Comscore Tracker

Hendra/Ahsan Bidik Medali Olimpiade Paris 2024

Hendra/Ahsan masih mau tampil di Olimpiade Paris 2024

Jakarta, IDN Times - Ganda putra senior Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, ternyata belum berniat buat pensiun dalam waktu dekat. Bahkan, Hendra/Ahsan masih memendam ambisi buat tampil di Olimpiade Paris 2024.

Meski tak lagi muda, The Daddies tak takut buat bersaing dengan ganda junior lain. Mereka mengaku siap untuk berebut tiket Olimpiade 2024 lewat kualifikasi nanti.

1. Bisa jadi kontestan tertua di Olimpiade

Hendra/Ahsan Bidik Medali Olimpiade Paris 2024Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di Korea Open 2022 (dok. PP PBSI)

Hendra/Ahsan memang sudah tak muda lagi. Hendra saat ini sudah menginjak 39 tahun. Sementara, Ahsan sudah 36 tahun, yang merupakan usia senja buat seorang atlet.

Usai Olimpiade Tokyo 2020, publik mengira keduanya akan pensiun. Apalagi, keduanya sempat mengunggah foto dengan caption penuh kode. Tapi, ternyata mereka masih memendam ambisi main di Olimpiade 2024. 

"Usia memang tidak memihak kami, dan banyak pasangan muda yang lebih cepat, kuat secara fisik saat ini. Tapi, kami punya pengalaman dan ingin bermain di Olimpiade untuk terakhir kali pada 2024 nanti," ujar Hendra mengutip The Star.

Baca Juga: Hendra/Ahsan Terhenti di Perempat Final Malaysia Open 2022

2. Kaya pengalaman di Olimpiade

Hendra/Ahsan Bidik Medali Olimpiade Paris 2024Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di Olimpiade Tokyo 2020 (dok. NOC Indonesia)

Hendra/Ahsan termasuk ganda yang legendaris. Mereka sudah sering tampil di Olimpiade. Hendra lebih dulu memulai kiprahnya di pesta olahraga terbesar dunia itu pada 2008 silam. Kala itu, Hendra berpasangan dengan mendiang Markis Kido dan menjadi juara di Beijing.

Setelahnya, Hendra berpasangan dengan Ahsan di dua edisi Olimpiade. Mereka membela Merah Putih pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan Tokyo 2020.

Sayang, di dua ajang tersebut, Hendra/Ahsan pulang tanpa medali. Prestasi tertinggi diraih keduanya dengan menempati posisi keempat usai kalah melawan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik saat perebutan medali perunggu.

3. Ada enam ganda yang berpotensi wakili Indonesia di Olimpiade

Hendra/Ahsan Bidik Medali Olimpiade Paris 2024IDN Times/PBSI

Indonesia sejatinya memiliki enam ganda putra yang bisa saja tampil di Olimpiade 2024. Sebab, mereka berada di peringkat 30 besar dunia.

Kualifikasi masih panjang, bukan tak mungkin buat mereka menembus babak utama Olimpiade 2024. Dari enam ganda itu, tentu saja Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernadi Gideon jadi andalan karena masih bercokol di peringkat pertama dunia. Setelahnya, Hendra/Ahsan yang menduduki posisi tiga dunia.

Baca Juga: Hendra/Ahsan Balas Dendam, Lolos 16 Besar Malaysia Open 2022

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya