MU Akhirnya Selesaikan Transfer Rumit Weghorst

Weghorst bergabung hingga Juni 2023

Jakarta, IDN Times - Manchester United akhirnya mendatangkan bomber Belanda, Wout Weghorst, di bursa transfer musim dingin 2023. Pria 30 tahun itu didatangkan Setan Merah sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim nanti. 

Tentu, ini menjadi akhir dari saga rumit transfer Weghorst ke MU. Sebab, kedatangan Weghorst ke Old Trafford sempat terganjal sistem kepemilikan yang rumit.

1. MU harus bayar kompensasi

MU Akhirnya Selesaikan Transfer Rumit WeghorstWout Weghorst bergabung bersama Manchester United (instagram.com/manchesterunited)

Sebenarnya, Weghorst merupakan pemain Burnley yang dipinjamkan ke Besiktas. Karena situasi ini, MU sempat terjebak dalam negosiasi rumit. Burnley dan Besiktas sempat berselisih pendapat.

Hingga akhirnya, Besiktas mau melepas Weghorst dengan syarat adanya kompensasi dan menunda transfer hingga dapat pengganti. Sampai akhirnya, dilansir Goal International, MU sepakat buat membayar tiga juta poundsterling atau setara Rp56,27 miliar demi meminjam Weghorst hingga Juni 2023 mendatang.

Baca Juga: Wout Weghorst, Sinarnya Tertutup  Lewandowski dan Haaland

2. Berambisi hentikan nasib buruk di Premier League

MU Akhirnya Selesaikan Transfer Rumit WeghorstWout Weghorst (premierleague.com)

Sempat meledak bersama VfL Wolfsburg, karier Weghorst mendadak redup saat gabung ke Burnley. Atmosfer Premier League sempat disebut tak cocok dengan pria 30 tahun tersebut.

Sampai akhirnya, Weghorst dipinjamkan ke Besiktas karena cuma cetak dua gol dari 20 penampilan di Premier League. Meski begitu, manajer MU, Erik ten Hag, percaya dengan talenta Weghorst. Hingga akhirnya, dia direkrut. Weghorst pun enggan menyia-nyiakan kepercayaan Ten Hag.

"Saya merasa bangga gabung MU. Saya pernah melawan mereka dan rasanya fantastis ketika punya peluang mengenakan seragam merah kebanggaan klub. Saya mengamati perkembangan MU di bawah Ten Hag musim ini. Tak sabar buat bermain dan memainkan peran saya di klub," ujar Weghorst dikutip situs resmi MU.

3. Militansi Weghorst jadi alasan

MU Akhirnya Selesaikan Transfer Rumit WeghorstWout Weghorst bergabung bersama Manchester United (instagram.com/manchesterunited)

MU memang sedang minim opsi di lini depan pasca ditinggal Cristiano Ronaldo. Tak ada satu pemain pun yang bisa berperan sebagai nomor 9 murni.

Makanya, demi melengkapi kepingan puzzle tim, Ten Hag mendatangkan Weghorst. Kelebihan Weghorst yang lain, disebut Direktur Olahraga MU, John Murtough, adalah etos kerja kerasnya.

"Kami tertarik dengan karakternya yang kuat dan pendekatan keras dalam sepak bola. Dia bisa cocok dengan filosofi Erik dalam membangun skuad. Apalagi, dia punya keinginan besar buat gabung dan menjadi bagian MU meraih sukses musim ini," ujar Murtough.

Baca Juga: 10 Potret Wout Weghorst, Striker Jangkung Andalan VfL Wolsburg

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya