Comscore Tracker

5 Tim Premier League Tertua di Musim 2021/2022, Usia Lebih dari 1 Abad

Eksis selama 147 tahun, Aston Villa teratas 

Walaupun kompetisi Premier League baru dilaksanakan pada musim 1992/1993, namun peserta kompetisi ini merupakan klub-klub yang memiliki sejarah panjang. Faktanya, seluruh klub yang berlaga di EPL musim ini telah berumur lebih dari 1 abad.

Pertanyaannya, tim manakah yang menjadi klub tertua di antara 20 nama peserta yang ada? Untuk menguliknya lebih jauh, kami sajikan ulasan mengenai 5 klub tertua yang menjadi peserta EPL musim 2021/2022. Check this out!

1. Aston Villa

5 Tim Premier League Tertua di Musim 2021/2022, Usia Lebih dari 1 AbadAston Villa (skysports.com)

Klub tertua yang musim ini berlaga di EPL ialah Aston Villa. Klub yang berasal dari wilayah Birmingham ini berdiri pada 21 November 1874 dan kini telah berusia 147 tahun. Bicara soal prestasi sebagai sebuah klub, Aston Villa memang cukup bersinar.

Klub yang sekarang  berada di bawah arahan Steven Gerrard ini tercatat 7 kali menjadi juara Liga Inggris, walaupun belum pernah menjadi juara EPL. Istimewanya lagi, mereka menjadi salah satu tim Inggris yang berhasil menjadi juara Liga Champions, tepatnya pada tahun 1982.

2. Wolverhampton Wanderers

5 Tim Premier League Tertua di Musim 2021/2022, Usia Lebih dari 1 AbadWolverhampton Wanderers (skysports.com)

Wolverhampton Wanderers atau yang biasa dikenal dengan nama Wolves, berdiri pada tahun 1877 dengan nama St. Luke FC. Barulah pada bulan Agustus 1989, klub yang bermarkas di Molineux Stadium ini resmi mengganti nama menjadi Wolverhampton Wanderers hingga sekarang.

Perjalanan Wolves di kancah liga Inggris juga cukup baik. Di medio 50-an, Wolves berhasil berjaya dengan memenangkan 3 gelar juara Liga Inggris, 1 Piala FA dan 2 Piala Community Shield. Jika dilihat performanya saat ini, Wolves juga memiliki kualitas yang hebat dan sering menjadi sandungan tim-tim besar.

Baca Juga: 5 Pemain Mahal Premier League, Harganya Nyaris Rp2 Triliun

3. Everton

5 Tim Premier League Tertua di Musim 2021/2022, Usia Lebih dari 1 AbadEverton (irishtimes.com)

Di wilayah Merseyside, Everton merupakan klub yang tertua. Saat pertama kali didirikan pada tahun 1878, Eveton merupakan sebuah tim kriket dengan nama St. Domingo’s FC. Barulah pada tahun 1879, mereka bergamti nama menjadi Everton dan baru terjun di dunia sepak bola pada tahun 1888.

Sejak lama klub berjuluk The Toffees ini dikenal sebagai sebuah tim besar yang sering kali mengganggu dominasi big four atau big six saat ini. 9 kali gelar juara Liga Inggris, 5 kali FA Cup dan 9 Community Shield merupakan prestasi yang patut mereka banggakan.

4. Manchester United

5 Tim Premier League Tertua di Musim 2021/2022, Usia Lebih dari 1 AbadPemain Manchester United (soccer.nbcsports.com)

Penggemar EPL pasti mengakui jika Manchester United merupakan klub tersukses di era modern sepak bola Inggris. 13 kali gelar juara EPL milik United menjadi yang terbanyak di antara seluruh klub Liga Inggris yang tersebar di berbagai divisi.

Dalam sejarahnya, Manchester United berdiri pada tahun 1878 dengan nama Newton Heath LYR FC. Barulah pada tahun 1902, mereka berganti nama menjadi Manchester United yang bertahan hingga sekarang.

Walaupun dalam sejarahnya tercatat di tahun 1878, tetapi fans Manchester United lebih mengakui tanggal 26 April 1902 sebagai lahirnya klub berjuluk The Red Devils ini.

5. Watford

5 Tim Premier League Tertua di Musim 2021/2022, Usia Lebih dari 1 AbadWatford (skysports.com)

Nama yang terakhir ialah Watford yang berstatus sebagai klub promosi musim ini. Klub yang berasal dari wilayah Hertfordshire ini didirikan pada tahun 1881 dengan nama Watford Rovers sebagai sebuah tim sepak bola amatir.

Kompetisi resmi yang ada baru mereka ikuti pada tahun 1886, yakni dalam ajang Piala FA. Secara prestasi, Watford merupakan yang terburuk di antara nama lain dalam daftar ini. Pasalnya klub berjuluk The Hornets ini belum pernah sama sekali menjadi juara di kompetisi resmi mana pun.

EPL memang memiliki sejarah yang panjang dan menarik untuk diikuti. Penggunaan nomor punggung dan siaran sepak bola pertama di dunia juga berasal dari liga yang disebut-sebut sebagai kompetisi sepak bola terbaik dunia saat ini.

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya