Shin Tae Yong: Bulu Tangkis Olahraga Paling Berprestasi di Indonesia

STY sebut sepak bola paling diminati di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae Yong mengakui cabang olahraga bulu tangkis sebagai cabor paling berprestasi di Indonesia. Dia mengakui prestasi bulu tangkis mengalahkan sepak bola.

"Kalau saya lihat, badminton adalah olahraga paling berprestasi di Indonesia," ujar Shin Tae Yong dalam wawancara di kanal YouTube Myeongjangdeul.

"Tapi sepak bola lebih familiar di masyarakatnya," ujar Shin Tae Yong lagi.

Baca Juga: Shin Tae Yong Minta Pemain Timnas Indonesia Jadi Contoh Baik di Klub

1. Shin Tae Yong sebut peminat sepak bola lebih banyak

Shin Tae Yong: Bulu Tangkis Olahraga Paling Berprestasi di IndonesiaInstagram

Meski bulu tangkis disebut Shin Tae Yong sebagai cabor yang paling berprestasi, peminatnya menurut Shin Tae Yong tak sebanyak sepak bola Tanah Air. Hal ini terlihat dari jumlah penonton yang hadir di tiap laganya.

"Jumlah penonton (sepak bola) rata-rata berkisar 20-30 ribu orang setiap laga," ujar Shin Tae Yong. Tingginya minat dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap sepak bola dinilai Shin Tae Yong sebagai nilai positif.

Baca Juga: Shin Tae Yong Mau Balas Budi ke Klub Asing Usai Piala AFF

2. Shin Tae Yong soroti masalah infrastruktur

Shin Tae Yong: Bulu Tangkis Olahraga Paling Berprestasi di IndonesiaShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Shin Tae Yong memberikan gambaran perbedaan sepak bola di Tanah Air dengan di Korea Selatan. Masalah infrastruktur jadi perhatian utama Shin Tae Yong.

Korea Selatan yang sudah pernah turun bertanding di Piala Dunia, menurut Shin Tae Yong punya infrastruktur yang sudah dibangun dengan sangat baik.

"Sedagkan Indonesia masih sangat lemah dari segi infrasturktur," ujar Shin Tae Yong.

3. Shin Tae Yong optimis sepak bola Indonesia jadi lebih baik

Shin Tae Yong: Bulu Tangkis Olahraga Paling Berprestasi di IndonesiaShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini optimistis permasalahan infrastruktur bisa diatasi oleh Indonesia dengan cepat. Apalagi, gelaran Piala Dunia U-20 2021 ditunda hingga 2023 mendatang.

"Jadi buka tidak mungkin nanti infrastrukturnya jadi lebih baik. Dan sistemnya juga akan lebih baik. Saya berharap itu," ujar Shin Tae Yong.

Baca Juga: Penggawa Timnas Wanita Indonesia Gabung AS Roma

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya