Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela FC Koln Sedekade Terakhir

Lukas Podolski paling melegenda  

Akhir musim lalu, FC Koln harus finis di posisi ke-16 klasemen Bundeliga. Mereka pun terpaksa menghadapi Holstein Kiel yang berstatus sebagai peringkat tiga di Bundesliga 2. Melalui pertandingan playoff, FC Koln memiliki kesempatan untuk memperbaiki performanya guna bertahan di kasta tertinggi Bundesliga.

Pada fase playoff, FC Koln berhasil unggul dengan agregat 5-2 dari Holstien Kiel. Kemenangan itu memastikan tim berlogo kambing tersebut bertahan di kasta tertinggi Bundesliga. FC Koln memang dikenal sebagai tim yang  kurang stabil dan performanya angin-anginan. Namun, dalam beberapa waktu, FC Koln juga sempat tampil luar biasa dan memiliki materi pemain hebat di skuadnya.

Dalam sedekade terakhir, tercatat beberapa pemain top bolak-balik membela tim asal North Rhine-Westphalia ini. Lantas, siapa sajakah pemain-pemain tersebut? Berikut kami sajikan lima di antaranya. Check this out! 

1. Jonas Hector

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela FC Koln Sedekade TerakhirJonas Hector (express.de)

Nama pertama ialah Jonas Hector. Ia saat ini masih berstatus sebagai pemain FC Koln. Jonas Hector pertama kali datang ke FC Koln pada 2010 dari SV Auersmacher yang berada di kasta keenam Bundesliga.

Jonas Hector menjadi andalan FC Koln. Ia bahkan berstatus kapten tim. Nama Jonas Hector sempat menjadi hot prospect kala tampil luar biasa bersama Timnas Jerman di gelaran Euro 2016 dan Piala Konfederasi 2017. Namun, Jonas Hector lebih memilih untuk menetap bersama FC Koln walaupun tim ini sempat terdegradasi pada akhir musim 2017/2018.

2. Timo Horn

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela FC Koln Sedekade TerakhirTimo Horn (bundesliga.com)

Bersama Jonas Hector, Timo Horn menjadi simbol kesetiaan pemain terhadap tim FC Koln. Timo Horn merupakan produk asli akademi FC Koln pada 2002—2010. Pada 2011, Timo Horn akhirnya dipromosikan ke tim utama dari tim kedua FC Koln yang berada di kasta keempat.

Sama seperti Jonas Hector, Timo Horn juga sempat mendapatkan tawaran untuk pindah ke tim yang lebih besar seperti Liverpool, Arsenal, dan Everton, tetapi memilih setia untuk membela FC Koln yang menjadi klub asal tanah kelahirannya.

Baca Juga: 10 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Bundesliga Jerman

3. Lukas Podolski

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela FC Koln Sedekade TerakhirLukas Podolski (bundesliga.com)

Legenda Timnas Jerman, Lukas Podolski, merupakan salah satu talenta terbaik FC Koln. Podolski telah menjadi bagian dari akademi FC Koln pada 1995 hingga dipromosikan ke skuad senior pada 2003.

Pada 2006, Podolski sempat bergabung bersama Bayern Munchen. Namun, kembali lagi memperkuat FC Koln tiga tahun setelahnya. Podolski baru hengkang ke Arsenal pada 2012. Pemain keturunan Polandia ini berhasil mencatatkan 86 gol dan 42 assist untuk FC Koln dari total 6 musim dalam 2 kali kesempatan berbeda.

4. Claudio Pizzaro

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela FC Koln Sedekade TerakhirClaudio Pizzaro (bundesliga.com)

Tidak banyak yang menyadari jika Claudio Pizzaro pernah berseragam FC Koln pada musim 2017/2018. Kala itu, Pizzaro yang baru dilepas Werder Bremen akhirnya memilih bergabung dengan FC Koln dengan status free transfer.

Namun, selama berseragam FC Koln, penampilan Pizzaro sangatlah jauh dari ekspektasi. Ia hanya mampu mencetak 1 gol serta 1 assist dari 16 pertandingan dan tidak bisa menyelamatkan FC Koln dari jurang degradasi. Pada musim selanjutnya, Pizzaro akhirnya memutuskan untuk kembali ke Werder Bremen dan pensiun di klub yang membesarkan namanya tersebut.

5. Max Meyer

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela FC Koln Sedekade TerakhirMax Mayer (archyde.com)

Nama Max Meyer sempat melejit kala dianggap sebagai wonderkid Jerman. Namun, saat bergabung dengan Crystal Palace, penampilannya justru menurun dan jauh dari kata bersinar.

Pada awal tahun ini, Max Meyer akhirnya memutuskan untuk pindah ke FC Koln guna mengembalikan performanya seperti dulu. Sayangnya, ia tidak juga bersinar bersama FC Koln. Alhasil, pada akhir musim, Max Meyer memutuskan untuk mencari peruntungan di Liga Turki dengan bergabung bersama Fenerbahce.

Itulah lima pemain top yang pernah membela FC Koln dalam kurun waktu sedekade terakhir. Menurutmu, akankah FC Koln memperbaiki performa mereka di Bundesliga musim ini?

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Juara Bundesliga Bersama Munchen dan Dortmund

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang skripsinya udah di-acc. Horeee!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya