Comscore Tracker

Hormati Pemainnya Yang Pensiun, Klub Ini Ganti Logo Di Jersey

Seorang legenda memang layak dihormati

Macam-macam bentuk penghormatan yang diberikan oleh suatu klub kepada pemainnya yang pensiun. Entah itu dengan mengabadikan nomor punggung, memberikan kesempatan bermain kepada pemain yang pensiun di pertandingan terakhirnya atau dengan menggunakan jersey khusus.

Seperti yang dilakukan oleh klub asal Spanyol Real Sociedad, mereka memberikan penghormatan dengan mengganti logo klub di jersey dengan wajah pemain mereka yang pensiun, Xabi Prieto. Bakal seperti apa ya jerseynya?

1. Logo wajah Xabi Prieto akan digunakan saat melawan Leganes

Hormati Pemainnya Yang Pensiun, Klub Ini Ganti Logo Di Jerseyespn.com

Dilansir dari BBC, Real Sociedad akan mengganti lambang tim di jersey mereka dengan wajah karikatur pemain yang akan pensiun Xabi Prieto, untuk pertandingan kandang melawan Leganes pada hari Sabtu (12/5/2018).

Prieto yang sekarang berusia 34 tahun layak disebut sebagai seorang legenda dari Sociedad, dirinya telah bermain selama 14 musim bersama klub yang bermarkas di Anoeta ini. 

"Sebuah contoh sejarah layak mendapat langkah bersejarah.  Xabi selalu selalu bermain untuk logo La Real, dan La Real akan memilikinya pada hari Sabtu dalam logo perisai pada pertandingan terakhirnya di Estadio Anoeta," kata klub Real Sociedad dalam sebuah pernyataan resmi.

2. Ini merupakan pertama kalinya Real Sociedad mengganti logo klub

Hormati Pemainnya Yang Pensiun, Klub Ini Ganti Logo Di Jerseybbc.com

Ini akan menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya klub akan mengganti logo lencana bola, mahkota dan bendera yang biasa melekat di jersey mereka.

Karena bermain kandang dan merupakan laga terakhir Sociedad di  Stadion Anoeta musim ini, maka jersey dengan strip putih birulah yang akan digunakan untuk jersey khusus yang terdapat logo wajah Xabi Prieto.

Leganes yang memilliki jersey utama dengan warna yang sama milik Real Sociedad, juga telah setuju untuk menggunakan jersey away berwarna ungu agar Sociedad dapat mengunakan jersey utama kebanggaan mereka, demikian seperti yang dilansir Fourfourtwo.

3. Sepanjang karirnya Xabi Prieto hanya membela Real Sociedad

Hormati Pemainnya Yang Pensiun, Klub Ini Ganti Logo Di Jerseyas.com

Meskipun tidak setenar Totti atau Maldini, Prieto memiliki kesamaan dengan dua pemain legenda tersebut yaitu hanya membela satu klub. Ya, Xabi Prieto adalah sosok one-club man, dirinya cuma membela Real Sociedad dari awal hingga akhir karirnya.

Gelandang Spanyol, yang lahir di San Sebastian, bergabung dengan klub sebagai pemain muda pada tahun 2000 dan bermain lebih dari 530 pertandingan di Sociedad. Prieto masuk lima besar dengan penampilan terbanyak dalam sejarah klub, walaupun tidak pernah mendapatkan gelar.

"Xabi Prieto belum memenangkan gelar, tetapi dia telah mendapatkan rasa hormat dan kekaguman dari semua fans," tulis Sociedad dalam pernyataan resmi. 

Sabtu ini tentu akan jadi pertandingan yang sangat emosional buat  Xabi Prieto dan para fans yang telah bersamanya kurang lebih 15 tahun.

Mirza Fahmi Photo Community Writer Mirza Fahmi

Pencinta kopi dan air hangat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You