5 Pemain Top yang Pernah Membela Birmingham Sedekade Terakhir 

Ada yang nomor punggungnya sampai dipensiunkan

Satu dekade lalu, Birmingham City berhasil mengejutkan publik sepak bola Inggris dengan mengalahkan Arsenal pada babak final Piala Liga 2010/2011. Musim tersebut juga menjadi musim terakhir Birmingham di kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Terhitung sejak 2011/2012, Birmingham belum mampu kembali ke EPL. Mereka masih berada di Championship hingga kini. Banyak pemain dengan nama besar didatangkan manajemen Birmingham agar tim berjuluk Blues ini bisa kembali ke EPL.

Berikut ini kami sajikan lima pemain top yang pernah membela Birmingham dalam kurun waktu sedekade terakhir. Check this out!

1. Obafemi Martins

5 Pemain Top yang Pernah Membela Birmingham Sedekade Terakhir Obafemi Martins (skysports.com)

Pada 2000-an, nama Obafemi Martins dikenal sebagai salah satu wonderkid yang memiliki potensi besar di tengah persaingan lini serang Inter Milan. Setelah meninggalkan Inter Milan pada 2006, penyerang asal Nigeria ini kemudian berkelana ke banyak klub di Eropa, termasuk Birmingham City.

Obafemi Martins datang ke Birmingham pada Januari 2011 dengan status pinjaman dari Rubin Kazan. Performa Martins di Birmingham memang tidak terlalu bagus. Oleh karena patah kaki yang ia derita, Martins hanya mampu mencatatkan 6 penampilan dengan torehan 2 gol.

2. Alexander Hleb

5 Pemain Top yang Pernah Membela Birmingham Sedekade Terakhir Alexander Hleb (skysports.com)

Walaupun sudah pensiun sejak musim lalu, Alexander Hleb masih dianggap sebagai pesepak bola terbaik dalam sejarah Belarusia. Masa keemasannya terjadi saat ia membela Arsenal pada 2005—2008.

Semenjak pindah ke Barcelona pada 2009, penampilan Hleb dirasa menurun. Untuk mengembalikan performanya tersebut, Hleb sempat dipinjamkan ke Birmingham pada tahun yang sama dengan Obafemi Martins.

Secara penampilan, Hleb cukup diandalkan Birmingham City. Ia mampu mencatatkan 2 gol dan 5 assists dari 25 pertandingan, sekaligus membawa Birgmingham juara Piala Liga walaupun gagal bertahan di EPL.

Baca Juga: 10 Potret Aleksandar Mitrovic, Lewandowskinya Divisi Championship

3. Andros Townsend

5 Pemain Top yang Pernah Membela Birmingham Sedekade Terakhir Andros Townsend (skysports.com)

Andros Towsend merupakan gelandang berkebangsaan Inggris yang malang melintang membela banyak tim EPL. Tottenham Hotspur, Newcastle United, Crystal Palace, dan Watford merupakan beberapa tim yang pernah ia bela. Saat ini, ia merupakan andalan Rafael Benitez di lini tengah Everton.

Sama seperti dua nama sebelumnya, Andros Townsend juga datang ke Birmingham City dengan status pinjaman. Kala itu, ia dipinjam pada paruh musim kedua 2011/2012 dari Tottenham Hotspur.

Pada masa singkatnya tersebut, Andros Townsend berhasil tampil gemilang dan menjadi andalan di lini tengah tim berjuluk Blues ini. Ia mencatatkan 16 pertandingan dengan kontribusi 4 assists dalam kurun waktu 3 bulan saja.

4. Jesse Lingard

5 Pemain Top yang Pernah Membela Birmingham Sedekade Terakhir Jesse Lingard (skysports.com)

Jauh sebelum dikenal seperti sekarang, Jesse Lingard tercatat pernah membela Birmingham City. Hal tersebut terjadi pada 2013/2014, ketika ia dipinjamkan dari tim muda Manchester United.

Sama seperti Andros Townsend dan Obafemi Martins, Lingard memiliki masa yang singkat di Birmingham. Penampilannya yang cukup memuaskan, dengan torehan 6 gol dan 3 assists dari 13 pertandingan, membuat manajemen Manchester United memanggilnya pada paruh kedua musim itu.

5. Jude Bellingham

5 Pemain Top yang Pernah Membela Birmingham Sedekade Terakhir Jude Bellingham (bundesliga.com)

Di Birmingham City, Jude Bellingham telah dianggap sebagai seorang legenda. Bellingham merupakan produk akademi Birmingham pada 2010—2019. Saat dipromosikan untuk mengarungi musim 2019/2020, Bellingham berhasil menampilkan performa yang luar biasa.

Ia mencatatkan 45 penampilan dengan torehan 4 gol dan 2 assists sebagai seorang gelandang. Semusim kemudian, Bellingham dipinang Borussia Dortmund yang menjadi timnya saat ini.

Walaupun hanya bermain semusim di tim utama, Bellingham berhasil memikat hati fans Birmingham. Oleh karena itu, untuk mengenang nama besar Belligham, manajemen memensiunkan nomor punggung 22 yang biasa dipakainya.

Saat ini, Birmingham City tengah berjuang untuk kembali ke kasta tertinggi sepak bola Inggris. Hingga pertandingan ke-18 Championship, Birmingham City masih tertahan di posisi ke-15. Pertanyannya, mampukah Birmingham kembali ke EPL musim depan?

Baca Juga: 9 Potret Jude Bellingham, Gelandang Muda Dortmund Paling Berpotensi!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya