Comscore Tracker

Jokowi Minta Vanue Piala Dunia U-20 Segera Diperbaiki

Ada enam stadion yang akan digunakan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta agar vanue penyelenggaraan gelaran Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang segera diperbaiki.

Hal ini disampaikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali, dalam rapat terbatas persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Arahan tersebut ditegaskan mengingat FIFA memberi deadline bagi Indonesia menyoal persiapan vanue pertandingan.

"Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami untuk segera memperbaiki itu karena kita ada deadline. Kira-kira sekitar Oktober," ujar Menpora dalam keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (8/9/2022).

1. Diperlukan sejumlah perbaikan

Jokowi Minta Vanue Piala Dunia U-20 Segera DiperbaikiStadion Manahan (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Menurut Menpora, sebanyak enam lokasi telah disiapkan untuk menjamu gelaran Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

Namun, karena gelaran ditunda selama dua tahun imbas pandemik COVID-19, ada beberapa perbaikan yang harus dipenuhi sesuai dengan standar yang diberikan oleh FIFA.

"Misalnya perbaikan rumput, kemudian perbaikan-perbaikan penerangan, yang tadinya sudah siap tapi karena penundaan itu maka ada kekurangan-kekurangan," ujar Menpora.

2. Kondisi vanue saat ini masih harus dipoles

Jokowi Minta Vanue Piala Dunia U-20 Segera DiperbaikiAntara Foto

Menpora menegaskan, pada bulan Juni lalu, FIFA sudah melakukan inspeksi terhadap sejumlah vanue yang akan digunakan sepanjang gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Beberapa perbaikan diperlukan mengingat lokasi sudah digunakan untuk sejumlah kegiatan. Mulai dari turnamen pra-musim seperti Piala Menpora dan Piala Presiden hingga gelaran akbar ASEAN Para-Games.

"Sehingga Kondisinya masih perlu perbaikan lagi," kata Menpora.

3. Ada enam stadion yang mungkin digunakan

Jokowi Minta Vanue Piala Dunia U-20 Segera DiperbaikiStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Sebelumnya, sempat ada rencana pengurangan jumlah stadion yang akan digunakan untuk gelaran Piala Dunia U-20 pada 2023. Namun, Menpora menegaskan belum ada keputusan resmi dari FIFA terkait hal tersebut.

"Jadi tetap 6 itu masih on. Tergantung inspeksi nanti bulan yang mereka akan datang, ya. Sekitar akhir Oktober lah atau awal November," ujar Menpora.

Baca Juga: 8 Stadion di Indonesia yang Layak Jadi Venue Piala Asia 2023

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya