Pemegang Gelar Juara Terbanyak Liga Champions UEFA

Mana jagoan kalian?

Liga Champions UEFA adalah kejuaraan antarklub sepak bola tahunan antara klub-klub sepak bola tersukses di Eropa, dan sering dianggap sebagai trofi tingkat klub yang paling prestisius di Eropa.

Kejuaraan ini pertama kali dicetuskan oleh salah satu majalah olah raga Perancis. Trofi berbentuk piala yang dijuluki "The Big Ears" (Telinga Besar), dan trofi pertama berbeda dengan yang sekarang diperebutkan (dibuat oleh Stadellman). Piala yang diperebutkan sekarang adalah edisi ke-6.

Kejuaraan ini dimulai pada musim 1955/56 dengan menggunakan sistem gugur dua leg, yaitu setiap tim bermain dua pertandingan, satu tandang dan satu di kandang, dan tim dengan skor rata-rata tertinggi maju ke babak berikutnya. Hanya tim-tim juara liga di masing-masing negara, ditambah dengan pemegang juara pada saat itu, yang berhak ikut ajang kompetisi ini.

Ajang ini telah diselenggarakan sekitar 61 kali semenjak 1955/56, kini kita akan mengulas klub tersukses di Liga Champions UEFA.

1. Real Madrid CF

Pemegang Gelar Juara Terbanyak Liga Champions UEFAbola.net

Real Madrid baru saja menjuarai Liga Champions 2016/2017. Dengan raihan itu membuat Real Madrid menjadi klub pertama yang berhasil meraih 2 gelar secara berturut-turut setelah Liga Champions berganti format. Kini Real Madrid mengoleksi 12 trofi Liga Champions.

2. AC Milan

Pemegang Gelar Juara Terbanyak Liga Champions UEFAgoal.com

AC Milan merupakan klub tersukses Liga Champions dengan memperoleh 7 gelar juara. Gelar terakhir yang diraih pada tahun 2006/07, dengan mengalahkan Liverpool 2-1 di Stadion Olimpiade, Athena.

3. Liverpool FC, FC Bayern München, dan FC Barcelona

Pemegang Gelar Juara Terbanyak Liga Champions UEFAjuara.net

Sama-sama memperoleh 5 gelar juara Liga Champions UEFA membuat Liverpool FC, FC Bayern München, dan FC Barcelona menjadi klub tersukses di ajang Liga Champions.

4. AFC Ajax

Pemegang Gelar Juara Terbanyak Liga Champions UEFAmediaindonesia.com

Meraih 4 gelar juara dari tahun 1970/71 sampai 1972/73 dan juara tahun 1994/95  menjadikan Ajax sebagai klub salah satu tersukses Liga Champions.

5. Manchester United F.C. dan F.C. Internazionale Milano

Pemegang Gelar Juara Terbanyak Liga Champions UEFAworldsoccertalk.com

Sama-sama memperoleh 3 gelar juara Liga Champions UEFA membuat 2 klub ini menjadi yang kelima tersukses. MU sendiri terakhir memperoleh gelar juara pada tahun 2007/08 dan Inter tahun 2009/10.

Muadz Zamanhuri Photo Writer Muadz Zamanhuri

Tidak ada usaha yang sia-sia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya