Comscore Tracker

5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland 

Digunakan oleh pemain-pemain yang tak kalah berbakat

Dengan kehebatan plus umurnya yang masih muda, Erling Haaland memang sangat menjanjikan sebagai seorang penyerang tajam masa depan. Perlu diakui jika penyerang asal Norwegia ini merupakan tulang punggung dari tim Borussia Dortmund saat ini.

Sebagai seorang penyerang bernomor 9, Haaland punya tugas utama untuk menjadi juru gedor bagi timnya. Jika menilik ke belakang, terdapat beberapa pemain hebat yang pernah menggunakan nomor punggung 9 yang saat ini digunakan Haaland di Borussia Dortmund.

Jan Koller, Robert Lewandowski dan Lars Ricken merupakan beberapa di antaranya. Namun dalam daftar ini kami sajikan lima pemain Borussia Dortmund yang menggunkan nomor punggung 9, tepat sebelum Erling Haaland menggunakannya, check this out!

1. Robert Lewandowski

5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland Robert Lewandowski (skysports.com)

Jauh sebelum Erling Haaland, Robert Lewandowski pernah menggunakan nomor punggung 9 dan menjadi tulang punggung tim Borussia Dortmund. Pada tahun 2010, Lewandowski didatangkan dari Lech Poznan dan diproyeksikan untuk mengganti Nelson Valdez yang hengkang ke Hercules FC.

Namun di awal kedatangannya, Lewandowski tidak langsung menggunakan nomor punggung 9, melainkan terlebih dahulu menggunakan nomor punggung 7. Barulah di musim keduanya ia mewarisi nomor punggung 9 yang ditinggalkan Nelson Valdez.

Karier Lewandowski di Dortmund mudah diingat karena kombinasi hebatnya bersama Marco Reus dan Mario Gotze. Dari total 4 musim, Lewandowski mampu mencatatkan 103 gol dan 42 assists dari 187 pertandingan.

2. Ciro Immobile

5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland Ciro Immobile (skysports.com)

Mungkin tak banyak yang ingat jika Ciro Immobile pernah berseragam Borussia Dortmund di musim 2014/2015. Kala itu ia didatangkan dari Torino dengan banderol sebesar 18,5 juta euro atau setara dengan Rp296 miliar.

Di awal kedatangannya, Ciro langsung dianugerahi nomor punggung 9 dan diharapkan bisa menggantikan peran Lewandowski yang hengkang ke Bayern Munchen. Namun sayang, harapan tersebut sirna karena Ciro hanya mampu mencetak 3 gol dari 24 pertandingan di ajang Bundesliga. Alhasil di musim selanjutnya ia dijual ke Sevilla dengan harga 11 juta euro saja.

Baca Juga: Tak Cuma Jago Kandang, 6 Pelatih Italia yang Pernah Juara di Liga Lain

3. Emre Mor

5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland Emre Mor (bundesliga.com)

Berlabel sebagai wonderkid potensial, Emre Mor didatangkan oleh Borussia Dortmund dari Nordsjaelland di awal musim 2016/2017. Saat berseragam Die Borussen, Emre Mor mengambil nomor punggung 9 dan bermain di posisi winger kanan.

Kala itu, skuad Borussia Dortmund memang sedang dipenuhi oleh deretan pemain besar, seperti Pierre Aubameyang, Ousmane Dembele, Christian Pulisic dan Marco Reus. Alhasil, Emre Mor sulit untuk mendapatkan menit bermain. Ia pun akhirnya hengkang ke Celta Vigo di musim selanjutnya.

4. Andriy Yarmolenko

5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland Andriy Yarmolenko (talksport.com)

Untuk menambah daya gedor skuad yang ditinggalkan Ousmane Dembele, Emre Mor dan Pierre Aubameyang secara bersamaan, Borussia Dortmund akhirnya mendatangkan Andriy Yarmolenko dari Dynamo Kyiv. Penyerang asal Ukraina ini langsung menggunakan nomor punggung 9 sepeninggal Emre Mor.

Namun sayang, penampilan Andriy Yarmolenko di Borussia Dortmund tak terlalu berbeda dengan Ciro Immobile dan Emre Mor. Pasalnya, ia hanya mampu mencetak 6 gol saja dari 26 pertandingan yang membuat ia dijual ke West Ham United semusim berselang.

5. Paco Alcacer

5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland Paco Alcacer (bundesliga.com)

Setelah mengalami 3 kali kegagalan dalam memilih penerus Robert Lewandowski, Borussia Dortmund akhirnya berhasil mendapatkan yang lebih baik. Dia adalah Paco Alcacer, penyerang asal Spanyol yang dibeli dari Barcelona.

Paco langsung menggunakan nomor punggung 9 sejak didatangkan di awal musim 2018/2019. Di musim pertamanya, ia berhasil tampil luar biasa dengan catatan 18 gol dari 26 pertandingan di Bundesliga dan menjadi andalan di lini serang.

Di musim selanjutnya, Erling Haaland didatangkan Borussia Dortmund di paruh kedua untuk menjadi saingan dari Paco Alcacer. Namun beberapa hari kemudian, Paco ditawar dengan harga tinggi oleh Villarreal. Alhasil ia pun dilepas dan bermain untuk Villarreal hingga saat ini.

Itulah 5 pemain yang menggunakan nomor punggung 9 Borussia Dortmund, tepat sebelum Erling Haaland. Santer terdengar kabar jika Haaland akan pindah klub dalam waktu dekat ini. Statusnya sebagai calon pemain bintang, perlu diakui sebagai pemicunya. Pertanyaannya, apakah Haaland akan pindah? Atau akan setia dan menjadi legenda bersama Die Borussen?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya