Angkat Trofi Piala AFF U-16, Ketum PSSI dan Menpora Disentil Warganet

Keduanya offside saat perayaan gelar Piala AFF U-16

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, serta Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, kena sentil warganet. Itu disebabkan keduanya mengangkat trofi Piala AFF saat Timnas Indonesia U-16 memenangkannya usai menaklukkan Vietnam dengan skor 1-0 di di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022).

Memang, lazimnya trofi juara diangkat oleh kapten tim. Pun, secara moral, itu menjadi penghormatan buat para pemain serta pelatih yang telah berjuang di atas lapangan. Adapun para pejabat teras macam menteri hingga pejabat federasi, seharusnya sebatas memberikannya kepada pemain atau pelatih.

1. Kronologi keduanya angkat piala

Angkat Trofi Piala AFF U-16, Ketum PSSI dan Menpora Disentil WarganetMenpora dan Ketum PSSI ikut mengangkat trofi Piala AFF U-16 (Twitter.com/SiaranBolaLive)

Presiden AFF, Khiev Sameth, hendak memberikan trofi Piala AFF U-16 kepada kapten Timnas U-16, Muhammad Iqbal. Namun, anehnya dalam prosesi tersebut Zainudin dan Iwan Bule (sapaan akrab Iriawan) malah ikut naik ke atas podium.

Mereka pun mengangkat trofi tersebut. Spontan, aksi ini menjadi perhatian dari warganet dan jadi bahan pembicaraan.

Baca Juga: Para Peraih Penghargaan di Piala AFF U-16 2022

2. Ramai-ramai sentil Zainudin dan Iwan Bule

Aksi Zainudin dan Iwan Bule sontak jadi sorotan warganet. Tak sedikit dari mereka yang menyentil aksi keduanya di media sosial.

"Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Iwan Bule diduga melanggar kode etik Perfederasian Sepakbola karena terlibat langsung dalam pengangkatan trophy juara #AFFU16. Keduanya diduga kuat mempunyai misi meningkatkan Popularitas tapi urat malu putus," tulis salah satu warganet di Twitter.

Kebanyakan warganet mempertanyakan alasan Zainudin dan Iwan Bule yang turut mengangkat trofi Piala AFF U-16 2022. Bagi mereka, hak mengangkat piala sepenuhnya ada pada para pemain yang sudah berjuang mengharumkan nama Indonesia.

3. Indonesia juara Piala AFF U-16

Angkat Trofi Piala AFF U-16, Ketum PSSI dan Menpora Disentil WarganetTimnas Indonesia memenangkan gelar juara Piala AFF U-16 2022 (Instagram.com/pssi)

Garuda Asia jadi juara Piala AFF U-16 2022 dengan catatan yang luar biasa. Mereka meraih 100 persen kemenangan dengan produktivitas luar biasa, mencapai 15 gol.

Pun, Timnas U-16 cuma dua kali kebobolan sepanjang turnamen ini. Menariknya lagi, Timnas U-16 menggebuk Vietnam secara back to back di turnamen ini.

Baca Juga: Terimbas Final Piala AFF U-16, Jadwal Main Persik Maju Sehari

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya