Comscore Tracker

6 Fakta Saat MU Atasi Liverpool 3-2 di FA Cup, Setan Merah Lolos! 

Bruno Fernandes jadi 'pahlawan kesiangan' dalam laga ini

Manchester United (MU) menang 3-2  melawan Liverpool dalam babak 32 besar FA Cup (24/1) waktu setempat. Bermain di Old Trafford, skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer sempat tertinggal lewat lebih dulu, tetapi dalam mengembalikan keadaan sehingga unggul hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan kemenangan ini, The Red Devils berhak atas tiket 16 besar FA Cup. MU sudah ditunggu West Ham yang sudah lebih dulu memenangkan laga kontra tim League One, Doncaster dengan skor 4-0.

1. Statistik ciamik milik Bruno Fernandes untuk Manchester United

6 Fakta Saat MU Atasi Liverpool 3-2 di FA Cup, Setan Merah Lolos! Twitter.com/brfootball

Masuk sebagai pemain pengganti, Bruno Fernandes menunjukkan kualitasnya sebagai pemain terbaik MU. Lewat tendangan terukurnya pada menit 78, MU memastikan satu tempat ke babak 16 besar FA Cup.

Gol tersebut membuat Fernandes telah terlibat dalam 25 gol untuk Manchester United musim 2020/2021. Bermain 29 laga, pemain berusia 26 tahun mengumpulkan 16 gol dan 9 assist.

Sejak debutnya di MU pada Februari 2020, Bruno Fernandes telah mencetak lebih banyak gol daripada pemain lain untuk klub Premier League, yaitu 28 gol. Selain itu, dalam 51 penampilan, Fernandes mencetak 17 assist. 

Statistik tersebut menunjukkan betapa berharga dan beruntung MU memiliki gelandang kreatif kelahiran Portugal ini.

2. Mohamed Salah cetak 19 gol di semua kompetisi musim ini

6 Fakta Saat MU Atasi Liverpool 3-2 di FA Cup, Setan Merah Lolos! Goal.com

Lewat bracenya, Mohamed Salah telah mencetak 19 gol di semua kompetisi musim ini, terbanyak bersama pemain Premier League bersama Harry Kane. Mo Salah menjadi pemain Liverpool kedua setelah Adam Lallana yang mencetak gol di Old Trafford dalam empat tahun terakhir. 

Roberto Firmino telah membantu striker kebangsaan Mesir untuk 17 gol di semua kompetisi untuk Liverpool. Firmino - Salah menjadi pemain duo dengan kerja sama terbanyak di bawah asuhan Jürgen Klopp.

3. Marcus Rashford sumbang satu gol dan satu assist, kedua kali dilakukannya musim ini

6 Fakta Saat MU Atasi Liverpool 3-2 di FA Cup, Setan Merah Lolos! Twitter.com/MarcusRashford

Marcus Rashford menjadi salah satu bintang kemenangan MU dalam laga kali ini. Sumbangan satu gol, satu kreasi yang berbuah assist, dan dua kali dijatuhkan menjadi bukti pemain berusia 23 tahun tersebut. Dia mencetak gol dan assist dalam pertandingan yang sama untuk kedua kalinya musim ini.

Rashford telah mencetak empat gol dalam lima penampilan melawan Liverpool di Old Trafford, gol terbanyak yang dia cetak ke gawang lawan saat bermain di kandang. 

Baca Juga: Liverpool Tersingkir dari Piala FA, Imbas Kutukan Jurgen Klopp?

4. Mason Greenwood akhiri paceklik gol

6 Fakta Saat MU Atasi Liverpool 3-2 di FA Cup, Setan Merah Lolos! Twitter.com/brfootball

Bukan Bruno Fernandes, bukan juga Marcus Rashford yang mencetak gol pertama. Tapi Mason Greenwood yang lebih dulu mencatatkan namanya di papan skor. Dengan golnya tersebut, Greenwood menjadi pemain MU termuda (19 tahun 115 hari) yang mencetak gol kontra Liverpool sejak Legenda MU, Wayne Rooney (19 tahun 83 hari) melakukannya pada Januari 2005.

Striker 19 tahun telah mencetak gol pertamanya untuk MU dalam 11 penampilan di semua kompetisi, mengakhiri permainan terlama tanpa gol untuk klub. 

5. Kalah lagi, Liverpool hanya menang satu dari tujuh laga sejak mengalahkan Crystal Palace 7-0

6 Fakta Saat MU Atasi Liverpool 3-2 di FA Cup, Setan Merah Lolos! Standard.co.uk

MU telah menyingkirkan Liverpool di FA Cup sebanyak 10 kali. Sejak FA dimainkan, hanya Liverpool (12 kali) mengalahkan Everton untuk sebuah tim yang sering mengalahkan lawan di FA Cup.

Liverpool sendiri belum memenangkan satu pertandingan pun ketika Thiago bermain sejak lima laga terakhir. Sementara itu, Jordan Henderson dan kawan-kawan menunjukkan tren menurun sejak mengalahkan Crystal Palace 7-0. 

Berikut hasil pertandingan Liverpool dalam tujuh laga terakhir:

(S) 1-1 vs. West Brom

(S) 0-0 vs. Newcastle

(K) 0-1 vs. Southampton

(M) 4-1 vs. Aston Villa (U23)

(S) 0-0 vs. Man Utd

(K) 0-1 vs. Burnley

(K) 2-3 vs. Man Utd

6. Untuk kali keenam, Liverpool di bawah Jurgen Klopp tidak lolos babak 8 besar

6 Fakta Saat MU Atasi Liverpool 3-2 di FA Cup, Setan Merah Lolos! Twitter.com/brfootball

Liverpool di bawah nakhoda Jurgen Klopp nampaknya mengalami kesulitan ketika harus bermain di kompetisi tertua Inggris ini. Sejak didatangkan ke Anfield pada musim 2015/2016, Klopp belum pernah lolos ke babak 8 besar. Paling mentok hanya di babak ke-5 (16 besar).

Teranyar, Liverpool harus mengakui keunggulan MU dengan skor 3-2. Berikut rekor Liverpool di FA Cup selama enam musim terakhir:

2016: 2-1 vs. West Ham, babak ke-4

2017: 2-1 vs. Wolves, babak ke-4

2018: 3-2 vs. West Brom, babak ke-4

2019: 2-1 vs. Wolves, babak ke-3

2020: 2-0 vs. Chelsea, babak ke-5

2021: 3-2 vs. Man Utd, babak ke-4

Selamat untuk MU! Semoga dapat melaju ke babak selanjutnya melawan West Ham. Untuk Liverpool, harus berbenah agar dapat memperbaiki tren negatif selama bermain di ajang FA Cup. 

Baca Juga: Rating Pemain Terbaik sampai Terburuk Liverpool vs Manchester United 

Lukito Wijaya Photo Verified Writer Lukito Wijaya

Sedikit-sedikit buat karya, lama-lama jadi mahakarya. Amin. Twitter: @lukitowijayaa19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya