Comscore Tracker

6 Striker Muda Hebat dan Berbakat di Luar Liga Top Eropa! 

Muda, beda, dan berbahaya di depan gawang lawan!

Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Lautaro Martinez (Inter Milan), Ansu Fati (Barcelona), dan Mason Greenwood (Manchester United) tergabung dalam kategori pemain muda terbaik di 5 liga top Eropa saat ini. Kehebatan mereka tidak perlu diragukan lagi karena telah membuktikan diri dengan segudang statistik mentereng dan prestasi yang luar biasa. 

Tetapi di luar 5 liga top Eropa, ada juga beberapa pemain muda potensial. Mau tahu siapa saja? 

1. Odsonne Edouard - Celtic

6 Striker Muda Hebat dan Berbakat di Luar Liga Top Eropa! Dailyrecord.co.uk

Odsonne Edouard telah mencatat 22 gol dan 12 assist dalam 27 penampilan liga Skotlandia musim ini. Raihan gol tersebut mengantarnya sebagai top skor musim 2019/2020. Pemain 22 tahun ini juga berhasil membawa Celtic menjadi juara 9 kali beruntun setelah Scottish Professional Football League memutuskan untuk tidak melanjutkan liga.

Membela timnas Prancis U 21, Edouard sudah mengumpulkan 11 gol hanya dari 5 penampilan. Pemain dengan postur 187 cm ini dirumorkan akan menyusul mantan kapten timnya, Kieran Tierney menuju Arsenal, sebagai suksesor Pierre-Emerick Aubameyang. 

2. Donyell Malen - PSV Eindhoven

6 Striker Muda Hebat dan Berbakat di Luar Liga Top Eropa! Dailymail.co.uk

Danyell Malen diboyong PSV Eindhoven U23 dari Akademi Arsenal seharga 200 ribu Pounds pada tahun 2017. Semusim berselang, PSV mempromosikan pemain 20 tahun ini ke tim utama. Musim pertama bermain di liga tertinggi Belanda, Malen lebih banyak memulai dari bangku cadangan.

Memasuki musim 2019/2020, pemain bernomor 9 ini menjadi pilihan utama Pelatih Mark van Bommel. Malen berhasil mencetak 10 gol dalam 9 pertandingan pertama di Eredivisie. 5 gol diantarnya diciptakan kala bersua Vitesse. Torehan tersebut membawanya menjadi pemain ketiga di Eredivisie yang mampu mencetak 5 gol dalam 1 pertandingan. Malen juga mencetak gol di debutnya membela timnas Belanda saat mengalahkan timnas Jerman 4-2. 

3. Jonathan David - KAA Gent

6 Striker Muda Hebat dan Berbakat di Luar Liga Top Eropa! Mlssoccer.com

Mungkin namanya masih asing terdengar bagi kita, tetapi pemuda 20 tahun ini telah membuktikan kualitasnya baik di level klub maupun internasional. Saat ini, Jonathan David berseragam KAA Gent. Bersama tim yang berada di peringkat kedua liga Belgia tersebut, David mengumpulkan 18 gol. Torehan itu membawanya menjadi top skor sementara bersama Dieumerci Mbokani.

Prestasi yang berhasil diraih David adalah menjadi top skor Piala CONCACAF 2019 dengan 6 gol. Pencapaian itu membawanya pada prestasi lainnya, yaitu Pemain Terbaik Kanada tahun 2019 di usia 19 tahun! David terpilih dengan statistik yang brilian: mencetak 28 gol untuk klub dan negara.

Baca Juga: Hijrah ke Klub Ternama, Karier 6 Pemain Hebat Ini Malah Meredup

4. Patson Daka - RB Salzburg

6 Striker Muda Hebat dan Berbakat di Luar Liga Top Eropa! Liverpoolfc.com

Patson Daka menjadi mesin gol kedua RB Salzburg di paruh musim 2019/2020 dengan koleksi 14 gol dan 3 assist sepanjang 17 laga. Menjadi tandem Haaland yang memiliki spotlight luar biasa tidak mempengaruhi performa striker 21 tahun ini. Perkembangan ditunjukkan Daka musim ini. Total Daka telah mengemas 22 gol dan 4 assist musim ini di liga, berbeda 19 gol dari koleksi golnya musim lalu.

Sebagai pemain muda, jam terbang sangat penting. Daka juga berhasil mendapatkan penampilan lebih banyak, dengan 38 penampilan. 25 gol dan 8 assist dengan 2.156 menit bermain ia dapatkan musim ini. Kita harus lebih baik dari kita yang kemarin. Dan Daka membuktikan hal tersebut.

5. Myron Boadu - AZ Alkmaar

6 Striker Muda Hebat dan Berbakat di Luar Liga Top Eropa! Tbrfootball.com

Myron Boadu adalah salah satu striker potensial dalam daftar ini. 2 musim bergabung dengan skuat utama AZ Alkmaar, Boadu mulai mengeluarkan tajinya. Boadu mencatatkan 39 penampilan musim ini, dengan 20 gol dan 13 assist. Striker 19 tahun ini membayar kepercayaan pelatih Arne Slot yang memberikan jam terbang dengan kontribusi ciamiknya.

Top skorer ketiga Eredivisie ini juga mendapatkan debutnya di tim nasional Belanda pada 19 November 2019. Dalam laga kontra Estonia, Boadu turut menyumbangkan 1 gol. Saat ini, pemain kelahiran 14 Januari 2001 ini memiliki market value senilai 18 juta Euro.

6. José Juan Macias - Chivas

6 Striker Muda Hebat dan Berbakat di Luar Liga Top Eropa! Futboltotal.com.mx

José Juan Macias menjadi bagian dari skuat Meksiko ketika memenangkan Piala CONCACAF 2019. Macias telah mengoleksi 5 penampilan dengan 4 kali menjebol gawang lawan sejak diberi debut oleh mantan pelatih Barcelona, Gerardo 'Tata' Martino.

Musim ini, pemain bernomor 9 ini telah menyumbangkan 13 gol dan 2 assist. Secara keseluruhan bermain untuk Chivas dan León, Macias mengantongi 82 penampilan. Catatan impresif bagi seorang pemain muda dengan jam terbang tinggi.

Saat ini pemain kelahiran Guadalajara, 22 September 1999 sedang dalam radar Borussia Dortmund. Kesempatan baik bagi pemain dengan postur 178 cm ini untuk meneruskan tinta emas pemain Meksiko yang berkarier di Benua Biru. 

Nah, tidak kalah dengan bintang muda di 5 liga top Eropa kan, mereka? Para wonderkid ini mendapat performa terbaiknya di musim ini ya. Semoga bisa mempertahankan konsistensi dan terus berkembang ya!

Baca Juga: 7 Pemain Hebat Ini Ternyata 'Produk' Ajax Amsterdam

Lukito Wijaya Photo Writer Lukito Wijaya

Sedikit-sedikit buat karya, lama-lama jadi mahakarya. Amin. Twitter: @lukitowijayaa19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya