Cuma Kapten yang Boleh Bicara ke Wasit di Euro 2024

UEFA berlakukan beberapa aturan baru

Intinya Sih...

  • UEFA menerapkan aturan baru di Euro 2024, di antaranya hanya kapten tim yang boleh berbicara dengan wasit saat ada protes dalam pertandingan, dan pemain harus menghormati wasit menjaga jarak dengan ofisial. Aturan ini diberlakukan untuk efisiensi waktu.

Jakarta, IDN Times - UEFA menetapkan aturan baru untuk pemain di Euro 2024. Hanya kapten tim yang diizinkan berbicara dengan wasit.

Aturan baru ini diumumkan Direktur Wasit UEFA, Roberto Rosetti. Dialog soal keputusan utama, termasuk terkait VAR, hanya akan berlaku antara wasit dan kapten atau satu pemain yang ditunjuk.

"Kami meminta semua tim memastikan kapten mereka jadi satu-satunya pemain yang berbicara dengan wasit," ujar Rosetti, mengutip Mirror.

1. Penunjukkan pemain lain jika kiper yang jadi kapten

Cuma Kapten yang Boleh Bicara ke Wasit di Euro 2024Manuel Neuer (dfb.de)

Jika penjaga gawang yang menjadi kapten dan berada jauh dari titik permainan saat pemain harus berurusan dengan wasit, maka tim diizinkan menunjuk pemain lain untuk bicara dengan wasit.

Pemain yang ditunjuk harus menghormati wasit dan menjaga jarak dengan ofisial. Pemain juga tidak diizinkan mengelilingi ofisial yang bertugas.

2. Kapten dapat kartu jika dianggap gagal

Cuma Kapten yang Boleh Bicara ke Wasit di Euro 2024Alvaro Morata (x.com/EURO2024)

Aturan ini diberlakukan dengan harapan tidak banyak waktu yang terbuang. Menurut UEFA, akan tidak efektif jika wasit harus menjelaskan kepada seluruh pemain dari kedua kesebelasan jika terjadi protes.

Melansir dari Beinsports, kapten tim akan diganjar kartu jika dianggap gagal mengendalikan rekan setimnya.

3. Bukan untuk wasit

Cuma Kapten yang Boleh Bicara ke Wasit di Euro 2024Harry Kane (instagram.com/harrykane)

Rosetti menegaskan aturan ini diberlakukan bukan semata-mata untuk wasit.

"Kami melakukan ini bukan untuk wasit atau komite wasit UEFA, tetapi untuk sepak bola, citra permainan dan generasi berikutnya," ujar Rosetti, di laman resmi UEFA.

Rosetti mengungkapkan aturan baru ini sudah diinformasikan kepada semua pemain, dan diyakini akan menjadi contoh yang baik untuk era sepak bola berikutnya.

Baca Juga: 4 Striker Veteran Siap Adu Tajam di Grup D Euro 2024

Baca Juga: Prediksi Juara Euro 2024 dari Timnas: Verdonk Belanda, Hubner Prancis

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya