Head to Head: Prancis Superior saat Lawan Maroko

Maroko tak terkalahkan di Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Prancis memiliki modal kuat saat berduel melawan Maroko dalam semifinal Piala Dunia 2022 pada Kamis dini hari WIB (15/12/2022) di Al Bayt Stadium. Selain unggul dalam segi teknis, Prancis juga ternyata begitu digdaya atas Maroko.

Ya, Prancis dan Maroko bukan pertama kalinya bertemu. Mengingat keduanya memiliki hubungan politik yang cukup erat, Prancis dan Maroko sudah sering jumpa di berbagai ajang. Tercatat, mereka sudah tujuh kali jumpa. Bagaimana catatan pertemuan keduanya?

1. Prancis lebih unggul

Head to Head: Prancis Superior saat Lawan MarokoGelandang Prancis, Adrien Rabiot, usai cetak gol ke gawang Australia (Twitter @FIFAWorldCup)

Dilansir 11vs11, Prancis dan Maroko sudah bertemu sebanyak tujuh kali di laga internasional, sejak 1975 silam. Dari tujuh pertemuan tersebut, Prancis unggul telak atas Maroko dengan catatan lima kemenangan dan dua hasil imbang.

Kemenangan terakhir Prancis terjadi di King Hassan II Tournament, 6 Juni 2000 silam. Kala itu, Prancis menang telak atas Maroko, 5-1. Kemudian, pertemuan terakhir terjadi pada 16 November 2007, bertajuk uji coba dan berakhir imbang 2-2.

Baca Juga: Waduh, 2 Bintang Prancis Flu Gara-gara AC di Stadion Piala Dunia

2. Catatan jelek Prancis lawan tim Afrika di Piala Dunia 2022

Head to Head: Prancis Superior saat Lawan MarokoTunisia kalahkan Prancis pada Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Prancis sebenarnya punya catatan yang inkonsisten saat jumpa wakil Afrika di Piala Dunia. Sudah enam kali mereka jumpa tim Afrika di Piala Dunia, hasilnya seimbang, tiga kali menang dan sisanya kalah. 

Terakhir kali wakil Afrika yang dilawan Prancis adalah Tunisia, yakni dalam penyisihan Grup D. Saat itu, Prancis kalah dengan skor 0-1. Kekalahan lainnya dialami Prancis saat jumpa Senegal di Piala Dunia 2002 silam dan Afrika Selatan pada edisi 2010 lalu.

Menariknya, Afrika Selatan juga pernah dikalahkan Prancis di Piala Dunia 1998. Nigeria jadi korban asal Afrika dari Prancis pada Piala Dunia 2014. Saat itu, Nigeria dipermak 0-2. Terakhir, Togo yang dipermak dengan skor serupa pada Piala Dunia 2006.

Dikutip Opta, Prancis punya catatan bagus dalam lima semifinal terakhir di turnamen mayor. Mereka selalu menang dalam lima kesempatan itu.

3. Maroko belum terkalahkan di Piala Dunia 2022

Head to Head: Prancis Superior saat Lawan MarokoTimnas Maroko. (tsn.ca)

Maroko sebenarnya juga datang dengan catatan apik jelang duel lawan Prancis. Sejak mengimbangi Spanyol di Piala Dunia 2018, mereka belum terkalahkan. Rinciannya, dari enam laga, mereka imbang dua kali dan menang dalam empat kesempatan.

Hebatnya, Maroko bisa membuat Belgia, Spanyol, dan Portugal, tersisih dari Piala Dunia.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Jelang Maroko Vs Prancis di Semifinal Piala Dunia 2022

Baca Juga: Taktik Dikritik, Pelatih Maroko: Tim Afrika Bisa Main Cerdas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya