Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari Chelsea

Deretan pemain dengan nama besar

Walaupun sangat jarang mendapatkan gelar juara, label klub besar memang sangat pantas didapat oleh AS Roma. Skuad yang diisi oleh pemain bintang dan konsistensi berada di papan atas klasemen Serie A menjadi alasan AS Roma layak mendapatkan label tersebut.

AS Roma juga sangat aktif dalam bursa transfer. Namun, dari rekam jejaknya, AS Roma lebih sering mendatangkan pemain yang berasal dari liga yang sama. Sedangkan, pemain dari klub luar Serie A, AS Roma masih jarang sekali melakukan interaksi.

Chelsea menjadi salah satu distributor pemain non-Serie A terbanyak bagi AS Roma. Hingga sejauh ini, terhitung lima pemain yang pernah didatangkan AS Roma langsung dari Chelsea. Siapa sajakah kelima nama tersebut? Check this out!

1. Ashley Cole

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari ChelseaAshley Cole (skysports.com)

Pemain AS Roma pertama yang didatangkan dari Chelsea ialah Ashley Cole. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini memang memiliki karier cemerlang selama berseragam The Blues. Selama bertahun-tahun Ashley Cole selalu menjadi andalan, bahkan telah dianggap sebagai seorang legenda klub.

Sebuah kejutan datang ketika Chelsea memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Ashley Cole yang telah bekerja sama selama 8 tahun. Alhasil, pada 2014, Ashley Cole memutuskan untuk pindah ke AS Roma dengan status bebas transfer.

Bersama AS Roma, Ashley Cole hanya mencatatkan 16 penampilan dalam kurun waktu 1,5 musim. Pada 2016, Cole akhirnya memutuskan untuk pindah ke LA Galaxy.

2. Mohamed Salah

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari ChelseaMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Sebelum bersinar dan menjadi pemain berlabel bintang bersama Liverpool, Mohamed Salah pernah memiliki karier yang kurang beruntung bersama Chelsea. Ketimbang bermain di tim utama, penyerang asal Mesir ini lebih sering dipinjamkan ke klub lain. AS Roma adalah salah satunya.

Salah pertama kali mendarat di Roma pada Agustus 2015 dengan status pemain pinjaman. Berkat permainan hebatnya, Salah akhirnya dipermanenkan setahun berselang dengan banderol sebesar 15 juta euro atau setara dengan Rp252 miliar.

Setelah dipermanenkan, Mohamed Salah makin berkembang dan impresif. Setahun berselang, tepatnya pada Juli 2017, Mohamed Salah kembali dijual ke Liverpool dengan keuntungan tiga kali lipat.

Baca Juga: 9 Fakta Felix Afena-Gyan, 'Serigala' Baru AS Roma

3. Davide Zappacosta

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari ChelseaDavide Zappacosta (skysports.com)

Davide Zappacosta merupakan salah satu pemain senior yang kerap bolak-balik dipinjamkan Chelsea. Ketatnya persaingan di posisi bek kanan Chelsea menjadi alasan utamanya. Salah satu klub yang pernah menjadi destinasi peminjaman Zappacosta ialah AS Roma.

Hal tersebut terjadi pada Agustus 2019 dengan durasi peminjaman selama semusim. Namun, sayang, saat dipinjamkan ke AS Roma, pemain berkebangsaan Italia ini juga sangat jarang dimainkan.

Ia hanya mengemas catatan sembilan penampilan dengan kontribusi satu assist. Kehadiran Alessandro Florenzi dan Davide Santon menjadi alasan ia sulit berkembang bersama I Giallorossi.

4. Pedro Rodriguez

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari ChelseaPedro Rodriguez (siamolaroma.it)

Pedro Rodriguez bergabung dengan Chelsea pada 2015 setelah menghabiskan 7 tahun karier profesionalnya bersama Barcelona. Bersama The Blues, pemain sayap berkebangsaan Spanyol ini menghabiskan 5 musim. Ia mencatatkan 206 pertandingan dengan torehan 43 gol dan 28 assist.

Akhirnya, pada awal musim lalu, Pedro memutuskan untuk hengkang ke AS Roma dengan status bebas transfer. Pengalaman dan kecepatannya jelas menjadi hal yang paling diinginkan publik Roma. Namun, sayang, Pedro hanya bertahan setahun bersama AS Roma dan memilih untuk menyeberang ke sang rival, Lazio, pada awal musim ini.

5. Tammy Abraham

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari ChelseaTammy Abraham (skysports.com)

Nama yang terbaru ialah Tammy Abraham didatangkan pada awal musim ini. Kedatangan Romelu Lukaku dari Inter Milan menjadi alasan Abraham harus mencari klub lain untuk mendapatkan menit bermain dan menyelamatkan kariernya.

Alhasil, ia memilih AS Roma yang memboyongnya dengan harga 40 juta euro atau setara dengan Rp672 miliar. Sejauh ini, Abraham masih menjadi andalan Jose Mourinho di lini serang. Ia mencetak 4 gol dari 14 penampilan di Serie A.

Itulah lima pemain yang pernah didatangkan AS Roma dari Chelsea. Dari deretan nama yang ada, hampir seluruhnya merupakan pesepak bola dengan nama besar. Menurutmu seperti apa kontribusi para pemain ini?

Baca Juga: 5 Pemain AS Roma Ini Dijual ke Sesama Klub Serie A dengan Harga Mahal

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya