Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Ghana yang Membela Klub Bundesliga Musim 2021/2022

Sebagian dari mereka memang lahir dan besar di Jerman

Ghana menjadi salah satu negara yang aktif memasok pesepak bola hebat untuk berbagai liga sepak bola di hampir seluruh penjuru dunia. Terutama untuk liga-liga Eropa, khususnya Bundesliga yang cukup meminati pemain asal negara yang memiliki ibu kota di Accra ini.

Dalam sejarah Bundesliga, total ada 43 pemain berkebangsaan Ghana yang pernah merumput di kasta tertinggi sepak bola Jerman tersebut. Untuk musim ini sendiri, setidaknya ada lima pemain asal Ghana yang sedang membela klub-klub Bundesliga.

Siapa sajakah kelima nama tersebut? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya!

1. Kasim Adams

5 Pesepak Bola Ghana yang Membela Klub Bundesliga Musim 2021/2022potret Kasim Adams (ghanasoccernet.com)

Nama pertama ialah Kasim Adams yang berposisi sebagai seorang bek tengah. Kasim Adams didatangkan oleh Hoffenheim dari Young Boys, Swiss, pada Juli 2018 dengan banderol sebesar 8 juta euro atau sekitar Rp131 miliar.

Di Hoffenheim, Kasim Adams bukanlah pemain yang berstatus sebagai pemain inti. Bahkan, pada musim 2019/2020, Adams pernah dipinjamkan selama semusim ke Fortuna Dusseldorf. Namun, sejak musim lalu ia telah cukup sering bermain sebagai pemain cadangan, walaupun di musim ini ia sama sekali belum pernah dimainkan.

2. Kevin-Prince Boateng 

5 Pesepak Bola Ghana yang Membela Klub Bundesliga Musim 2021/2022potret Kevin Prince Boateng (bundesliga.com)

Kevin Prince Boateng merupakan pemain berkebangsaan Ghana paling senior di Bundesliga musim ini. Kakak dari Jerome Boateng ini mulai merumput di Bundesliga sejak Agustus 2005 kala ia dipromosikan dari tim akademi Hertha Berlin.

Sempat berkelana ke banyak tim Eropa dan beberapa tim Bundesliga lain seperti Borussia Dortmund, Schalke 04, dan Eintracht Frankfurt, Kevin Prince akhirnya kembali lagi ke Hertha Berlin pada awal musim ini. Hingga spiletag ke-11 Bundesliga, Kevin Prince baru mengoleksi 7 laga tanpa satupun catatan gol maupun assist.

Baca Juga: 5 Pemain Iran yang Berprestasi di Bundesliga, Semuanya Meraih Trofi!

3. Christopher Antwi-Adjei

5 Pesepak Bola Ghana yang Membela Klub Bundesliga Musim 2021/2022potret Christoper Antwi-Adjei (ghanaweb.com)

Christoper Antwi-Adjei merupakan pemain berkebangsaan Ghana yang lahir dan besar di negara Jerman. Hingga umur yang ke-27 tahun ini, pemain yang berposisi sebagai winger kiri tersebut menghabiskan seluruh kariernya untuk bermain di beberapa tim kecil Liga Jerman.

Musim ini merupakan kali kedua bagi Chrsitopher untuk bermain di kasta tertinggi Bundesliga Jerman. Sebelum didatangkan VfL Bochum di awal musim ini, Christoper pernah bermain di Bundesliga pada musim 2019/2020 untuk SC Padernborn. Hingga kini ia baru mengoleksi 1 assist dari 8 laga yang telah ia mainkan bersama VfL Bochum.

4. Nunoo Sarpei

5 Pesepak Bola Ghana yang Membela Klub Bundesliga Musim 2021/2022potret Nunoo Sarpei (sportsworldghana.com)

Dari tim promosi Bundesliga, Greuther Furth, Nunoo Sarpei menjadi satu-satunya pemain berkebangsaan Ghana di tim tersebut. Walaupun lahir dan besar di Ghana, Sarpei memiliki pengalaman yang cukup banyak di Bundesliga Jerman.

Sejak ia berumur 18 tahun, Sarpei telah menjadi bagian dari VfB Stuttgart walaupun tidak tampil reguler. Sejak tahun 2019, Sarpei menjadi bagian dari tim Greuther Furth dan membantu tim asal wilayah Bavaria ini kembali ke kasta tertinggi sepak bola Jerman musim ini.

5. Raman Chibsah 

5 Pesepak Bola Ghana yang Membela Klub Bundesliga Musim 2021/2022potret Raman Chibsah (ghanasoccernet.com)

Nama yang terakhir dalam daftar ini ialah Raman Chibsah yang berposisi sebagai gelandang. Saat ini Chibsah bermain untuk tim yang sama dengan Christopher Antwi-Adjei, yakni VfL Bochum.

Namun, hingga pekan ke-11, Chibsah belum berhasil melakukan debutnya di Bundesliga. Padahal, pada musim lalu Chibsah cukup berperan membawa VfL Bochum menjadi juara Bundesliga 2, sekaligus membawa tim tersebut promosi ke kasta tertinggi Liga Jerman tersebut sejak tahun 2010.

Itulah 5 pemain berkebangsaan Ghana yang saat ini merumput bersama tim Bundesliga musim 2021/2022. Sejauh ini, Anthony Yeboah, Hans Sarpei, dan Samuel Kuffour menjadi deretan pemain asal Ghana yang memiliki caps paling banyak di Bundesliga. Kevin Prince Boateng juga memiliki peluang besar untuk menyalip ketiga nama tersebut.

Dengan selisih 39 laga dari Samuel Kuffour, mampukah Kevin Prince Boateng menjadi pemain Ghana dengan penampilan terbanyak di Bundesliga?

Baca Juga: 7 Wonderkid Bundesliga yang Patut Diwaspadai di Musim 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya