7 Fakta Premier League Pekan 21, Ada Rekor Baru!

Dari Mo Salah hingga kemenangan kandang perdana Brighton!

Kegagalan Manchester United dan Leicester City meraih poin penuh di pekan 21 membuat persaingan dalam merebutkan posisi pertama hingga keempat yang kian memanas di pekan 21 Premier League. Banyak kejutan di pekan ini membuat Premier League semakin menarik diikuti. Mulai dari kemenangan perdana Thomas Tuchel melatih Chelsea, Liverpool yang kembali ke jalur kemenangan hingga kemenangan beruntun Manchester City.

Berikut tujuh fakta yang tercipta di pekan 21 Premier League!

1. Kemenangan ke-500 Pep Guardiola bawa Man City terus perpanjang rekor kemenangan beruntun

7 Fakta Premier League Pekan 21, Ada Rekor Baru!Twitter.com/SkySportsStatto

Pep Guardiola telah memenangkan pertandingan ke-500 di semua kompetisi sebagai manajer klub papan atas Eropa. Sejak pertama melatih Barcelona pada musim 2008/09, Guardiola memenangkan 179 laga selama membela klub asal Catalan. Kemudian, pria 50 tahun menambahkan 124 kemenangan ketika melatih Bayern Munchen. Kini bersama Manchester City, pelatih asal Spanyol menorehkan 197 kemenangan

Manchester City telah memenangkan semua sembilan pertandingan di semua kompetisi pada Januari 2021, kemenangan terbanyak oleh tim di empat tingkatan teratas sepak bola Inggris dalam satu bulan sejak pembentukan Liga Sepakbola pada tahun 1888.

Bersama dengan Atletico Madrid, Man City menjadi klub di lima divisi teratas Eropa dengan 8 kemenangan beruntun musim ini.

2. Mohamed Salah brace, Liverpool mendominasi London

7 Fakta Premier League Pekan 21, Ada Rekor Baru!Twitter.com/SquawkaNews

Liverpool menang atas West Ham 1-3 dalam kunjungannya ke London Stadium. Ini menjadi keempat kemenangan tandang Liverpool di Premier League  musim ini. Keempatnya terjadi saat The Reds mengalahkan klub-klub London (Chelsea, Crystal Palace, Spurs, West Ham). Skuat asuhan Jurgen Klopp menjadi tim pertama dalam sejarah papan atas Inggris yang meraih empat kemenangan liga tandang pertama mereka dalam satu musim di London.

Empat kemenangan tandang Premier League Liverpool musim ini:

20/09/20 0 - 2 vs. Chelsea

19/12/20 0 - 7 vs. Crystal Palace

29/01/21 1 - 3 vs. Spurs

31/01/21 1 - 3 vs. West Ham

London 2 - 15 Liverpool.

Bintang kemenangan Liverpool, Mohamed Salah mencetak dua gol dalam laga ini. Brace tersebut membuat Mohamed Salah mencetak lebih banyak gol Premier League melawan West Ham (9) daripada tim lain dalam kariernya. Selain itu, striker asal Mesir telah mencetak 20+ gol di semua kompetisi di setiap musim yang dia mainkan untuk Liverpool. 

3. Patrick Bamford buat Leicester raih kekalahan pertama sejak 7 laga tak terkalahkan

7 Fakta Premier League Pekan 21, Ada Rekor Baru!Twitter.com/OfficialFPL

Leeds United berhasil mencuri poin penuh ketika bertandang ke King Power Stadium, markas Leicester. Pasukan Marcelo Bielsa menang 1-3 atas tim tuan rumah. Sebelum kekalahan ini, Leicester tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan Premier League dengan 4 kemenangan dan 3 hasil imbang.

Pencetak gol Leicester City, Harvey Barnes telah terlibat langsung dalam 10 gol Premier League musim ini, dengan 7 gol dan 3 assist. Sementara dari Leeds United, gol penyeimbang Stuart Dallas terjadi hanya 127 detik setelah Harvey Barnes memberi Leicester City keunggulan.

Patrick Bamford menjadi pahlawan kemenangan The Whites dengan 1 gol dan 2 assist. Bamford telah terlibat langsung dalam 15 gol dalam 20 pertandingan Premier League untuk Leeds United (11 gol, 4 assist) - hanya Tony Yeboah (17) yang memiliki andil dalam lebih banyak gol dalam 20 penampilan Premier League pertama mereka untuk klub.

Kini, Leeds United telah mencetak 22 gol tandang di Premier League musim ini, hanya Man United (24 gol) yang mencetak lebih banyak. Patrick Bamford memberikan kontribusi terbanyak dengan 11 gol (8 gol dan 3 assist).

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Membawa Leicester City Juara Premier League

4. César Azpilicueta dan Marcos Alonso sumbang gol, Thomas Tuchel raih kemenangan perdana

7 Fakta Premier League Pekan 21, Ada Rekor Baru!Twitter.com/CesarAzpi

Kemenangan 2-0 atas Burnley di Stamford Bridge menjadi kemenangan perdana Thomas Tuchel sebagai pelatih Chelsea. Tuchel menjadi pelatih Chelsea pertama yang mencatatkan clean sheet di dua pertandingan pertamanya di Premier League sejak Rafael Benitez pada November 2012.

César Azpilicueta mencetak gol pertama Chelsea di era Thomas Tuchel. Kini, kapten Chelsea telah mencetak gol di bawah enam pelatih Chelsea yang berbeda:

✓ José Mourinho
✓ Guus Hiddink
✓ Antonio Conte
✓ Maurizio Sarri
✓ Frank Lampard
✓ Thomas Tuchel

Marcos Alonso telah mencetak gol Premier League pertamanya untuk Chelsea sejak Februari 2020. Callum Hudson-Odoi telah terlibat langsung dalam lima gol dalam delapan pertandingan terakhirnya untuk Chelsea di semua kompetisi, mencetak tiga gol untuk dirinya sendiri dan memberikan dua assist.

5. Mason Mount jadi pemain keempat yang cetak peluang 50+; Jack Grealish koleksi 9 assist

7 Fakta Premier League Pekan 21, Ada Rekor Baru!Thechelseachronicle.com

Mason Mount (52) menjadi pemain keempat yang menciptakan 50+ peluang di Premier League musim ini. Posisi teratas diisi oleh Jack Grealish (67 - Aston Villa), Bruno Fernandes (60 - Man. United), dan Kevin De Bruyne (54 - Man. City). Selama bermain kontra Burnley, Mason Mount membuat lebih banyak tekel (4), mencoba lebih banyak tembakan (4) dan menciptakan peluang terbesar kedua (3).

Di pertandingan lain, Jack Grealish berhasil menyumbang 1 assist kemenangan Aston Villa di kandang Southampton. Hanya Harry Kane (11) dan Kevin De Bruyne (10) yang memiliki lebih banyak assist di Premier League daripada Jack Grealish musim ini (9).

6. MU - Arsenal berakhir kacamata, MU masih belum menang lawan 'Big Six'

7 Fakta Premier League Pekan 21, Ada Rekor Baru!Twitter.com/Squawka

Manchester United mencetak rekor klub baru dengan 18 pertandingan liga tandang tak terkalahkan (13x menang, 5x imbang). Terakhir kali Setan Merah kalah dalam pertandingan tandang Premier League adalah 377 hari yang lalu, saat menghadapi Liverpool dengan skor 2-0. 

Walau berada di peringkat kedua Premier League, MU belum pernah mengalahkan rival 'Big Six' di Premier League musim ini. Dari enam laga yang telah dimainkan, empat diantaranya berakhir imbang. Skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer hanya mampu mencetak satu gol dan harus kebobolan tujuh gol. 

(H) 1-6 vs Spurs

(H) 0-0 vs Chelsea

(H) 0-1 vs Arsenal

(H) 0-0 vs Man City

(A) 0-0 vs Liverpool

(A) 0-0 vs Arsenal

Pemain baru Arsenal, Martin Ødegaard menjalani debutnya dalam laga ini. Pemain muda asal Norwegia masuk pada menit 83 untuk menggantikan Emile Rowe Smith. Gelandang yang dipinjam dari Real Madrid merupakan orang Norwegia pertama yang tampil untuk Arsenal sejak Pal Lydersen melawan Tottenham pada Mei 1993.

Sementara itu, Bernd Leno semakin memantapkan posisinya sebagai kiper andalan Arsenal. Kiper asal Jerman telah meraih 8 clean sheet musim ini, termasuk dua laga kontra MU. Bersama Edouard Mendy, Leno berada di urutan ketiga dalam perburuan Golden Glove musim ini, di belakang Ederson (12) dan Emi Martínez (10).

7. Brighton raih kemenangan kandang pertamanya musim ini

7 Fakta Premier League Pekan 21, Ada Rekor Baru!Twitter.com/premierleague

Sebelum malam ini, tim asuhan Graham Potter adalah satu-satunya tim di empat tingkatan teratas sepak bola Inggris tanpa kemenangan liga kandang musim ini. Kini, Brighton telah memenangkan sebanyak mungkin pertandingan kandang Premier League pada tahun 2021 seperti yang mereka lakukan sepanjang tahun 2020 (1) ketika melawan Arsenal 2-1.

Sementara José Mourinho kalah dalam tiga pertandingan tandangnya di liga melawan Brighton di Amex Stadium, pertama kalinya dia kalah dalam tiga kali kunjungan tandang beruntun ke lawan dalam karir manajerialnya.

Premier League semakin seru untuk dinikmati. Akankah kejutan dan rekor baru tercipta di pekan selanjutnya?

Baca Juga: 5 Pelatih asal Jerman yang Pernah Menangani Klub Premier League

Lukito Wijaya Photo Verified Writer Lukito Wijaya

Sedikit-sedikit buat karya, lama-lama jadi mahakarya. Amin. Twitter: @lukitowijayaa19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya