Comscore Tracker

Aksi Suporter Bawa Bendera Pelangi Saat Duel Portugal vs Uruguay

Suporter nekat masuk lapangan

Jakarta, IDN Times - Seorang penonton yang melakukan aksi pitch invader, membuat heboh saat Portugal vs Uruguay sedang berduel. Dia berlari ke dalam lapangan dengan membawa  bendera pelangi dan menggunakan kaos bertuliskan "Save Ukraina."

Sebagaimana diketahui, Portugal bersua Uruguay dalam duel Grup H Piala Dunia 2022.  Berlangsung di Stadium Lusail Iconic pada Selasa (29/11/2022) dini hari WIB, skuad Selecao das Quinas, mampu menang dua gol tanpa balas.

Sejumlah pemain tampak terkejut akan aksi mendadak yang dilakukan penonton tersebut. Aksi nekat suporte itu sempat . bahkan sempat membuat pertandingan dihentikan beberapa saat. 

Namun, tak berselang lama, pelaku berhasil diamankan petugas. Pemain Portugal dan Uruguay pun melanjutkan pertandingan.

1. Suarakan tiga pesan sekaligus

Aksi Suporter Bawa Bendera Pelangi Saat Duel Portugal vs UruguaySeorang penonton berlari memasuki lapangan pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 (Twitter.com/ESPNFC)

Penonton laki-laki yang melakukan aksinya saat duel Portugal vs Uruguay berlangsung, tentu menjdadi sorotan publik. Apalagi, dia bermaksud memberikan pesan kepada khalayak soal kampanyenya.

Dalam satu kali melakukan aksi, pria tersebut menyampaikan tiga pesan sekaligus. Tak hanya bendera pelangi plus tulisan, Save Ukraine, di bagian depan.dan pesan Respect for Iranian Women.

Pria tersebut berlari ke tengah lapangan sambil membawa dan mengibarkan bendera pelangi yang identik dengan dukungan terhadap kelompok LGBT. Dia seolah menentang aturan yang sebelumnya dibuat FIFA soal kampanye di lapangan hijau. 

Selama ini, gelaran Piala Dunia 2022 memang selalu diterpa isu LGBT. Hal itu memantik problem, sebab beberapa orang bertentangan dengan undang-undang anti-LGBT di negara tersebut.

2. Pelaku diamankan petugas

Aksi Suporter Bawa Bendera Pelangi Saat Duel Portugal vs UruguayPria pembawa bendera pelangi yang masuk ke lapangan pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 diamankan petugas (Twitter.com/@Football__Tweet)

Dilansir Daily Mail, petugas keamanan diketahui sigap ikut masuk ke lapangan saat pria pembawa bendera pelangi tersebut melakukan aksinya. Dia akhirnya bisa diamankan dan digiring pergi pihak keamanan.

Aksi pria tersebut juga kembali membuat Iran menjadi sorotan. Masih jelas dalam ingatan bagaimana skuad Iran memilih tak menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan, hal itu kembali dilakukan sebagai bentuk protes melawan Inggris.

3. Pertandingan dimenangkan Portugal

Aksi Suporter Bawa Bendera Pelangi Saat Duel Portugal vs UruguayBruno Fernandes bawa timnas Portugal menang 2-0 melawan timnas Uruguay di penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Laga alot ini dimenangkan Portugal dengan skor 2-0. Kemenangan ini memastikan Portugal menjadi negara ketiga yang mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Portugal jadi wakil Grup H Piala Dunia 2022 yang melaju. Mereka akan mengikuti jejak Prancis dan Brasil.

Baca Juga: Portugal Hajar Uruguay, Bruno Fernandes Jadi Pahlawan!

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya