Profil Tim Piala Dunia 2018: Kosta Rika Ingin Ulang Prestasi 2014

#WorldCup2018 Empat tahun lalu tampil bagus

Jakarta, IDN Times - Ajang empat tahunan Piala Dunia 2018 akan kembali hadir. Diadakan di Rusia, tim nasional sepak bola tiap negara berjuang membawa negaranya untuk dapat berlaga memperebutkan gelar juara.

Salah satu pesertanya adalah Kosta Rika. Tim yang berdiri sejak tahun 1921 ini berafiliasi dengan FIFA sejak tahun 1927.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018 Kosta Rika tampil apik dan mendapat satu jatah tiket ke Rusia. Lalu bagaimana kesiapan dan peluang mereka? Berikut ulasannya.

1. Menjadi ajang untuk kelima kalinya  

Profil Tim Piala Dunia 2018: Kosta Rika Ingin Ulang Prestasi 2014Twitter/@fedefutbolcrc

Piala dunia 2018 akan menjadi kali kelima group yang diberi julukan Los Ticos ini berlaga dalam ajang piala dunia. Sebelumnya Los Ticos turut serta pada tahun 1990, 2002, 2006, dan 2014. Pada piala dunia 2014 lalu di Brasil, Los Ticos menampilkan performa terbaiknya di bawah arahan pelatih Jorge Luis Pinto.

Los Ticos sendiri merupakan salah satu julukan yang diterima timnas sepak bola Kosta Rika. Dalam Concacaf, setelah Meksiko dan Amerika Serikat, Kosta Rika merupakan tim paling sukses ketiga.

2. Lolos Piala Dunia di bawah Meksiko

Profil Tim Piala Dunia 2018: Kosta Rika Ingin Ulang Prestasi 2014Twitter/@@fedefutbolcrc

Menjalani babak kualifiaksi piala dunia 2018, Kosta Rika mulai putaran empat di zona Concacaf. Pada putaran terakhir, Kosta Rika berhasil menempati peringkat kedua di bawah Meksiko dan posisi tersebut yang mengantarkan mereka untuk berangkat ke Rusia mengikuti Piala Dunia.

Dari 16 kali pertandingan yang sudah diikuti dalam babak kualifikasi, Kosta Rika menang sebanyak 10 kali, 5 kali seri, dan satu kali kalah. Kekalahan yang didapatkan oleh Kosta Rika ketika melawan Meksiko.

Dalam piala dunia kali ini, Kosta Rika akan tampil dibawah arahan pelatih Oscar Ramirez. Diketahui sebelumnya Oscar merupakan pemain legenda Kosta Rika yang pernah bermain dalam timnas Kosta Rika dalam Piala Dunia tahun 1990 di Italia.

3. 2014 menjadi penampilan terbaik Kosta Rika 

Profil Tim Piala Dunia 2018: Kosta Rika Ingin Ulang Prestasi 2014Twitter/@fedefutbolcrc

Kosta Rika pertama kali mengikuti Piala Dunia pada tahun 1990. Pertandingan Piala dunia terakhir yang diikuti negara ini adalah piala dunia tahun 2014 silam. Dan tercatat tahun 2014 merupakan performa terbaik dari Kosta Rika selama ini.

Pada penyisihan grup empat tahun silam, Kosta Rika tampil sebagai pemuncak klasemen, unggul dari Uruguay bahkan Italia yang gagal lolos ke fase berikut. Perjalanan Kosta Rika baru terhenti di perempat final setelah kalah adu penalti melawan Belanda.

Meski kerap lolos dari fase group, nyatanya Kosta Rika hingga tahun 2014 belum pernah berhasil berlaga di semifinal.

4. Skuad Piala Dunia 2018

Profil Tim Piala Dunia 2018: Kosta Rika Ingin Ulang Prestasi 2014Twitter/@@fedefutbolcrc

Kiper: Keylor Navas (Real Madrid), Patrick Pemberton (Liga Deportiva Alajuelense), Leonel Moreira (CS Herediano).

Belakang: Cristian Gamboa (Celtic), Ian Smith (Santos de Guapiles), Ronald Matarrita (New York City), Bryan Oviedo (Sunderland), Oscar Duarte (Espanyol), Giancarlo Gonzalez (Bologna), Francisco Calvo (Minnesota United), Kendall Waston (Vancouver Whitecaps), Johnny Acosta (Rionegro Aguilas).

Tengah: David Guzman (Portland Timbers), Yeltsin Tejeda (Lausanne-Sport), Celso Borges (Deportivo La Coruna), Randall Azofeifa (CS Herediano), Rodney Wallace (New York City), Bryan Ruiz (Sporting Lisbon), Daniel Colindres, Christian Bolanos (both Deportivo Saprissa).

Depan: Johan Venegas (Deportivo Saprissa), Joel Campbell (Real Betis), Marco Urena (Los Angeles FC).

Baca juga: Profil Tim Piala Dunia 2018: Optimisme Iran

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya