tahun 2021 melakukan 35 shots, di mana 7 diantaranya tepat sasaran tetapi tidak berhasil mencetak gol.

Baca Juga: Ditekuk Everton 0-2, Kekalahan Keempat Liverpool Secara Beruntun!

4. Liverpool kehilangan dua bek di laga derby Merseyside musim ini

Liverpool Kalah Lagi, Ini 6 Hal Menarik Dalam Derby Merseyside!Twitter.com/goal

Pada pertemuan pertama musim 2020/21, kedua tim berbagi satu poin dengan skor akhir 2-2. Bak jatuh tertimpa tangga untuk Liverpool. Sudah mendapatkan hasil seri, bek tengah andalan mereka, Virgil van Dijk harus ditarik keluar setelah bertabrakan dengan Jordan Pickford. Van Dijk harus menepi hingga akhir musim berakhir karena menderita cedera lutut (ACL).

Kejadian serupa menimpa The Reds di paruh kedua musim ini. Kini giliran kapten Liverpool, Jordan Henderson yang harus ditarik keluar pada menit 30 karena cedera otot.

Cederanya Henderson menambah daftar cedera bek tengah dan bek tengah sementara  Liverpool menjadi lima. Sebelumnya Van Dijk, Joe Matip, Joe Gomez, dan Fabinho (gelandang bertahan) telah masuk daftar.

5. James Rodríguez berperan dalam dua laga terakhir The Toffess lawan MU dan Liverpool

Liverpool Kalah Lagi, Ini 6 Hal Menarik Dalam Derby Merseyside!Twitter.com/jamesdrodriguez

Umpan manis James Rodríguez kepada Richarlison berbuah gol pertama untuk Everton. Gelandang 30 tahun menjadi pemain Everton pertama yang memberi assist di laga kandang dan tandang melawan Liverpool di Premier League musim ini.

Pada laga sebelumnya melawan Manchester United, James mencetak satu gol di Old Trafford. Kini, playmaker asal Kolombia memainkan 16 laga pada debut Premier League dengan koleksi lima gol dan empat assist.

6. Performa impresif Jordan Pickford saat lakoni derby Merseyside musim ini 

Liverpool Kalah Lagi, Ini 6 Hal Menarik Dalam Derby Merseyside!Twitter.com/brfootball

Jordan Pickford membuat enam penyelamatan melawan Liverpool dalam laga ini, dua di antaranya di dalam kotak penalti. Penyelamatan tersebut paling banyak yang pernah Pickford lakukan dalam derby Merseyside di Premier League sambil menjaga clean sheet.

Kiper 26 tahun mencatatkan lebih dari 5 penyelamatan hanya dalam dua pertandingan Premier League musim ini, keduanya dilakukan saat bertemu The Reds:

  • 6 penyelamatan v Liverpool (17/10.20)
  • 6 penyelamatan v Liverpool (20/02/21)

Selamat untuk Carlo Ancelotti dan anak asuhnya yang telah menunjukkan performa terbaiknya dalam derby Merseyside. Sementara Jurgen Klopp harus memutar otak guna membuat racikan terbaik untuk memperbaiki sistem pertahanan dan juru gedor Liverpool.

Kedua klub mengumpulkan 40 poin dan bertengger di posisi 6 dan 7 klasemen sementara, tetapi Everton memiliki tabungan satu laga.

Baca Juga: Klopp Ribut dengan Ferguson saat Liverpool Dibekuk Everton

Lukito Wijaya Photo Verified Writer Lukito Wijaya

Sedikit-sedikit buat karya, lama-lama jadi mahakarya. Amin. Twitter: @lukitowijayaa19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya