7 Pemain Bintang yang Pernah Kena Kutukan Nomor Punggung 9 Chelsea

Jauh dari ekspektasi!

Frank Lampard resmi dipecat dari kursi kepelatihan Chelsea 25 Januari lalu dan Thomas Tuchel akhirnya langsung ditunjuk untuk mengisi posisi kosong tersebut. Penampilan Chelsea yang tidak konsisten ditengarai menjadi salah satu penyebab Lampard dipecat. Namun, bila diteliti secara lebih mendalam, mandeknya lini serang adalah permasalahan utamanya.

Kehadiran Timo Werner, Kai Havertz, dan Hakim Ziyech masih belum bisa memberikan kontribusi maksimal kepada ketajaman Chelsea di lini depan. Bila dibandingkan, lini pertahanan Chelsea yang diisi oleh Kurt Zouma, Thiago Silva, dan Ben Chilwell jauh lebih produktif untuk posisinya dalam skuad ini.

Hal yang sama juga terjadi pada penyerang lainnya, semacam Olivier Giroud dan Tammy Abraham yang masih belum bisa menunjukkan tajinya sebagai penyerang yang berkualitas. Terutama untuk Tammy Abraham yang digadang-gadang akan menjadi striker tajam masa depan Inggris. Hingga pekan ke-20 Premier League, Tammy baru mengemas 6 gol dari 17 laga dan sangat jauh dari harapan banyak pihak.

Kurang produktifnya Tammy Abraham selalu dikait-kaitkan dengan mitos terhadap kutukan nomor 9 yang ada di skuad Chelsea mengingat kini dirinya juga mengenakan nomor punggung kutukan tersebut. Setidaknya ada 7 nama pemain bintang yang dianggap sial dan terkena kutukan nomor 9 milik Chelsea ini. Berikut daftarnya!

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Bisa Bersinar Lagi di Bawah Asuhan Thomas Tuchel

1. Hernan Crespo

7 Pemain Bintang yang Pernah Kena Kutukan Nomor Punggung 9 Chelsea90min.com

Datang pada tahun 2003 dengan banderol 26 juta euro dari Inter Milan, Hernan Crespo diharapkan bisa menjadi striker tajam di awal era Roman Abrahamovich mengakuisisi Chelsea. Crespo yang telah lama bermain di Serie A bersama Parma, Lazio, dan Inter Milan, dijadikan salah satu opsi pembelian Claudio Ranieri yang kala itu menjadi juru taktik Chelsea dengan harapan dapat menerjemahkan gaya main klasik khas Italia ala Ranieri.

Crespo dianggap gagal karena tidak bisa memenuhi ekspektasi tim dan juga fans untuk menjadi penyerang tajam di skuad The Blues. Selama kariernya di Chelsea, legenda tim nasional Argentina ini lebih sering dipinjamkan ke klub lain seperti Inter Milan dan AC Milan. Alhasil pada tahun 2008, Crespo kembali lagi ke Inter Milan dengan status bebas transfer.

2. Mateja Kezman

7 Pemain Bintang yang Pernah Kena Kutukan Nomor Punggung 9 Chelseaskysports.com

Menjadi salah satu pemain berbakat pada masanya, Jose Mourinho yang kala itu baru melatih Chelsea, kepincut untuk mendatangkan seorang Mateja Kezman dari PSV Eindhoven. Kala masih bermain bersama PSV, Kezman dikenal sebagai striker muda yang berbakat dan sangat tajam. Raihan 129 gol dari 176 penampilannya bersama PSV merupakan bukti ketajamannya.

Dengan ketajamannya tersebut, Kezman sangat diharapkan untuk dapat bersinar bersama Chelsea di Premier League. Namun sayang, penampilan Kezman di Chelsea justru melempem. Kezman hanya bertahan satu musim sebelum akhirnya pindah ke Atletico Madrid pada musim selanjutnya.

3. Khalid Boulahrouz

7 Pemain Bintang yang Pernah Kena Kutukan Nomor Punggung 9 Chelseaplanetfootball.com

Umumnya nomor punggung 9 dikenakan oleh seorang striker. Berbeda dengan Khalid Boulahrouz yang berposisi sebagai bek tengah, dirinya memilih menggunakan nomor punggung 9 kala ia bergabung dengan Chelsea pada tahun 2006.

Keputusannya menggunakan nomor punggung 9 ini disebabkan dirinya tidak menyukai nomor-nomor besar. Pada saat kedatangannya di Stamford Bridge, hanya ada nomor punggung 9, 45, dan 47 yang tersisa dalam tim. Oleh karena itu, Ia lebih memilih mengenakan nomor punggung 9 karena alasan tersebut.

Namun sayang, karier Boulahrouz tidak berjalan sesuai rencana. Boulahrouz hanya tampil sebanyak 23 laga dalam dua tahun kariernya bersama Chelsea sebelum akhirnya ia pindah ke VfB Stuttgart tahun 2008. Perjalanan Boulahrouz di Chelsea pun lebih dikenal dengan nyentriknya nomor punggung yang ia kenakan ketimbang kontribusinya bersama tim.

4. Fernando Torres

7 Pemain Bintang yang Pernah Kena Kutukan Nomor Punggung 9 Chelseagoal.com

Sempat menghebohkan publik sepak bola Inggris pada tahun 2011, kepindahan Fernando Torres ke Chelsea akhirnya terealisasikan. Torres yang kala itu sedang dalam performa terbaiknya bersama Liverpool, dibeli dengan biaya 50 juta poundsterling dan menjadi transfer termahal Chelsea kala itu.

Kedatangan Torres diproyeksikan untuk menggantikan peran Didier Drogba yang mulai tumpul di lini depan Chelsea. Sayangnya, performa Torres di Chelsea tidak sesuai dengan harapan. Torres lebih sering berkutat dengan cedera dan hanya mampu mencetak 45 gol dari 172 penampilan.

Salah satu momen terbaik Torres bersama Chelsea dicatatkan kala dirinya berhasil mencetak gol solo run ke gawang Barcelona di semifinal Liga Champions musim 2011/2012. Gol tersebut sekaligus membawa tim asuhan Roberto Di Matteo melaju ke final dan berhasil mengukuhkan diri sebagai juara Liga Champions untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Bayern Munchen di babak final.

5. Radamel Falcao

7 Pemain Bintang yang Pernah Kena Kutukan Nomor Punggung 9 Chelseaskysports.com

Radamel Falcao dikenal sebagai salah satu striker yang sangat tajam kala masih membela FC Porto dan Atletico Madrid. Bahkan, saat masih membela Atletico Madrid, Falcao dinobatkan sebagai top skor Europa League 2 kali secara berturut-turut, yakni di musim 2010/2011 dan 2011/2012.

Namun, saat bergabung dengan Chelsea, ketajaman Falcao seolah-olah hilang. Falcao bergabung dari AS Monaco ke Chelsea dengan status pinjaman kala itu. Sayangnya, Falcao lebih sering berkutat dengan cedera ketimbang bermain reguler bersama tim. Falcao hanya bisa mencetak 1 gol dari 12 penampilannya selama bermain untuk tim asal London tersebut.

6. Alvaro Morata

7 Pemain Bintang yang Pernah Kena Kutukan Nomor Punggung 9 Chelseagoal.com

Alvaro Morata menjadi pemain kedua asal Spanyol yang dianggap terkena kutukan nomor 9 milik Chelsea. Ekspektasi tinggi menghinggapi Morata kala Ia diboyong dari Real Madrid dengan banderol 66 juta poundsterling pada tahun 2017.

Lagi-lagi, ekspektasi tinggi fans dan menejemen Chelsea harus pupus. Pembelian mahal Morata jauh dari harapan. Morata hanya bisa mencetak 15 gol 48 laga kala berseragam The Blues. Morata sempat dipinjamkan ke Atletico Madrid pada tahun 2019 sebelum akhirnya pindah secara permanen setahun berselang.

7. Gonzalo Higuain

7 Pemain Bintang yang Pernah Kena Kutukan Nomor Punggung 9 Chelseaskysports.com

Menjadi salah satu pemain kunci Maurizio Sarri kala masih membesut Napoli, kedatangan Gonzalo Higuain ke Stamford Bridge diharapkan bisa mengulangi kisah sukses tersebut. Higuain didatangkan dari Juventus dengan status pemain pinjaman di bursa transfer musim dingin tahun 2019.

Bersama Chelsea, Higuain hanya bermain satu musim karena penampilannya jauh dari kata memuaskan. Higuain hanya bisa mencetak 5 gol selama semusim bersama Chelsea. Dirinya gagal membayar kepercayaan Maurizio Sarri untuk bisa mengulang masa indah mereka kala masih di Napoli.

 

Itulah 7 pemain bintang yang dianggap terkena sial akibat kutukan nomor punggung 9 milik Chelsea. Selain tujuh nama tersebut, ada nama Steve Sidwell dan Franco Di Santo yang juga pernah mendapat kutukan ini. Musim ini, nomor punggung 9 milik Chelsea dikenakan oleh seorang Tammy Abraham yang hingga kini masih belum menemukan permainan terbaiknya. Akankah Tammy Abraham akan bernasib serupa?

Baca Juga: Di Inter Miami CF, Duo Higuain Kembali Bertemu

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya