4 Pemain Keturunan yang Bisa Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas U-19

Seluruhnya punya garis keturunan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Jelang Piala Dunia U-20 2021, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tak ingin kehilangan muka saat tampil sebagai tuan rumah pesta sepak bola paling bergengsi itu. Langkah praktis jadi opsi, yakni membuka peluang Timnas Indonesia menggunakan jasa pemain keturunan dalam ajang itu.

Wacana tersebut terlihat makin serius digencarkan  PSSI. Tercatat, sudah beberapa pemain keturunan yang dicoba Shin Tae-yong. Jack Brown, Elkan Baggott, sampai dua pemain asal Jerman Kelana Mahesa dan Luah Mahesa.

Selain mereka, pelatih asal Korea Selatan itu memastikan diri bakal mencoba pemain keturunan lainnya, termasuk saat menjalani pemusatan latihan (TC) di Belanda nanti. Sebagian besar disebut-sebut merupakan pemain keturunan Indonesia berkewarganegaraan Belanda.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI)  tak menutup peluang pemain-pemain keturunan itu untuk dinaturalisasi. Berikut merupakan nama-nama pemain keturunan Indonesia-Belanda yang berpeluang masuk skuat Timnas U-19 di Piala Dunia 2021:

1. Gilles Joannes

4 Pemain Keturunan yang Bisa Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas U-19Gilles Joannes (Instagram.com/gilagilles)

Gilles Joannes ini tercatat bermain untuk NAC Breda. Dia tampil di Liga Belanda junior bersama klub tersebut untuk tim U-18 sebagai gelandang. Tampil menjaga kedalaman, Gilles tampil sebagai metronom yang mengatur permainan tim.

Gilles punya darah Indonesia dari kakeknya. Dia diketahui sudah terang-terangan menyatakan ketertarikannya memperkuat timnas Indonesia U-19. AkankahGilles menjadi pilihan untuk memperkuat Timnas U-19 Indonesia?

2. Ivar Jenner

4 Pemain Keturunan yang Bisa Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas U-19Ivar Jenner (Instagram.com/ivarjnr)

Pemain uda satu ini memiliki darah Jawa dari sang ayah. Dia kini tengah memperkuat klub asal Belanda, FC Utrecht.

Ivar Jenner dinilai menjanjikan bagi tim Garuda Nusantara. Beberapa kali dia disebut menjadi kapten untuk tim junior FC Utrecht.

Pemain berusia 15 tahun ini layak dipertimbangkan. Dia punya pengalaman bersama klub nya saat ini tampil di divisi teratas liga Belanda.

Baca Juga: PSSI Sudah Beri Kode Naturalisasi Pemain Brasil Sejak Juli 2020

3. Tristan Gooijer

4 Pemain Keturunan yang Bisa Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas U-19Tristan Gooijer (Instagram.com/tristangooijer)

Satu lagi pemain asal Belanda yang punya peluang masuk timnas Indonesia U-19, Tristan Gooijer. Dia diketahui memiliki dua kewarganegaraan, Belanda dan Indonesia.

Pemain Jong Ajax ini diketahui berpaspor resmi Belanda. Tristan bergabung dengan Jong Ajax U-17 sejak usiany 15 tahun.

Pemuda satu ini tercatat pernah menimba ilmu di Almere City FC sebelum akhirnya bergabung dengan akademi Ajax Amsterdam sejak 2016 lalu.

4. Jim Croque

4 Pemain Keturunan yang Bisa Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas U-19Jim Croque (Instagram.com/j.croque9)

Pemain berusia 15 tahun ini kini memperkuat Vitasee, klub yang juga berasal dari Belanda. Dia kini menjadi skuat untuk Vitesee U-17.

Jim diketahui mengidolakan pemain berdarah Polandia yang kini memperkuat tim raksasa Jerman Bayern Munich, Robert Lewandiwski.

Jim punya garis keturunan Indonesia dari ayahnya. Bahkan ayahnya merupakan orang Jawa asli.

Baca Juga: Layakkah Naturalisasi Jadi Opsi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya