Absen 12 Tahun, Tunisia Kembali Berlaga di Piala Dunia

#worldcup2018 Akankah Tunisia berbicara banyak kali ini?

Jakarta, IDN Times – Seperti tim nasional sepak bola lainnya, Tunisia juga mencoba peruntungan dalam Piala Dunia 2018 yang akan digelar mulai 14 Juni mendatang di Rusia. Ini pertama kalinya Tunisia tampil di Piala Dunia setelah absen selama 12 tahun terakhir.

Tunisia didirikan pada tahun 1957 dan berafiliasi dengan FIFA tiga tahun setelahnya, tepatnya tahun 1960. Tim yang dijuluki The Eagles of Carthage ini pertama kali mengikuti piala dunia pada tahun 1978.

Seperti apa peluang Tunisa di Rusia nanti?

1. Kembali setelah absen 12 tahun  

Absen 12 Tahun, Tunisia Kembali Berlaga di Piala Duniafifa.com

Terakhir kali nama Tunisia turut serta dalam ajang Piala Dunia pada tahun 2006. Sejak saat itu, Tunisia tak lagi terdengar namanya dalam deretan nama timnas yang berlaga di Piala Dunia. Dengan kata lain 12 tahun sudah timnas ini absen berlaga di Piala Dunia.

Kini Tunisia kembali, tentu dengan performa yang lebih baik. Pelatih Tunisia, Nabil Maaloul, optimistis timnya bisa bersaing di Piala Dunia 2018.

2. Pernah mengalahkan Meksiko  

Absen 12 Tahun, Tunisia Kembali Berlaga di Piala Duniasoka25east.com

Tercatat satu-satunya kemenangan besar Tunisia di Piala Dunia adalah pertandingan mereka menghadapi Meksiko. Kala itu, tahun 1978 di Argentina, Tunisia menang dengan skor 3-1. Pertandingan ini adalah pertandingan pertama yang dimenangi Tunisia dalam ajang Piala Dunia.

3. Juara di Group A  

Absen 12 Tahun, Tunisia Kembali Berlaga di Piala DuniaThe Sun

Tunisia berhasil lolos menuju pertandingan piala dunia setelah sebelumnya berhasil menjadi juara pada kualifikasi Grup A zona kualifikasi Afrika. Tunisia berhasil mengalahkan Kongo yang berada satu poin di bawah Tunisia.

Di Rusia nanti, Tunisia berada satu grup dengan Inggris, Panama dan Belgia di Group G. Beberapa pihak mengkategorikan group ini merupakan grup ringan. Karena itu peluang Tunisia untuk lolos ke babak 16 besar cukup terbuka lebar.

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Faiz Nashrillah
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya