Suvenir Piala Dunia U-20 Ternyata Tetap Dijual di Pasaran

Bisa dibeli di Alfamart

Jakarta, IDN Times - FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah gelara Piala Dunia U-20 2023. Batalnya Indonesia jadi tuan rumah menimbulkan kerugian bagi beberapa pihak, tak terkecuali bagi pemegang lisensi merchandise resmi Piala Dunia U-20 2023, PT Juara Raga Aditya (Juaraga).

Namun, CEO Juaraga, Mochtar Sarman, menegaskan, pernak-pernik Piala Dunia U-20 tidak akan ditarik dari pasar. Pihaknya, tetap menjual merchandise tersebut di sejumlah toko ritel.

1. Tak mau berfokus pada kerugian materi

Suvenir Piala Dunia U-20 Ternyata Tetap Dijual di PasaranPiala Dunia U-20. (sportingnews.com)

Juaraga memang memiliki misi khusus dalam Piala Dunia U-20. Mereka hendak memecahkan rekor penjualan varian terbanyak dalam merchandise Piala Dunia U-20.

Sebanyak 53 jenis merchandise disiapkan untuk menyemarakkan Piala Dunia U-20, seperti t-shirt, jersey, jaket, celana, sandal, dan berbagai produk lainnya. 

Namun, Indonesia malah batal menjadi tuan rumah. Tentunya, kerugian besar dialami oleh Juaraga karena sudah keluar modal yang banyak. Meski demikian, Juaraga mengaku belum punya data resmi mengenai jumlah kerugian yang dialami.

"Saya mau fokus kepada apa yang sudah kami lakukan, daripada menghitung kerugian materi," ujar Mochtar saat dihubungi IDN Times pada Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: Indonesia Rugi Nyaris Rp1 T Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

2. Penjualan sempat melonjak

Suvenir Piala Dunia U-20 Ternyata Tetap Dijual di PasaranMaskot Piala Dunia U-20 2023 bernama Bacuya. (Dok. Kemenpora).

Sejak diumumkan sebagai pemegang lisensi resmi penjualan merchandise Piala Dunia U-20 pada 8 Maret 2023 lalu, penjualan Juaraga sempat melonjak. Tapi, Mochtar tak bisa merinci sebenarnya berapa banyak produk yang sudah laku.

"Setelah announcement FIFA, penjualan online kami tiba-tiba melonjak. Kami belum bisa rilis kuantitas dulu," ujar Mochtar.

3. Merchandise masih bisa dibeli

Suvenir Piala Dunia U-20 Ternyata Tetap Dijual di PasaranLogo Piala Dunia U-20 2023. (pssi.org).

Meski Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Mochtar memastikan merchandise Piala Dunia masih bisa dibeli oleh masyarakat. Pihaknya tak akan menarik merchandise dari peredaran.

Berdasarkan pantauan langsung IDN Times, di wilayah Cipayung, Jakarta Timur, misalnya, sejumlah Alfamart mengaku sudah mendapatkan informasi akan datangnya merchandise Piala Dunia U-20 ke masing-masing toko mulai malam ini.

"Bisa dibeli di Juaraga store di FX Sudirman. Sudah mulai dijual di beberapa Alfamart. (Barang) yang sudah terdistribusi tidak kami tarik," ujar Mochtar.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Apparel Ini Rugi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya