5 Pemain Termahal yang Dibeli Newcastle United sebelum Datangnya PIF

Empat di antaranya masih bersama The Magpies

Setelah melalui proses yang cukup lama, Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman akhirnya berhasil mengakuisisi Newcastle United. Melalui perusahaannya yang bernama Public Investment Fund (PIF), Newcastle United diakuisisi seharga 300 juta pound sterling, setara dengan Rp5,7 triliun, dari Mike Ashley yang telah menguasai Newcastle sejak 2007.

Kedatangan pangeran Arab Saudi ke industri sepak bola Inggris mendapatkan sambutan yang sangat baik dari fan Newcastle United sendiri. Fan The Magpies sangat berharap PIF bisa meningkatkan kualitas timnya, terutama dari segi finansial.

Selain itu, diketahui PIF memiliki kas yang lebih besar ketimbang perusahaan yang dimiliki Sheikh Mansour di Manchester City. Dengan hal ini, Newcastle United diprediksi akan mendatangkan pemain bintang dengan harga mahal dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelum kedatangan PIF, Newcastle United juga pernah melakukan beberapa pembelian pemain mahal. Berikut ini daftar lima pemain termahal yang pernah dibeli Newcastle United sebelum kedatangan PIF. Check this out!

1. Joelinton

5 Pemain Termahal yang Dibeli Newcastle United sebelum Datangnya PIFJoelinton (skysports.com)

Terhitung hingga Oktober 2021, Joelinton merupakan pemain termahal yang pernah dibeli oleh Newcastle United. Pada jendela transfer musim panas 2019, striker asal Brasil ini dibeli dari Hoffenheim seharga 44 juta euro atau sekitar Rp730 miliar.

Harga tersebut berani dikeluarkan Newcastle karena potensi besar yang dimiliki oleh Joelinton yang saat itu baru berumur 23 tahun. Namun, sayang, hingga kini Joelinton belum bisa menunjukkan tajinya sebagai striker tajam. Joelinton dinilai tampil angin-anginan dan tampil di bawah ekspektasi.

2. Joe Willock

5 Pemain Termahal yang Dibeli Newcastle United sebelum Datangnya PIFJoe Willock (teamtalk.com)

Pada awal musim ini, Newcastle United harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendatangkan Joe Willock dari Arsenal. Musim lalu, Joe Willock datang ke Newcastle United dengan status pinjaman dan berhasil mencetak 8 gol dari 14 pertandingan.

Dengan permainan hebatnya tersebut, Newcastle United akhirnya memberanikan diri untuk menebus Willock dengan harga 29,4 juta euro atau setara dengan Rp488 miliar. Hingga pekan ke-7 Premier League musim ini, Joe Willock belum berhasil mencetak gol maupun assist, walaupun telah menjadi pemain utama The Magpies.

Baca Juga: Newcastle United Resmi Diakuisisi Konsorsium Arab Saudi

3. Michael Owen

5 Pemain Termahal yang Dibeli Newcastle United sebelum Datangnya PIFMichael Owen (thisisfutbol.com)

Berlabel pemain bintang dan pemenang Ballon d'Or pada usia muda, Newcastle United berani mendatangkan Michael Owen seharga 25 juta euro atau setara dengan Rp415 miliar. Pada 2005, Owen didatangkan dari Real Madrid setelah hanya semusim bermain di La Liga.

Sayangnya, label bintang tersebut tidak berlaku saat Owen berseragam Newcastle United. Walaupun mampu tampil tajam dengan torehan 30 gol dari 79 pertandingan, Owen lebih sering berada di meja operasi karena cedera ligamen yang ia miliki.

4. Miguel Almiron

5 Pemain Termahal yang Dibeli Newcastle United sebelum Datangnya PIFMiguel Almiron (skysports.com)

Andalan di lini tengah Newcastle United dan Timnas Paraguay saat ini, Miguel Almiron juga dibeli dengan banderol yang cukup mahal. Almiron dibeli pada Januari 2019 dari klub MLS, Atlanta United, dengan banderol sebesar 24 juta euro atau setara dengan Rp398 miliar.

Penampilan impresifnya kala bermain pada musim terakhirnya di MLS menjadi dasar ia dibeli mahal oleh Newcastle United. Almiron memang belum memberikan satu pun prestasi bagi The Magpies, tetapi dengan penampilannya yang cukup menjanjikan, Almiron bisa dibilang sebuah pembelian yang tepat.

5. Callum Wilson

5 Pemain Termahal yang Dibeli Newcastle United sebelum Datangnya PIFCallum Wilson (shieldsgazette.com)

Callum Wilson didatangkan Newcastle United musim lalu untuk menambah daya serang Newcastle yang melempem pada musim 2019/2020. Wilson dibeli dari AFC Bournemouth seharga 22,25 juta euro atau setara dengan Rp373 miliar.

Sama seperti pembelian Miguel Almiron, pembelian Callum Wilson juga merupakan keputusan yang tepat bagi Newcastle. Pada musim lalu, striker Timnas Inggris ini mampu mencetak 12 gol dari 26 pertandingan. Musim ini, ia telah mencetak 2 gol dari 3 pertandingan bersamaThe Toon Army.

Itulah lima pemain termahal yang pernah didatangkan Newcastle United sebelum diakuisisi oleh Public Investment Fund di bawah pimpinan Mohammed bin Salman. Dengan kas besar yang dimiliki perusahaan asal Arab Saudi ini, bukan tidak mungkin jika Newcastle United bisa mendatangkan pemain bintang dengan harga mahal guna meningkatkan kualitas timnya. Menurutmu, siapakah pemain bintang pertama yang akan dibeli Newcastle United di bawah pimpinan PIF?

Baca Juga: Jadi Klub Sultan Usai Akuisisi, Selanjutnya Apa Newcastle United?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya