3 Pemain Swiss dengan Caps Terbanyak di Skuad Euro 2024

Memiliki peran penting dalam tim

Swiss tergabung dalam Grup A bersama Jerman, Skotlandia, dan Hungaria di Euro 2024. Ini merupakan keikutsertaan Swiss di turnamen besar antarnegara Eropa dalam tiga edisi terakhir secara beruntun.

Melalui Instagram resmi Timnas Swiss, sebanyak 26 pemain telah dipanggil untuk membela Rossocrociati di Euro kali ini. Sang pelatih, Murat Yakin, banyak memanggil pemain yang berkarier di luar Swiss.

Bahkan, beberapa di antara mereka telah mencatatkan banyak penampilan bersama Timnas Swiss. Berikut tiga pemain Swiss dengan caps terbanyak di skuad Euro 2024.

1. Granit Xhaka (126 caps) sebagai kapten tim dan pengatur serangan

3 Pemain Swiss dengan Caps Terbanyak di Skuad Euro 2024Granit Xhaka berseragam Timnas Swiss. (instagram.com/granitxhaka)

Granit Xhaka kembali masuk daftar final Timnas Swiss untuk tampil di Euro. Perannya sebagai pengatur serangan di lini tengah masih sangat dibutuhkan tim. Apalagi, dia baru saja sukses meraih trofi Bundesliga Jerman dan DFB Pokal pada musim pertamanya bersama Bayer Leverkusen.

Pada 2023/2024, Xhaka mampu memainkan 50 laga di semua kompetisi. Bergabungnya dia ke dalam skuad Euro 2024 akan menambah kekuatan Timnas Swiss. Selain mendapat menit bermain dalam 27 laga terakhir Timnas Swiss, Xhaka juga memiliki peran penting sebagai kapten tim.

Kini, dia sudah memiliki 126 caps dan mencatatkan 14 gol serta 12 assist. Capaian itu menjadikannya sebagai pemain Timnas Swiss dengan penampilan terbanyak yang ikut dalam skuad Euro 2024. Euro kali ini menjadi yang ketiga baginya setelah tampil pada Euro 2016 dan 2020.

Baca Juga: 6 Penggawa Kroasia di Euro 2024 yang Main untuk Klub Domestik

2. Xherdan Shaqiri (123 caps) menjadi tumpuan untuk menggedor pertahanan lawan

3 Pemain Swiss dengan Caps Terbanyak di Skuad Euro 2024Xherdan Shaqiri (instagram.com/shaqirixherdan)

Kendati sudah tidak bermain di Eropa, Xherdan Shaqiri masih mendapat kepercayaan untuk memperkuat Timnas Swiss. Dia terdaftar dalam Timnas Swiss untuk Euro 2024. Saat ini, peraih dua trofi Liga Champions Eropa itu bermain untuk Chicago Fire, klub sepak bola asal Amerika Serikat.

Dua musim bermain di Major League Soccer (MLS), Shaqiri sudah memainkan 75 laga dengan mencetak 16 gol dan 13 assist. Dia masih cukup produktif walaupun bermain di liga yang kurang kompetitif seperti liga-liga di Eropa. Itu juga menjadi alasan dia dipanggil untuk bergabung dalam skuad Euro 2024.

Xherdan Shaqiri memiliki 123 caps bersama Timnas Swiss dan menyarangkan 31 gol serta 34 assist. Jumlah itu membuatnya sebagai pemain aktif dengan gol terbanyak bersama Rossocrociati. Selain itu, dia juga masih menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Swiss saat tampil di Euro.

3. Ricardo Rodriguez (116 caps) kurang terkenal, tetapi solid sebagai bek tengah

3 Pemain Swiss dengan Caps Terbanyak di Skuad Euro 2024Ricardo Rodriguez (instagram.com/rrodriguez.68)

Berposisi sebagai bek tengah, Ricardo Rodriguez masih menjadi pemain penting di barisan belakang Timnas Swiss. Itu terlihat dari semua tingkatan turnamen yang sudah pernah dia mainkan bersama Rossocrociati. Saat ini, Rodriguez juga mendapat kesempatan untuk bermain di Euro 2024.

Meskipun debut pada 2011, Ricardo Rodriguez tidak langsung tampil pada Euro 2012. Dia baru bermain di Euro bersama Timnas Swiss pada 2016 dan 2020. Pemain berusia 31 tahun itu memiliki 116 caps bersama Timnas Swiss dan berkontribusi dengan mencetak 9 gol serta 11 assist.

Ricardo Rodriguez baru saja menyelesaikan masa kontrak bersama Torino. Kini, dia berstatus tanpa klub dan bebas menjalin negosiasi dengan tim mana pun. Empat musim bersama Torino, dia mencatatkan 129 penampilan di semua kompetisi dan menorehkan 1 gol serta 3 assist.

Murat Yakin resmi memanggil 26 pemain yang akan memperkuat Timnas Swiss di Euro 2024. Tiga di antaranya berstatus sebagai pemain yang banyak mencatatkan penampilan bersama Timnas Swiss. Kontribusi mereka akan sangat dinantikan pada Euro kali ini.

Baca Juga: 3 Rekor Lain yang Bisa Dipecahkan Lamine Yamal di Euro 2024

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya