Comscore Tracker

Sah! Konsorsium Todd Boehly Jadi Pemilik Baru Chelsea

Era Roman Abramovich resmi berakhir

Jakarta, IDN Times - Chelsea dipastikan punya pemilik baru. Tim asal London Barat itu akan resmi berpindah tangan ke konsorsium yang dipimpin oleh Todd Boehly.

"Chelsea mengonfirmasi bahwa telah menyetujui persyaratan untuk kepemilikan baru yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter and Hansjoerg Wyss, untuk mengakuisisi klub," bunyi pernyataan klub di laman resminya, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Abramovich Sangkal Ingin Dapat Cuan dari Penjualan Chelsea

1. Dana investasi senilai 2,5 miliar poundsterling akan digunakan untuk membeli saham di klub

Sah! Konsorsium Todd Boehly Jadi Pemilik Baru Chelseapotret Todd Boehly (football.london)

Nantinya, dana investasi senilai 2,5 miliar poundsterling atau setara Rp44,7 triliun akan digunakan untuk membeli saham di klub

"Dan hasil tersebut akan disimpan ke rekening Bank Inggris yang dibekukan dengan tujuan disumbangkan 100 persen untuk amal sebagaimana dikonfirmasi oleh Roman Abramovich," tulis Chelsea FC.

Guna melakukan transfer dari dana rekening bank Inggris yang dibebukan, persetujuan pemerintah Inggris akan diperlukan.

Baca Juga: 6 Pelatih yang Sukses Bawa Chelsea Raih Trofi Eropa, Siapa Saja?

2. Peralihan kepemilikan akan rampung akhir Mei 2022

Sah! Konsorsium Todd Boehly Jadi Pemilik Baru ChelseaChelsea berhasil meraih kemenangan atas Crystal Palace. (Twitter/@ChelseaFC).

Proses peralihan kepemilikan Chelsea diperkirakan bakal rampung akhir Mei 2022.

Pemilik baru Chelsea disebutkan juga bakal mengeluarkan dana senilai 1,75 miliar poundsterling atau setara Rp31,3 triliun untuk investasi klub.

"Ini termasuk investasi di Stamford Bridge, Akademi, Tim Wanita dan Kingsmeadow serta pendanaan lanjutan untuk Chelsea Foundation."

3. Berakhirnya era Roman Abramovich

Sah! Konsorsium Todd Boehly Jadi Pemilik Baru ChelseaRoman Abramovich (skysports.com)

Chelsea sebelumnya merupakan klub sepak bola Inggris milik Roman Abramovich. Selama masa kepemimpinannya, Chelsea menjelma jadi salah satu raksasa Inggris dan Eropa. The Blues bahkan sukses memenangkan banyak gelar, termasuk Liga Champions.

Keputusan Abramovich menjual Chelsea dilakukan terkait dengan invasi militer yang dilakukan Rusia kepada Ukraina. Abramovich disebut punya hubungan dekat dengan presiden Rusia, Vladimir Putin.

Baca Juga: Performa 5 Pelatih Chelsea Era  Abramovic, Lampard Terburuk 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya