Comscore Tracker

PSSI Prioritaskan Timnas U-19 TC di Belanda, Ini Alasannya!

PSSI minta kepastian pemain naturalisasi pada Agustus 2022

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan terang-terangan memprioritaskan Belanda sebagai tempat pemusatan latihan (TC) bagi Timnas U-19 Indonesia. Ada beberapa pertimbangan yang membuatnya lebih memilih Belanda ketimbang dua kandidat negara Eropa lainnya.

Hal itu diungkapkan Iriawan saat melakukan evaluasi dan pemaparan program kerja bersama Shin Tae Yong terkait Timnas U-19, Rabu (20/7/2022). 

Sebagaimana diketahui, Timnas U-19 kini tengah melakukan persiapan serius jelang kualifikasi Piala Asia U-20 pada 2023.

1. Alasan PSSI lebih pilih Belanda sebagai tempat TC Timnas U-19

PSSI Prioritaskan Timnas U-19 TC di Belanda, Ini Alasannya!Kiper Timnas U-19 Cahya Supriadi tampil menawan di bawah mistar gawang saat mentas di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Seperti diketahui sebelumnya, pasca Piala AFF U-19 2022, PSSI memang berencana membawa skuad Garuda Muda lakukan pemusatan latihan di Eropa. Belanda jadi pilihan utama lantaran banyaknya calon atlet naturalisasi Indonesia yang berdarah Belanda jadi alasan negara kincir angin itu.

Hal itu membuat pemantauan calon pemain naturalisasi bisa lebih mudah lagi. Mereka juga bisa dicoba dalam rangkaian laga uji coba Timnas U-19.

"Di Belanda banyak pemain yang memiliki darah Indonesia. Akan lebih mudah kita melakukan pemusatan latihan (TC) di Belanda ketimbang di negara lainnya. Sebab kita bisa melihat langsung pemain yang kita inginkan," kata Iwan Bule, sapaan Iriawan dalam keterangan resmi PSSI.

Baca Juga: 3 Negara Eropa Jadi Tempat TC Timnas U-19 Indonesia

2. Spanyol dan Portugal juga masuk dalam kandidat tempat TC Timnas U-19

PSSI Prioritaskan Timnas U-19 TC di Belanda, Ini Alasannya!Timnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Belanda bukan satu-satunya negara yang semula dipertimbangkan PSSI untuk jadi tempat pemusatan latihan bagi Timnas U-19. Dua negara lainnya sempat masuk nominasi, yakni Spanyol dan Portugal.

"Kami sedang memilih saja, apakah (TC Timnas U-19) digelar di Spanyol, Portugal, atau Belanda. Kenapa ke Belanda? Karena dari pengajuan Shin Tae Yong kan pemain keturunan itu di Belanda semua," kata Iriawan beberapa waktu sebelumnya.

3. Timnas U-19 bakal gelar uji coba selama TC

PSSI Prioritaskan Timnas U-19 TC di Belanda, Ini Alasannya!Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Shin memang merencanakan akan menggelar TC di Eropa selama 50 hari. Awalnya, akan ada dua negara yang dikabarkan jadi tempat tujuan TC dari Ronaldo Kwateh dan kolega ini pada awal September mendatang.

"Dengan dukungan penuh dari Ketum PSSI, kami akan berangkat ke Eropa, kemungkinan ke dua negara di awal September. Kami bakal menggelar TC selama 50 hari di Eropa nanti," ujar Shin. 

Kemudian Shin Tae Yong juga bicara soal naturalisasi. Saat ini sudah ada beberapa pemain yang menjadi bidikannya. Terkait naturalisasi Timnas U-19 ini, Ketum PSSI meminta nama calon pemain harus sudah diputuskan pada Agustus 2022. 

Baca Juga: Profil Cahya Supriadi: Jatuh Bangun Sang Juru Selamat Timnas U-19  

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya