5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester United

Warisan dari tanah Skandinavia

Sejak dilatih oleh Sir Alex Ferguson, Manchester United tidak segan untuk mendatangkan pemain-pemain berkualitas dari penjuru dunia demi mengejar target dan meraih gelar prestisius setiap tahunnya. Swedia merupakan salah satu negara yang jasa para pesepak bolanya sering dipakai oleh Manchester United.

Tidak mengherankan karena Swedia selalu punya bakat-bakat hebat yang didukung fisik kuat khas Skandinavia. Sejak berdiri tahun 1902, setidaknya ada 5 pesepak bola terbaik asal Swedia yang pernah berseragam klub Setan Merah. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Jesper Blomqvist

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester Unitednordicfootball.info

Jesper Blomqvist merupakan pemain Swedia pertama yang mencicipi atmosfer Old Trafford. Blomqvist diboyong dari AC Parma pada bulan Juli 1998 dengan banderol 7 juta euro atau yang setara dengan Rp120 miliar rupiah.

Blomqvist merupakan bagian dari skuad juara Manchester United di final Liga Champions 1998/1999. Di partai final Blomqvist bermain sebagai starter dan digantikan oleh Teddy Sheringham di menit 67 yang berhasil mencetak gol penyama kedudukan di menit 90+1.

Total 2 musim Blomqvist membela tim berjuluk Setan Merah ini. Pada awal musim 2001/2002 Blomqvist hengkang ke Everton dengan status free transfer.

Baca Juga: 5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Juventus

2. Bojan Djordjic

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester Unitedshoot.co.uk

Nama selanjutnya adalah sayap kiri keturunan Serbia, Bojan Djordjic. Kala itu Djordjic didatangkan dari klub Swedia bernama Brommapojkarna di usia 17 tahun pada Februari 1999. Namun, berbeda dengan yang lainnya, karier Djordjic di Manchester United justru melempem dan gagal bersinar.

Djordjic lebih banyak dipinjamkan ketimbang bermain di tim utama klub asuhan Sir Alex Ferguson tersebut. Djordjic hanya tercatat tampil 2 kali selama berseragam Manchester United. Ia pun akhirnya pindah secara permanen di pertengahan musim 2004/2005 ke Glasgow Rangers dengan status free transfer.

3. Henrik Larsson

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester Unitedkyrosports.com/Daily Mail

Sebuah kejutan datang pada Januari tahun 2007 kala Sir Alex Ferguson mendatangkan seorang Henrik Larsson ke Old Trafford dengan status pinjaman. Kala didatangkan ke Manchester United, Henrik Larsson sudah tidak lagi muda dan telah menginjak usia 35 tahun.

Ferguson yang terkenal lebih menyukai bakat-bakat muda ini beralasan bahwa kedatangan Larsson hanya akan dijadikan pelapis para striker yang dimilikinya. Larsson dipinjam dari Helsingborg dengan durasi kontrak 10 pekan hingga Liga Swedia dimulai bulan Maret.

Namun, kala membela United, Henrik Larsson justru tampil beringas dan berhasil melebihi ekspektasi. Kontribusi Larsson sangat besar kala dipinjamkan ke United dengan catatan 3 gol 13 pertandingan. Peminjaman Henrik Larsson dianggap menjadi sebuah penyesalan terbesar dalam karier kepelatihan Sir Alex Ferguson yang sangat menginginkan untuk mempermanenkan jasanya kala itu.

4. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester Unitedskysports.com

Setelah melanglang buana ke banyak tim top Eropa, Zlatan Ibrahimovic akhirnya datang ke Manchester United pada bulan Juli 2016 dengan status free transfer dari Paris Saint-Germain. Kontribusi dan permainan hebatnya kala membela PSG di usia yang sudah tak lagi muda menjadi alasan Jose Mourinho merekrutnya.

Zlatan selalu menjadi pilihan utama Mourinho di lini depan United. Selama 2 musim Zlatan berhasil mencatatkan 29 gol dan 10 assists dalam 53 pertandingannya bersama United.

Ia juga berhasil mempersembahkan gelar juara Europa League yang pertama bagi United pada musim 2016/2017. Pada tahun 2018, Zlatan akhirnya memutuskan untuk hijrah ke MLS untuk membela Los Angeles Galaxy.

5. Victor Lindelof

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester Unitedskysports.com

Penampilan hebatnya kala membela Benfica pada musim 2016/2017 membuat menejemen Manchester United akhirnya merekrut seorang Victor Lindelof dengan banderol 35 juta euro atau setara dengan Rp602 miliar. Lindelof dianggap bisa menjadi solusi dari rapuhnya pertahanan United yang diisi oleh Phil Jones dan Chris Smalling kala itu.

Hingga kini Lindelof masih bermain untuk Manchester United. Bek berusia 26 tahun ini telah berhasil memenuhi ekspektasi para fans United dalam pemecahan masalah pertahan United. Kini, bersama Harry Maguire, Lindelof menjelma sebagai salah satu bek terbaik liga yang jago dalam bertahan dan bisa mencetak gol.

 

Itulah 5 pemain berkebangsaan Swedia yang pernah membela Manchester United. Sebagai salah satu kekuatan sepak bola yang mewarisi kekuatan para Viking, pemain Swedia bisa dibilang selalu unggul dalam bakat dan skill dibanding para pesepak bola Skandinavia pada umumnya. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Neraka Victor Lindelof di Old Trafford

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya