Timothy Weah: Anak Presiden Liberia, tapi Bela AS di Piala Dunia 2022

Timothy Weah merupakan anak legenda AC Milan George Weah

Jakarta, IDN Times - Gelaran Piala Dunia 2022 agaknya menjadi momentum bersinarnya para pemain muda. Termasuk wonderkid Timnas Amerika Serikat, Timothy Weah.

Timothy mempersembahkan gol pertamanya di Piala Dunia 2022 yang sempat membawa Amerika Serikat unggul. Gol itu tercipta pada menit ke-36 dan membuat AS hampir menang dalam laga di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB.

Sosok Timothy menjadi sorotan tak hanya karena permaianannya yang apik, tapi juga soal latar belakang dirinya.

1. Ayah Timothy merupakan presiden Liberia

Timothy Weah: Anak Presiden Liberia, tapi Bela AS di Piala Dunia 2022Timothy Weah (twitter.com/ @101greatgoals)

Darah sepak bola kental mengalir dalam keluarga Timothy Weah. Dia merupakan anak kandung dari George Weah.

Ya, siapa tak kenal George Weah? Dia merupakan mantan striker Paris Saint-Germain (PSG) dan AC Millan di era 1990-an. George Weah juga tercatat pernah meraih Ballon d'Or 1995.

Bukan hanya sebagai pesepak bola, George Weah juga dikenal sebagai politisi Liberia. George Weah merupakan presiden Liberia yang terpilih pada 2017 lalu dan menjabat hingga sekarang.

Baca Juga: Timothy Weah, Anak Presiden yang Bersinar sebagai Pesepakbola Muda

2. Timothy Weah menjawab impian sang ayah

Timothy Weah: Anak Presiden Liberia, tapi Bela AS di Piala Dunia 2022George Weah (Twitter.com/ @101greatgoals)

Walau punya modal finansial dan network dari sang ayah, Timothy Weah tak mudah meniti kariernya sebagai pesepak bola. Jauh menoleh ke belakang, dia tak pernah ditemani ayahnya untuk serius menggeluti dunia si kulit bundar.

Dia justru memulai sepakbola dengan hal yang unik. Lahir dan dibesarkan di Amerika Serikat, Timothy justru lebih banyak belajar sepak bola ditemani sang ibu, Clar Weah. Maklum, keduanya tinggal berjauhan dari sang ayah, George Weah, yang saat ini menyandang status sebagai Presiden Liberia.

Timothy kecil mulai menjajaki karier sepakbola pada usia sembilan tahun di klub Rosedale. Pemain yang memiliki kekuatan kaki kanan tersebut gonta-ganti klub hingga akhirnya hijrah ke BW Gottschee, klub yang merupakan bagian dari program pengembangan Asosiasi Sepakbola AS.

3. Timothy jadi pemain naturalisasi Amerika Serikat

Timothy Weah: Anak Presiden Liberia, tapi Bela AS di Piala Dunia 2022Timothy Weah (90min.com)

Timothy Weah jadi salah satu pemain naturalisasi timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. Tak sendirian, skuad Amerika Serikat juga memiliki striker muda klub Turki Haji Wright dan pemain berdarah Amerika-Ghana, Yunus Musah.

Timothy Weah sudah membela Timnas Amerika Serikat sejak masuk dalam skuad U-15 pada 2015 lalu. Di usianya yang ke-18, Timothy sukses masuk dalam daftar skuad senior timnas AS.

Tampil di laga pertama Amerika Serika dalam gelaran Piala Dunia 2022, lesakan Timothy menjadi gol tunggal yang diraih skuad AS. Gol yang diciptakannya membawa Amerika Serikat memimpin dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Keberhasilan Timothy Weah sekaligus seolah menjadi pewujud impian sang ayah di Piala Dunia. Walaupun sukses jadi pesepak bola kenamaan di masanya. Namun, George tercatat tak pernah berkesempatan tampil bersama Liberia di ajang piala dunia.

Baca Juga: 11 Potret Timothy Weah, Pemain Bintang Lille Asal Amerika Serikat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya