AS Roma Buka-bukaan Alasan Rekrut Pemain Timnas Putri Indonesia

Shalika manfaatkan kesempatan gabung Roma buat belajar

Jakarta, IDN Times - Tim wanita AS Roma Calcio resmi merekrut bek Timnas Putri Indonesia, Shalika Aurelia Viandrisa, pada Senin (10/1/2022) lalu. Perekrutan Shalika tentu menjadi kabar bagus buat sepak bola wanita di Indonesia.

Shalika kini akan menjadi barometer sepak bola wanita Indonesia. Sebab, dengan keberhasilannya main bersama Roma, maka kualitas pemain wanita di Indonesia sudah makin dilirik.

Manajemen Roma pun buka suara soal alasan merekrut Shalika. Menurut mereka, Shalika merupakan pemain belakang yang begitu kuat.

"Dia adalah salah satu pesepak bola 'keras kepala' yang akan melakukan apa saja untuk menang. Seorang pemain yang punya fisik dan kepemimpinan yang baik," begitu pernyataan Roma dalam laman resminya.

1. Shalika ingin tingkatkan kemampuan teknis

AS Roma Buka-bukaan Alasan Rekrut Pemain Timnas Putri IndonesiaShalika Aurelia, pemain Timnas Wanita Indonesia (instagram.com/shalika.aurelia)

Roma tak bisa memungkiri kesan baik yang dimiliki saat melihat permainan Shalika. Pesepak bola putri yang lahir pada 2003 itu dinilai sebagai sosok profesional sejati dan begitu militan.

Shalika pernah menjalani trial bersama klub Inggris, West Ham Girls saat usianya masih 16 tahun. Namanya kian dilirik dan Shalika sudah mulai memahami kekuatan dan kelemahannya.

"Kekuatan saya terletak pada pertahanan dan pemotongan aliran bola. Saya sangat ingin meningkatkan kemampuan teknis agar semakin nyaman dengan bola dan membangun serangan," ujar Shalika.

Baca Juga: Penggawa Timnas Wanita Indonesia Gabung AS Roma

2. Shalika ingin belajar

Roma bukan sembarang klub bagi pesepak bola putri. Klub ini jadi salah satu tim putri terbaik di Italia. Namun, melansir dari ANTARA, Roma sempat menurun kualitasnya sejak musim 2011/2012 dan kini berlaga di Serie B. Bagi Shalika, Roma jadi tempat yang baik baginya untuk belajar.

"Tim ini tempat yang bagus bagi saya untuk belajar sebanyak mungkin tentang sepak bola Italia. Saya sangat bersemangat untuk mulai bermain di Serie B dan berikan yang maksimal untuk tim," kata Shalika.

3. Pesepak bola putri Indonesia pertama di klub Eropa

AS Roma Buka-bukaan Alasan Rekrut Pemain Timnas Putri IndonesiaShalika Aurelia. (Instagram.com/shalika.aurelia)

Shalika jadi pemain putri pertama dari Indonesia yang berkarier di klub Eropa. Langkah ini menjadi motivasi bagi rekan-rekan Shalika di timnas putri Indonesia.

"Itu memicu pemain lain untuk berprestasi. Jika Shalika bisa, saya pikir yang lain juga," kata pelatih Timnas Putri, Rudy Eka Priyambada.

Rudy mengaku tak kaget mendengar Shalika bergabung dengan tim besar Eropa. Menurut dia, konsistensi Shalika mengejar mimpinya membuat Shalika layak mendapatkan kesempatan itu.

Baca Juga: 10 Potret Shalika Aurelia, Perempuan Indonesia Pertama di Liga Eropa

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya