Comscore Tracker

Atlet Muslim Indonesia Disuguhi Babi di SEA Games 2019, Benarkah?

Begini penjelasan dari PSSI

Jakarta, IDN Times - Informasi terkait adanya atlet muslim Indonesia mengonsumsi daging babi yang disuguhi penyelenggara SEA Games 2019 di Filipina menyebar cepat hingga ke Tanah Air. Informasi ini beredar sejak pekan lalu.

Dilansir dari Antara, informasi panas tersebut pertama kali diketahui dari pemberitaan media Filipina yang menuliskan "Delegasi Indonesia Tidak Sengaja Memakan Daging Babi di SEA Games." Delegasi yang dimaksudkan adalah delegasi sepak bola Indonesia.

Lantas benarkah informasi tersebut? PSSI memberikan penjelasan.

1. Penjelasan PSSI terkait informasi yang beredar

Atlet Muslim Indonesia Disuguhi Babi di SEA Games 2019, Benarkah?Pemain Timnas U-22, Sani Rizki mencetak gol ke gawang Vietnam dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama.

Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo, membantah kabar soal ada pemain muslim timnas U-22 yang mengonsumsi daging babi. Dilansir dari Antara, gatot mengatakan makanan non-halal hanya dikonsumsi oleh pemain non-muslim.

Sedangkan pemain yang muslim tetap mengonsumsi makanan halal.

Gatot menyebut dirinya telah melakukan wawancara dengan wartawan Filipina terkait makanan selama SEA Games 2019. Dalam wawancara tersebut ditekankan soal tanda pemisah yang jelas antara makanan halal serta non-halal, sehingga memudahkan para delegasi dan atlet muslim menemukan makanan yang boleh mereka konsumsi.

Baca Juga: [LINIMASA] Keping Medali yang Dimenangkan Indonesia di SEA Games 2019!

2. Gatot sempat ungkapkan kekecewaan terhadap panitia SEA Games

Atlet Muslim Indonesia Disuguhi Babi di SEA Games 2019, Benarkah?vectorstock.com

Pada tulisan yang disiarkan media GMA News pada Selasa (26/11), disebutkan PSSI, Gatot Widakdo telah menyatakan kekecewaannya terhadap panitia penyelenggara SEA Games ke-30. Kekecewaan dirasakan Gatot lantaran panitia dianggap gagal memisahkan makanan halal dan non-halal dalam sajian mereka.

Menurut Gatot, Kelalaian panitia tersebut telah membuat dirinya secara tidak sengaja mengonsumsi daging babi di mana dalam ajaran agama yang dianut Gatot termasuk dalam makanan yang diharamkan.

3. Kekecewaan dan kritik bukan hanya datang dari delegasi Indonesia

Atlet Muslim Indonesia Disuguhi Babi di SEA Games 2019, Benarkah?Selebrasi trio penyerang Timnas U-22. Dok.PSSI

Dalam laporannya, GMA News juga menyebutkan, sejumlah atlet Singapura telah menulis surat kepada Panitia Penyelenggara Pesta Olahraga Asia Tenggara Filipina (PHISGOC).

Surat tersebut berisi pernyataan bahwa mereka mengalami sejumlah masalah dengan transportasi, akreditasi, dan juga kurangnya ketersediaan makanan halal.

Sejumlah media nasional juga menuliskan, ada atlet muslim Indonesia yang secara tidak sengaja sempat mengonsumsi daging babi lantaran ketidakjelasan pembagian makanan halal serta non-halal di ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun sekali tersebut. 

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: Presentasi ke PSSI, Luis Milla: Saya Suka Sepak Bola Indonesia!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You