Comscore Tracker

5 Pelatih Top yang Dilatih Giovanni Trapattoni Semasa Bermain 

Guru besar para allenatore Italia

Kualitas dan popularitas Serie A Italia pada masa lalu membuat liga ini dikenal sebagai liga para legenda. Tidak hanya menghasilkan pemain-pemain legendaris, Serie A juga berhasil menciptakan pelatih yang tidak kalah legendaris.

Sebut saja Ariggo Sacchi, Marcello Lippi, Fabio Capello, dan Giovanni Trapattoni. Khusus untuk nama terakhir, Trapattoni merupakan pelatih legendaris dengan segudang pengalaman. Dalam karier kepelatihannya, beberapa tim besar seperti Juventus, AC Milan, Inter Milan, Bayern Munich, Benfica, dan VfB Stuttgart pernah ia latih.

Selain itu, Trapattoni juga pernah tercatat menukangi tim nasional Italia dan Republik Irlandia. Tak mengherankan jika banyak sekali pemain yang pernah dilatihnya.

Hebatnya lagi, banyak anak asuhnya kini mengikuti jejaknya sebagai pelatih hebat. Berikut ini kami sajikan lima di antaranya. Check this out!

1. Dino Zoff

5 Pelatih Top yang Dilatih Giovanni Trapattoni Semasa Bermain Dino Zoff (torino.corriere.it)

Sebagai seorang pemain, Dino Zoff merupakan salah satu kiper terbaik sepanjang sejarah sepak bola Italia. Kariernya selama berseragam Juventus serta keberhasilannya membawa Italia juara Piala Dunia 1982 dan Piala Eropa 1968 merupakan yang paling diingat.

Dino Zoff patutnya berterima kasih kepada seorang Giovanni Trapattoni yang berhasil mengangkat namanya selama berseragam Juventus. Di bawah kendali Trapattoni, Dino Zoff mampu mencatatkan 294 pertandingan dari 7 musim kerja sama mereka.

Sebagai seorang pelatih, Zoff juga tak kalah melegenda. Dino Zoff masih dianggap sebagai pelatih terbaik yang berasal dari seorang kiper. Dalam karier kepelatihannya, ia berhasil membawa Juventus menjadi juara Coppa Italia dan UEFA Cup 1989/1990.

2. Stefano Pioli

5 Pelatih Top yang Dilatih Giovanni Trapattoni Semasa Bermain Stefano Pioli (skysports.com)

Penggemar Serie A pasti mengenal Stefano Pioli yang musim ini menjabat sebagai pelatih AC Milan. Pioli merupakan pelatih yang malang melintang melatih tim Serie A sejak 2000. Selain AC Milan, Pioli pernah melatih Fiorentina, Inter Milan, Lazio, Bologna, Parma, dan Chievo Verona di Serie A.

Sama seperti Dino Zoff, Stefano Pioli juga pernah merasakan didikan Trapattoni di Juventus. Hal tersebut terjadi antara 1984—1986. Sebagai seorang bek tengah, Pioli berhasil mencatatkan 46 penampilan dengan sumbangan 1 gol di bawah asuhan Trapattoni.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Melatih Duo Milano, Ada Stefano Pioli

3. Massimiliano Allegri

5 Pelatih Top yang Dilatih Giovanni Trapattoni Semasa Bermain Massimiliano Allegri (skysports.com)

Semasa masih aktif bermain, Massimiliano Allegri memang bukan pemain yang menonjol dan penuh prestasi. Namun, sebagai seorang pelatih, kualitas Allegri memang jempolan. Keberhasilannya membawa Juventus berjaya dalam beberapa musim merupakan yang paling diingat.

Saat masih bermain, Allegri juga pernah dilatih Giovanni Trapattoni pada 1995/1996. Kala itu, Allegri yang berseragam Cagliari memang jarang dimainkan Trapattoni. Ia hanya tercatat melakukan dua penampilan.

4. Antonio Conte

5 Pelatih Top yang Dilatih Giovanni Trapattoni Semasa Bermain Antonio Conte (skysports.com)

Bukan lagi menjadi rahasia umum jika Antonio Conte merupakan sosok yang sukses sebagai seorang pemain dan pelatih. Keberhasilannya membawa Juventus, Chelsea, Bari, dan Inter Milan merupakan bukti kehebatannya sebagai pelatih.

Saat masih aktif bermain, Conte merupakan salah satu andalan Trapattoni saat melatih Juventus pada kali kedua, yakni antara 1991—1994. Selama 3 musim, Conte berhasil mencatatkan 109 penampilan untuk Juventus di bawah asuhan Trapattoni.

5. Gian Piero Gasperini

5 Pelatih Top yang Dilatih Giovanni Trapattoni Semasa Bermain Gian Pier Gasperini (skysports.com)

Nama yang terakhir ialah Gian Piero Gasperini yang dikenal karena keberhasilannya mengangkat nama Atalanta sebagai tim papan atas Serie A saat ini. Sebelum membawa Atalanta berjaya, Gasperini sering dianggap sebagai pelatih biasa saja di Serie A karena sering berkutat di papan tengah.

Sama dengan beberapa nama sebelumnya, Gasperini juga pernah merasakan didikan Trapattoni saat berseragam Juventus. Namun, sayang, dalam kurun waktu 2 musim, Gasperini hanya mampu mencatatkan 9 penampilan dengan catatan 1 gol dan 2 assist sebagai seorang gelandang.

Itulah lima pelatih top yang pernah merasakan didikan Giovanni Trapattoni saat masih aktif bermain. Sebetulnya, beberapa nama di atas hanyalah contoh pelatih hebat yang pernah dilatih Trapattoni.

Selain mereka, nama besar lain seperti Walter Zenga, Jurgen Klinsmann, Niko Kovac, Gennaro Gattuso, Vicenzo Montella, Michael Laudrup, dan Simone Inzaghi juga pernah dilatih sang maestro.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Gagal Juara UCL dalam Dua Kesempatan Final, Ada Allegri

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya