Profil Jude Bellingham: Wonderkid Inggris Incaran Klub Raksasa

Satu-satunya pemain non-premiere league di timnas Inggris

Jakarta, IDN Times - Bintang muda Inggris, Jude Bellingham, menjadi sorotan usai menunjukkan kebolehannya di laga pertama babak penyisihan grup B Piala Dunia 2022. Penampilan menawan di lini tengah skuad The Three Lions, membuat Bellingham kini digadang-gadang sebagai calon pemain muda terbaik di ajang ini.

Timnas Inggris sendiri mampu meraih hasil positif dalam laga perdananya dengan mencukur Iran 6-2 kontra Iran pada Senin (21/11/2022) malam WIB.

Wajar saja bila Bellingham jadi sorotan, terlebih dia membuka keran gol Inggris di Piala Dunia 2022 ini. Tak hanya itu, aksi ciamiknya di lini tengah juga membuat distribusi bola Inggris di pertandingan pertama terlihat baik.

1. Bellingham si anak ajaib skuad Inggris

Profil Jude Bellingham: Wonderkid Inggris Incaran Klub RaksasaJude Bellingham dan Mason Mount di Piala Dunia 2022 (Twitter.com/MasonMount)

Bellingham lahir di Stourbridge, Inggris pada 29 Juni 2003. Pesepak bola berusia 19 tahun itu mengisi posisi gelandang tengah.

Dia memulai kariernya sebagai pesepak bola profesional sejak 2019. Kala itu, Jude Bellingham bergabung dengan Birmingham City.

Dia menjadi pemain tim utama termuda di Birmingham City pada usia 16 tahun 38 hari. Kemudian, dia menjelma jadi pemain muda potensial hingga bergabung dengan Borussia Dortmund.

Bakatnya terus terasah hingga dia jadi bagian penting Dortmund. Hal itu membuat pelatih Inggris, Gareth Southgate, mempercayainya masuk skuad Inggris, Dia pun berhasil menjajaki debutnya di Piala Dunia 2022 Qatar.

Masuk dalam daftar starter XI, anak ajaib Timnas Inggris ini mencetak gol pada menit ke-35. Gol itu membuat permainan Inggris berubah lebih baik hingga bisa mencetak lima gol susulan.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda Inggris Era Southgate, Ada Bellingham

2. Bellingham jadi incaran klub raksasa dunia

Profil Jude Bellingham: Wonderkid Inggris Incaran Klub Raksasapotret Jude Bellingham bersama Timnas Inggris (skysports.com)

Bellingham bukanlah sembarang wonderkid. Namanya menjadi incaran sederet klub raksasa sepak bola dunia. Ini tak terlepas dari penampilan impresifnya selama beberapa musim terakhir.

Di Inggris saja, empat klub besar sempat disebut-sebut menaruh minat pada Jude Belingham. Keempat klub tersebut adalah Manchester City, Liverpool, Manchester United, dan Chelsea.

Namun, Borussia Dortmund yang kini menjadi tempat Bellingham berkiprah, tak berminat melepas talenta muda itu dari skuadnya.

3. Bellingham jadi satu-satunya pemain non-Premier League di skuad Inggris

Profil Jude Bellingham: Wonderkid Inggris Incaran Klub RaksasaJude Bellingham bersama Borussia Dortmund (skysport.com)

Gareth Southgate membawa 26 pemain dalam skuad Inggris untuk Piala Dunia 2022. Dari 26 pemain, hanya Jude Bellingham yang tercatat bukan merupakan pemain Premier League.

Tampil bersama Borussia Dortmund dalam kesehariannya, Bellingham bisa menyihir Bundesliga.

Bellingham memang sukses menjadi primadona di Signal Iduna Park. Membela Borussia Dortmund, Bellingham kerap menorehkan catatan prestasi. Tercatat sembilan gol sudah ditorehkannya dilengkapi dengan tiga assist dari 22 pertandingannya bersama Borussia Dortmund musim ini.

Baca Juga: Bellingham Hingga Gakpo, Potret Meledaknya Wonderkid di Piala Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya