Shin Tae Yong Soroti Performa Elkan Baggott saat Lawan Burundi

Performa Elkan Baggott masih rata-rata air

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengaku tak terlalu puas dengan performa Elkan Baggott dalam laga uji coba kontra Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (25/3/2023) lalu. Shin menilai Elkan belum menunjukkan kualitas sebenarnya.

Namun, Shin tetap memuji performa Elkan selama di lapangan. Main dengan skema tiga bek bersama Jordi Amat dan Rizky Ridho, Elkan dirasa masih memiliki kontribusi besar di lini belakang Timnas.

1. Elkan masih berada di bawah standar

Shin Tae Yong Soroti Performa Elkan Baggott saat Lawan BurundiBek Timnas Indonesia, Elkan Baggott. (Twitter/@PSSI).

Sejak awal kedatangannya, Shin memang sempat mengkhawatirkan kondisi Elkan. Sebab, menurut Shin, Elkan saat itu datang dengan kondisi fisik 70 hingga 80 persen. Maka dari itu, performanya di laga lawan Burundi dirasa hanya berada dalam level standar oleh Shin, belum terlalu memuaskan.

"Untuk pertandingan pertama, tidak jelek. Tapi, saya melihat Elkan tidak sempurna dan 100 persen untuk kondisinya. Ada beberapa kesalahan yang dilakukan Elkan di babak kedua," ujar Shin.

Baca Juga: Senyum Puas Shin Tae Yong Lihat Timnas Indonesia Garang

2. Pertahanan Indonesia sudah lebih kuat

Shin Tae Yong Soroti Performa Elkan Baggott saat Lawan BurundiJordi Amat dan Elkan Baggott dalam sesi latihan Timnas Indonesia. (Instagram/@PSSI).

Meski begitu, performa dari trio Jordi, Elkan, dan Rizky, sudah membuat Shin cukup puas. Memang, diakui Shin, ada beberapa kesalahan yang muncul di babak kedua akibat penurunan konsentrasi. Tapi, itu bisa diatasi.

"Kami akan coba menyiapkan lebih baik lagi dari sekarang. Kita bisa melihat dan menilai pertahanan Timnas sekarang tidak seperti dulu," ujar Shin.

3. Puas dengan penyelesaian akhir pula

Shin Tae Yong Soroti Performa Elkan Baggott saat Lawan BurundiTimnas Indonesia versus Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023). (IDN Times/Tino).

Performa Timnas juga dirasa tak hanya kokoh dari segi pertahanan. Shin menilai Timnas sekarang sudah lebih tajam di depan. Buktinya, Timnas bisa memberondong gawang Burundi tiga kali lewat aksi Yance Sayuri (6'), Dendy Sulistyawan (14'), dan Rizky Ridho (44').

"Penyelesaian akhirnya begitu efektif dan hasilnya berujung baik. Terima kasih buat para pemain," ujar Shin.

Baca Juga: Rindu Riko Simanjuntak Berseragam Timnas Terbayarkan

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya