Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Kembali Cek Kondisi SUGBK

Piala AFF digelar di GBK

Jakarta, IDN Times - FIFA akan kembali melakukan kunjungan ke Indonesia pada Januari 2023 mendatang. Ini disampaikan oleh Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK), Rakhmadi Arif Kusumo.

"Sudah bertemu dengan Sekretaris Jenderal PSSI, nanti pada Januari 2023 akan ada kunjungan dari FIFA resmi ke sini, ujar Rakhmadi saat ditemui di Stadion Aquatic GBK, Jakarta pada Senin (13/12/2022).

1. FIFA akan cek rumput GBK

Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Kembali Cek Kondisi SUGBKpotret stadon GBK (medcom.id)

Rakhmadi menjelaskan ada beberapa hal yang akan dibicarakan antara pengelola GBK dengan PSSI. Itu berkaitan dengan isi surat PSSI dengan FIFA yang tak mengizinkan adanya konser Blackpink serta Raisa. Hanya saja, Rakhmadi menyatakan isi surat tersebut menjadi ranah PSSI sepenuhnya.

Terkait agenda FIFA dengan PPKGBK, Rakhmadi menyatakan kalau pengecekan rumput menjadi hal utama.

"FIFA akan datang mengecek lagi, melihat rumput kami seperti apa," ujar Rakhmadi.

Baca Juga: FIFA Larang Konser Raisa dan Blackpink di GBK

2. PPK GBK jamin kualitas rumput ke FIFA

Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Kembali Cek Kondisi SUGBKDirektur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK), Rakhmadi Arif Kusumo (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Rakhmadi menyatakan pihaknya tetap mengutamakan penyelenggaraan kegiatan olahraga di GBK. Kualitas rumput stadion, dijelaskan oleh Rakhmadi, akan dijaga sehingga stadion berkonsep temu gelang itu bisa menjadi arena tempur Piala Dunia U-20.

"Pastinya, kalau GBK fokus utamanya untuk kegiatan olahraga dahulu dan mitigasinya seperti apa. Bisa dilihat juga nanti, setelah digunakan event lain, rumput tetap bagus," ujar Rakhmadi.

3. Siap gelar Piala AFF

Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Kembali Cek Kondisi SUGBKStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

SUGBK tak hanya menjadi arena tempur Piala Dunia U-20, tapi juga Piala AFF. Rakhmadi menegaskan pihaknya siap menyambut Timnas Indonesia untuk bertarung melawan Kamboja dan Thailand di turnamen biennial terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Kalau kami sudah siap. Mengenai pelaksanaannya kapan dan jumlahnya berapa, kami tinggal menunggu dari pihak berwajib dan panitia pelaksana. Silakan saja. Kami dari GBK siap," ujar Rakhmadi.

Baca Juga: FIFA Larang Konser Raisa dan Blackpink di GBK

Baca Juga: Pemakaian GBK untuk Piala AFF 2022 Harus Lewat Izin FIFA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya